window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Wih, Yamaha R15 dan Yamaha MT-15 bakal Punya Konektivitas Gawai seperti NMax dan Aerox!

Ary · 24 Jun, 2021 19:30

Konektivitas gawai menjadi fitur yang paling dibanggakan oleh Yamaha belakangan ini. Menariknya lagi, perangkat tersebut diaplikasi terhadap Yamaha NMax 2021 dan Yamaha Aerox 155 2021 yang notabene cukup laris di pasaran. 

Untuk menghadirkannya di motor-motor tersebut, Yamaha menyiapkan sebuah perangkat bernama CCU (Comunication Control Unit). Inilah yang membuat motor terhubung dengan smartphone via jaringan bluetooth. Berkat itu pula, pemilik Yamaha NMax Connected dan Yamaha Aerox Connected bisa menikmati beragam fitur yang tersedia di aplikasi Y-Connect. 

Yamaha R15 Yamaha MT-15 Konektivitas Gawai

Yamaha R15 dan Yamaha MT-15 bakal mendapatkan konektivitas gawai. 

Baca juga: Semenggugah Apa Konektivitas Yamaha Nmax 2021, Siapa Saja Rivalnya di Indonesia?

Logikanya, CCU pastinya bisa diaplikasi secara massal. Benar saja. Konektivitas gawai Yamaha ini nyatanya bakal menjadi bagian dari pengembangan motor Yamaha lainnya. Seperti disampaikan oleh Indianautosblog, Yamaha memastikan konektivitas gawai bakal tersedia di Yamaha YZF-R15 dan Yamaha MT-15.    

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sayang, informasi tersebut bukan datang dari Yamaha Indonesia. Pemberitahuan mengenai ketersediaan fitur tersebut justru terucap melalui pihak Yamaha India. Berita tersebut dilontarkan mereka seraya meluncurkan Yamaha FZ-X 2021. 

Baca juga: Intip Detail Yamaha FZ-X, Ketika Yamaha Byson Disulap Bergaya Retro Modern

Konektivitas Gawai Yamaha R15 dan Yamaha MT-15

Sajian konektivitas gawai Yamaha. Foto: Indianautosblog.

Fitur Konektivitas Gawai Yamaha

Seperti dijelaskan di atas, keterhubungan antara motor dan pengendara itu berkat adanya CCU dan aplikasi Y-Connect. Setelah terkoneksi melalui bluetooth, pemilik motor Yamaha berpelengkap konektivitas gawai bisa menikmati beberapa informasi baik dari panel meter maupun seluler pribadi. 

Contohnya saja pada Yamaha NMax Connected 2021 dan Yamaha Aerox 155 Connected 2021. Pada panel meter, akan muncul notifikasi telepon, pesan dan email serta kondisi baterai smartphone. Sementara dari aplikasi, Hal utama yang bisa dilihat adalah mengenai status oli mesin dan aki motor. 

Yamaha R15 Connected

Keterhubungan antara motor dan pengendara dilakukan oleh CCU, jaringan bluetooth dan aplikasi Y-Connect.

Baca juga: Bedanya Banyak Banget, Ini Perbandingan Yamaha NMax Baru dan NMax Lama

Jika logo dari keduanya sudah berwarna merah, maka harus segera dilakukan penggantian. Saat salah satunya ditekan, muncul informasi lebih detail seperti berapa jauh jarak tempuh keduanya terpakai. Begitu jua data penggantian terakhir pelumas. 

Dari smartphone itu pula akan diketahui jika ada malfungsi pada Yamaha Nmax Anda. Ketika adanya masalah, ECU motor bakal menginformasikannya ke CCU, untuk kemudian diteruskan aplikasi Y-Connect. Disaat bersamaan, ada pemberitahuan ke email yang berisi notifikasi malfunction. 

Yamaha R15 Connected Yamaha MT-15 Connected

Konektivitas gawai mudah diaplikasikan terhadap Yamaha R15 maupun Yamaha MT-15 yang sudah memiliki panel meter full digital.

Baca juga: Naksir Yamaha Aerox 155 Connected 2021? Ini Hal Yang Patut Jadi Petimbangan Sebelum Membeli

Ada lagi manfaat lain yang disediakan Y-Connect. Sebut saja informasi mengenai konsumsi bahan bakar. Jadi selain dari panel meter, Anda bisa mengetahui seberapa irit Anda berkendara via aplikasi itu. Termasuk pula revs dashboard. Di sini akan muncul accelerometer digital berupa spidometer dan takometer. Jika koneksi berjalan baik, penunjukannya bakal akurat sesuai bukaan gas.    
 
Tentu saja konektivitas gawai di Yamaha R15 maupun Yamaha MT-15 ini menarik. Tinggal tunggu saja, siapa yang akan lebih dulu memperkenalkannya. Apakah Yamaha Indonesia selaku produsen atau malah Yamaha India?
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });