window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Penanganan Tepat Mobil Overheat Saat Perjalanan Jauh, Jangan Asal Buka Tutup Radiator!

Enda · 13 Apr, 2024 15:01

Mobil overheat

Ketika sedang berkendara ke luar kota, tak jarang diperjalanan mengalami masalah salah satunya mobil overheat.

Gejala overheat pada mobil bisa disebabkan karena sistem pendingan mesin yang tidak berkerja secara maksimal, sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi serta perjalanan jauh dengan suhu lingkungan tinggi.

Saat mobil mengalami overheat, sebaiknya pengemudi maupun pemilik mobil berusaha untuk tidak panik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut supaya mesin mobil dapat kembali hidup, guna kembali melakukan perjalan setidaknya sampai bengkel terdekat.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan saat mesin mobil overheat.

1. Langsung Matikan Mesin Saat Mobil Overheat

Mobil overheat

Segera menepi dan matikan mesin

Gejala mobil overhat umumnya mengalami penurunan performa dibarengi dengan suara idle mesin yang tidak stabil.

Selain itu juga bisa dirasakan dari AC yang seketika tidak dingin serta jarum tempratur suhu yang berada di posisi atas.

Disaat mesin mengalami overheat, ada baiknya tepi kan mobil di posisi yang aman dengan mematikan mesin kurang lebih 10-15 menit.

Hal ini penting dilakukan guna mencegah kerusakan lebih serius diakibatkan overheating.

Baca juga: Air Radiator Beda Merek Beda Warna, Apakah Aman Bila Saling Tercampur?

2. Ingat, Buka Tutup Radiator Saat Mesin Sudah Dingin!

Mobil overheat

Hati-hati saat membuka tutup radiator

Kurangnya ilmu seputar tips tentang kendaraan, tak sedikit pemilik atau pengemudi mobil saat mengalami overheat langsung membuka tutup radiator dengan alih-alih supaya dapat membuang suhu panas tinggi pada radiator.

Padahal cara tersebut sangat tidak dibenarkan, karena dapat membahayakan diri sendiri.

Ketika overheat dan membuka tutup radiator, tutup tersebut bisa melompat ke atas akibat tekanan dari air yang mendidih.

Bisa saja tutup radiator yang lompat mengenai wajah, dan air mendidih di suhu yang tinggi mengenai kulit sehingga mengakibatkan luka bakar.

Cara amannya, buka tutup radiator ketika suhu menurun. Selanjutnya isi air ke dalam radiator secukupnya supaya sirkulasi air yang berputar di dalam mesin dapat berkerja secara normal.

Baca juga: Penyebab Air Radiator Berkurang Sampai Nyaris Habis, Belum Tentu Ada Kebocoran

3. Tutup Retakan Pada Radiator dengan Lem Besi yang Tahan Panas

Mobil overheat

Proses pengeleman upper tank

Selain berkendara secara kencang dengan waktu yang cukup lama, mesin mobil overheat bisa disebabkan karena keretakan pada upper tank maupun lower tank radiator.

Umumnya mobil zaman sekarang untuk bagian upper tank maupun lower tank-nya terbuat dari bahan plastik dengan beberapa campuran.

Seiring pemakaian, tak jarang kasus ditemui bagian tersebut mengalami keretakan.

Keretakan kecil menjadi semakin besar diakibatkan tekanan air yang bersikulasi di dalam mesin.

Saat retakan semakin membesar, maka volume air radiator secara otomatis berkurang, dan air radiator yang berkurangan inilah kemudian menyebabkan mobil menjadi overheat.

Ketika mengalami keretakan, kalian bisa menggunakan lem besi untuk sementara waktu menahan adanya kebocoran.

Namun hal ini sifatnya adalah sementara. Dimana pemilik bisa kembali melakukan perjalanan menuju bengkel terdekat guna mengganti bagian tersebut.

Baca juga: Sedikit yang Tahu, Kenali Arti Kode Angka Pada Tutup Radiator

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil