window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

10 Kebiasaan Buruk yang Hanya Dilakukan Pemilik Mobil Transmisi Manual

Herdi · 14 Apr, 2024 12:03

mobil transmisi manual

Mobil transmisi manual kini tak lagi populer karena dianggap sudah tak relefan lagi dengan beberapa keadaan di zaman modern seperti sekarang.

Apalagi mereka yang berada diperkotaan, enggan menggunakan transmisi manual dengan alasan lebih capek saat mengemudi dalam kondisi macet.

Namun Anda juga harus tahu, untuk sebagian orang, mobil transmisi manual kerap dianggap sebagai seni dalam mengemudi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pasalnya, ada beberapa kelebihan dari mobil yang membutuhkan pedal kopling ini, seperti akselerasi lebih responsif, lebih kuat nanjak, serta irit bahan bakar dibanding transmisi matik.

Baca juga: 5 Sensasi dan Penderitaan yang Dialami Pengemudi Mobil Manual, Pernah Mengalami?

10 Kebiasaan Buruk yang Hanya Dilakukan Pemilik Mobil Transmisi Manual 01

Tuas transmisi butuh dioperasikan secara manual

Selain itu, mobil manual juga dianggap dapat membuat pengemudi lebih fokus mengemudi.

Sebab mereka harus responsif untuk berpindah turun atau naik gigi, lalu kaki kiri cepat menginjak pedal kopling untuk mengimbangi gas.

Kendati begitu, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pengemudi mobil dengan transmisi jenis ini.

Perlu dicatat, kebiasaan ini ternyata seharusnya tidak dilakukan jika menggunakan mobil transmisi manual.

Baca juga: 3 Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Waktu Diinjak, Biar Nggak Bikin Gempor

1. Menyalakan Mobil Saat Gigi Sudah Masuk

starter mobil jadul

Starter mobil model seperti ini semakin tergerus dengan tombol start stop

Kebiasaan yang sebenarnya tidak boleh ditiru namun sering dilakukan pemilik mobil manual yaitu mematikan mesin mobil dan memasukan transmisi ke gigi 1.

Konon, hal ini dilakukan agar mobil tidak meluncur sendiri, apalagi saat berhenti atau parkir posisinya menurun atau di tanjakan.

Padahal jika itu dilakukan, maka saat hendak distarter, mobil bisa melompat.

Apesnya, ketika posisi parkir kendaraan Anda mepet dengan objek atau mobil lain di depan, kondisi tersbeut tentu bisa membuat mobil menabrak tembok atau kendaraan lain di depan.

Langkah yang benar adalah posisikan tuas transmisi di Netral "N" saat hendak mematikan atau menyalakan mesin mobil.

Jika memang kondisi lahan parkir turunan atau tanjakan, maka gunakan Parking Brake atau Hand Brake, jika perlu ganjal kedua roda belakang dengan batu kecil supaya mobil tidak merosot saat ditinggal.

2. Tangan Selalu Memegang Tuas Transmisi

Tuas transmisi manual

Tuas transmisi gak usah selalu dipegang

Kebiasaan buruk lainnya yang paling sering dilakukan pengemudi mobil transmisi manual yaitu meletakan tangan kiri di tuas transmisi/persneling/gigi.

Alhasil hanya tangan kanan yang memegang lingkar kemudi.

Beberapa pengemudi beralasan, posisi berkendara seperti ini dilakukan agar tangan kiri lebih cepat saat hendak memindahkan posisi gigi.

Namun begitu, kebiasaan ini ternyata tidak disarankan, sebab secara tak sadar, tangan memegang tuas transmisi, berpotensi memberikan tekanan pada selector fork dengan rotating collar atau sistem girboks, yang bisa menyebabkan masalah dan lama kelamaan terjadi keausan pada bagian transmisi. 

Selain itu ketika mengemudi, sebaiknya kedua tangan tetap ada di lingkar kemudi dengan posisi yang tepat agar lebih mudah untuk mengendalikan arah mobil, serta sigap ketika harus melakukan respon darurat

3. Kaki Kiri Selalu Menempel di Pedal Kopling

Peran kopling sangat berpengaruh pada mobil transmisi manual

Jangan sering kaki menempel di pedal kopling 

Kebiasaan yang juga kerap dilakukan pengemudi mobil manual adalah kaki kiri selalu menempel di pedal kopling.

Sejatinya menempelkan kaki pada kopling sah-sah saja dan memang wajib, asalkan waktunya tepat, yakni saat hendak melakukan perpindahan gigi.

Namun, jika tidak memindahkan gigi, hal tersebut jangan dilakukan, angka kaki kiri dari pedal kopling supaya tidak mengakibatkan terjadi selip dan kopling menjadi aus.

Selain itu, hal ini juga bisa membuat boros bahan bakar, karena ada energi yang terbuang, lantaran bagian sistem kopling terinjak walau sedikit.

Langkah yang benar ketika Anda memang tak membutuhkan untuk menaikkan atau menurunkan posisi gigi, maka letakan kaki kiri di lantai mobil untuk istirahat sejenak sampai nanti tugasnya kembali datang. 

4. Menginjak Setengah Kopling di Jalan Tanjakan

Kopling

Peran kopling sangat berpengaruh pada mobil transmisi manual

Kebiasaan lain yang juga sering sekali ditemui oleh para pengguna mobil manual yaitu bermain setengah kopling.

Sejatinya hal ini juga boleh saja karena bagian dari penguasaan teknik berkendara.

Dengan main setengah kopling maka bisa mengatur dorongan agar mobil tidak melesat.

Namun saat kondisi jalanan tanjakan sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan. 

Karena selain merusak mekanisme transmisi mobil seperti kopling aus, maka bisa juga mempengaruhi free roll mobil yang seharusnya membuat mobil bergerak lincah.

Jika memang kondisi jalan menanjak atau menurun dengan traffic yang cukup padat bahkan cenderung macet, sebaiknya gunakan rem tangan untuk membantu kendaraan agar tidak merosot.

5. Malas Berpindah Gigi

tuas mobil transmisi manual

Bentuk tuas transmisi manual berbeda-beda tergantung pabrikan

Kebiasaan pemilik mobil manual selanjutnya yang tidak boleh ditiru adalah malas berpindah gigi.

Ya, karena transmisi manual, sudah seharusnya untuk mengatur kecepatan gigi harus dipindahkan sesuai porsinya.

Jika ingin memacu dengan cepat, maka saat rpm sudah tinggi maka gigi dipindah ke posisi yang lebih tinggi juga.

Sebaliknya, jika dirasa kecepatan ingin berkurang, maka kurangi juga giginya ke yang lebih rendah.

Jika gigi tidak dipindah-pindah sesuai kecepatannya, bukan tak mungkin hal tersebut dapat membuat transmisi akan mudah bermasalah nantinya.

Disarankan juga jangan membiasakan memindahkan posisi gigi saat suara mesin sudah terdengar meraung kencang.

6. Salah Mengoper Gigi

tuas mobil transmisi manual

Sesuaikan posisi gigi dengan kecepatan mobil  

Jika ingin menambah kecepatan ketika menggunakan transmisi manual maka bisa memindahkannya ke gigi yang lebih tinggi agar rpm tetap rendah, sehingga bisa menghemat bahan bakar.

Namun, untuk menambah kecepatan, Anda harus melewati persneling secara progresif untuk mencegah mesin dari ketegangan yang tidak semestinya. 

Jika ingin menambah kecepatan jangan langsung melompat ke gigi yang lebih tinggi secara agresif, misalnya dari posisi gigi 1 langsung lompat ke gigi 4.

Jangan juga membiarkan posisi gigi rendah tetapi putaran mesin dibiarkan sampai terlalu tinggi.

Karena apabila menggunakan gigi rendah pada kecepatan tinggi menyebabkan mesin mencapai garis merah dan membuat mesin seperti dipaksa bekerja lebih keras tanpa ada bantuan dari transmisi.

Tindakan yang disarankan adalah, ketika hendak menambah kecepaan mobil, maka geserkan posisi gigi ke yang lebih tinggi sebelum mencapai garis merah atau saat indikator gigi memberitahu untuk melakukannya.

Lakukan secara bertahap, misalnya dari posisi gigi 1, naik ke gigi2 lantas ke gigi 3, kemudian gigi 4 dan gigi 5 kalau ternyata jalanannya cukup lenggang atau Anda melaju di jalan tol.

7. Gigi Tetap Masuk Meski Berhenti di Lampu Merah

Kondisi macet lampu merah

Saat kondisi macet lampu merah sebaiknya posisi tuas transmisi di Netral

Kebiasaan yang juga kerap dilakukan pengemudi mobil transmisi manual yaitu tidak memindahkan gigi ke netral saat berhenti di lampu merah, dan lebih memilih injak pedal kopling.

Jika Anda kerap melakukan hal tersebut, maka kopling akan mengalami keausan lebih cepat, padahal hal tersebut sangat tidak diperlukan.

Selain itu, sebenarnya Anda bisa menambah letih kaki kiri, karena harus menekan pedal kopling secara terus menerus.

Karenanya tindakan yang disarankan adalah, ketika berhenti di lampu merah, maka ubah posisi gigi ke Netral "N" kemudian injak pedal rem.

Apabila kondisi jalan ternyata turunan atau tanjakan, Anda bisa bantu dengan Parking Brake atau Hand Brake supaya mobil tidak merosot.

8. Memaksa Pindah Transmisi Tanpa Injak Pedal Kopling 

selalu memegang tuas transmisi

Jangan memaksakan memindahkan tuas transmisi jika tak menginjak pedal kopling

Mungkin hal ini bukan kebiasaan, tapi ada juga pengguna mobil manual secara reflek memindahkan gigi tanpa menekan pedal kopling. 

Sejatinya, kopling pada mobil manual berfungsi menyambungkan dan memutuskan tenaga mesin.

Biasanya saat menginjak kopling maka secara otomatis memutus putaran dari mesin menuju transmisi, sehingga transmisi tidak akan mendapatkan tekanan langsung dari mesin.

Dengan memindah gigi tanpa mengaktifkan kopling, tidak hanya merusak sistem transmisi tetapi juga berdampak buruk pada mesin.

9. Menginjak Pedal Kopling Terlebih Dahulu Saat Ingin Berhenti 

Meninjak pedal gas

Jangan meninjak pedal gas terlebih dahulu saat akan berhenti

Kebiasaan lain yang mungkin tanpa sadar juga sering dilakukan pengemudi mobil manual yaitu melakukan pengereman dengan cara menginjak pedal kopling terlebih dahulu baru injak pedal rem.

Sebaiknya cara aman yang perlu dilakukan adalah menginjak rem terlebih dahulu agar laju kecepatan mobil berangsur berkurang, dan setelah itu injak pedal kopling untuk menyesuaikan posisi gigi dengan kecepatan kendaraan.  

Hal ini diketahui untuk mengoptimalkan engine brake dan membuat mobil berhenti lebih baik.

Sebaliknya, jika pedal kopling diinjak terlebih dahulu maka mobil akan ngelos, seperti mobil melaju sendiri. 

10. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi Netral Saat Turunan

Kondisi jalan menurun

Kondisi jalan menurun jangan hanya memposisikan tuas transmisi di N atau Netral

Terakhir, kebiasaan buruk lainnya yang juga kerap dilakukan pengemudi mobil manual yaitu memposisikan transmisi di N atau netral saat melaju di jalanan menurun.

Usut punya usut hal ini dilakukan untuk meminimalisir konsumsi bahan bakar agar tidak boros. 

Pada kondisi yang demikian, maka pengemudi hanya mengandalkan injakan pedal rem agar kecepatan mobil berkurang untuk bisa tetap dikendalikan atau ketika hendak berhenti.

Namun perlu dicatat, jika hanya mengandalikan rem, maka resikonya rem panas dan kemudian terjadi rem blong dan terjadi kecelakaan. 

Sebaiknya saat menghadapi kondisi jalan menurun, maka turunkan juga posisi gigi, misalnya jika awlanya ada di gigi 4, maka pindahkan ke gigi 3 atau 2, maka itu bisa mengaktifkan engine brake sehingga mobil mudah berhenti dan dikendalikan.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil