window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 'Dosa' Pedagang Nakal Menutupi Cacat Mobil Bekas, Apa Saja?

Yongki Sanjaya · 1 Mar, 2024 18:01

5 'Dosa' Pedagang Nakal Menutupi Cacat Mobil Bekas, Apa Saja? 01

Mencari letak cacat mobil bekas sebelum membelinya terkadang bukan perkara yang mudah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Apalagi jika kalian tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana mengecek mobil bekas untuk meminimalisir biaya perbaikan di kemudian hari

Padahal saat kita berburu mobil bekas, kita diminta harus sangat teliti melihat kondisi mobil yang kita incar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Faktanya, di satu sisi, cukup sering terjadi pedagang nakal mengakali kondisi mobil yang kurang sehat dengan berbagai cara licik mereka.

Supaya tidak rugi besar atau dagangannya cepat laku dibeli konsumen, oknum pedagang nakal itu sering kali menutupi cacat mobil bekas dengan trik tertentu.

Sehingga ketika kalian melihat kondisi mobil bekas yang ditawarkan, umumnya terlihat cukup "segar", padahal ada masalah yang tersembunyi di baliknya.

cacat mobil bekas

Sebelum beli mobil bekas wajib cek secara teliti

Paling sering, tindakan menutupi cacat ini adalah mobil dibersihkan secara rutin pada bagian mesin supaya tidak terlihat sisa oli yang rembes dan kondisi ruang mesin tampak kinclong seperti mobil baru. 

Hal lain yang dilakukan untuk menutupi cacat, pedagang mobil bekas rela 'mengakali' demi membuat suara mesin mobil menjadi lebih halus.

Tak cuma itu, masih banyak cara dilakukan agar minus mobil tidak kelihatan baik pada bagian eksterior, interior, maupun mesin.

Supaya kalian tidak sampai terjerumus mendapat unit mobil bekas yang banyak cacat tersembunyi, sebaiknya ketahui cara pedagang nakal tersebut menyembunyikan kerusakan yang muncul.

Berikut ini dosa-dosa yang sering dilakukan para pedagang nakal untuk mentutupi cacat mobil bekas.

Baca juga: Berencana Beli Mobil Bekas Untuk Pertama Kali? Ketahui Biaya Tambahan yang Perlu Disiapkan

1. Mengganti Oli yang Lebih Kental Agar Mesin Halus

cacat mobil bekas ganti oli

Ada pedagang yang rela memasukkan oli kental ke ruang mesin mobil dagangannya

Cara yang satu ini sebenarnya sudah cukup sering dilakukan di kalangan pedagang mobil untuk mengurangi suara kasar dari mesin.

Tentunya, cara ini tak selalu dianggap dosa besar, karena performa mobil pun terkadang tidak membawa pengaruh menurunan yang besar, apalagi ketika pembeli melakukan penggantian ulang pelumas mesin, maka semuanya akan kembali normal.

Dengan tune up dan ganti oli yang lebih kental, bukan dipakai untuk menjadikan suara mesin mobil lebih halus.

Trik memakai oli yang lebih kental dari spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan memang bisa dikatakan efektif. 

Dengan memakai oli yang lebih kental, mampu meredam gesekan dengan lebih baik, namun dampaknya aliran oli di dalam mesin menjadi lebih lambat terlebih untuk mesin-mesin modern yang butuh oli encer.

2. Rutin Memanasi Mesin Mobil Pagi dan Sore untuk Kelabui Aki yang Lemah

cacat mobil bekas aki lemah

Ada cara nakal untuk menutupi kondisi aki mobil yang sudah kurang sehat

Kondisi aki yang lemah ini umumnya disebabkan karena dua hal utama, alternator yang menurun kemampuan pengisiannya atau memang dari bagian aki yang tegangan listriknya sudah lemah.

Cara mudahnya, aki yang lemah bisa disetrum ulang ke tukang servis aki, tapi tentunya langkah ini cuma bersifat sementara.

Suatu saat kondisi setrum aki akan kembali merosot, sehingga mengganti dengan aki baru merupakan tindakan paling tepat guna menyelesaikan masalah komponen yang satu ini.

Namun demikian banyak pedagang yang ogah keluar uang lebih untuk setrum ulang apalagi ganti aki baru.

Trik mereka adalah cuma mengakalinya dengan memanaskan mobil setiap hari, entah itu dipanasi pada pagi hari saja, namun ada juga yang pagi dan sore hari.

Meski ditutupi dengan cara licik tersebut, sebenarnya kemampuan aki yang sudah lemah ini bisa kalian ketahui.

Caranya, coba menyalakan mesin dua kali berurutan, untuk aki yang kondisinya sudah lemah biasanya aki akan kehabisan daya dan tidak kuat untuk melakukan starter mesin.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Sebaiknya Transmisi Manual atau Otomatis?

3. Melumasi Fan Belt dengan Gemuk, Mengatasi Bunyi Berdecit

cacat mobil bekas bunyi berdecit

Pedagang juga punya berbagai cara untuk menghilangkan bunyi berdecit pada mesin

Saat fan belt sudah getas, biasanya ditandai dengan muncul suara mencicit saat mesin bekerja.

Untuk mengatasinya, memang harus mengganti karet fan belt tersebut dengan yang baru.

Hanya saja, pedagang nakal tidak mau melakukan itu karena pasti akan mengeluarkan lagi biaya yang tidak sedikit.

Karenanya mereka sengaja mengoleskan fan belt dengan grease atau gemuk supaya suara mesin menjadi semakin halus.

Fan belt pun akan tampak mengkilap dan seolah masih baru karena trik yang satu ini.

Sebenarnya trik ini boleh dilakukan dengan catatan hanya untuk sementara, agar suara mesin menjadi tidak makin kasar akibat suara berdecit.

Namun sebaiknya jika kondisi itu terjadi segera ganti komponen fan belt supaya kinerja mobil tidak bermasalah pada saat kalian mengemudi.

4. Cuci Doorsmeer untuk Menyembunyikan Cacat Mobil Bekas di Bagian Kaki-kaki

cacat mobil bekas bunyi kaki-kaki

Bagian kolong dan kaki-kaki diberi pelumas

Istilah Doorsmeer itu sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu doorsmeren.

Doorsmeren itu sendiri memiliki arti minyak pelumas, istilahnya kemudian dipergunakan untuk menyebutkan tentang bengkel yang menyediakan service ganti oli dan pencucian.

Cuci doorsmeer biasanya menyediakan aket lengkap cuci mobil beserta menyemprotkan cairan ke bagian kolong mobil.

Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan bunyi-bunyi kaki-kaki pada karet ball joint atau karet stabilizer yang sobek dan kurang pelumas.

Cara ini jelas jauh lebih murah ketimbang ganti komponen kaki-kaki tersebut, dan jadi trik pedagang agar tidak segera memperbaikinya sembari menunggu mobil tersebut terjual dengan harga normal.

Baca juga: 7 Alasan Beli Mobil Bekas Merek Jepang Lebih Untung daripada Eropa

5. Lantai Kolong Mobil Rutin Dipel untuk Menghilangkan Jejak Tetesan Oli

cacat mobil bekas

Saat lakukan pengecekan, sebaiknya keluarkan mobil tersebut dari lokasi parkirnya

Cara yang umum dilakukan orang untuk melihat kebocoran atau rembes oli ialah melihat lantai yang ada di kolong mobil.

Untuk dealer nakal, cara-cara pengecekan mobil bekas ini sudah mereka pahami, karenanya mereka berusaha menghilangkan jejak dengan rutin mengepel lantai.

Tujuannya selain membuat showroom selalu bersih, juga ketika ada orang yang datang tidak melihat tetesan oli di kolong mobil yang mereka perdagangkan. 

Namun, jangan keburu berburuk sangka kalau datang ke dealer yang bersih berarti pedagangnya nakal.

Untuk memastikannya, saat melakukan pengecekan kalian bisa meminta kepada pedagang tersebut untuk memindahkan mobil yang jadi incaran kalian ke posisi lain atau keluar dari dalam dealer.

Tujuannya supaya bisa mengecek secara pasti adakah kebocoran dari area kolong atau tidak. 

Cara Menghindari Trik Nakal Pedagang Mobil Bekas

cacat mobil bekas

Mobil bekas CARSOME

Membeli mobil bekas memang masih menjadi pilihan yang cerdas untuk mendapatkan kendaraan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun, di balik penawaran harga yang menggiurkan tersebut, terdapat risiko jatuh ke dalam perangkap pedagang nakal yang mencoba menutupi cacat-cacat mobil bekas.

Untuk menghindari kerugian dan kekecewaan di kemudian hari, penting untuk mengetahui beberapa trik yang sering digunakan oleh pedagang untuk menyembunyikan cacat mobil bekas.

Supaya menghindari kalian jatuh ke dalam perangkap pedagang nakal yang mencoba menutupi cacat pada mobil bekas, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada mobil sebelum membelinya. Perhatikan dengan teliti setiap bagian mobil dan pastikan untuk memeriksa cacat atau kerusakan yang mungkin terjadi.
  • Mintalah catatan sejarah servis atau perbaikan mobil untuk mengetahui riwayatnya secara lebih detail.
  • Ajak mekanik yang terpercaya untuk melakukan inspeksi independen pada mobil sebelum membelinya.
  • Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Dengan menyadari trik-trik yang digunakan oleh pedagang mobil bekas untuk menutupi cacat, kalian dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi diri dan memastikan bahwa kalian mendapatkan mobil yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan yang teliti dan bertanya sebanyak mungkin sebelum membuat keputusan pembelian.

Satu cara untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas, kalian juga bisa membelinya melalui CARSOME.

Saat hendak membeli mobil bekas di CARSOME, kalian akan dipandu oleh CARSOME Consultant untuk membantu mencari mobil impian.

Harga yang tertera di website atau aplikasi adalah harga pasti, tidak ada biaya tersembunyi, apa yang Anda lihat maka itu yang dibayarkan.

Tapi ada banyak keuntungan yang bisa didapat saat melakukan proses pembelian di CARSOME.

Seluruh mobil sudah CARSOME Certified mendapat garansi 1 tahun dan jaminan 5 hari uang kembali. 

CARSOME Certified menjamin bahwa setiap mobil bekas yang dijual bebas dari kerusakan akibat banjir maupun kecelakaan besar.

Pemeriksaan menyeluruh tersebut dilakukan pada 175 titik mulai dari eksterior seperti bodi, bumper, pintu, kap mesin, kaca, spion, pelek, ban dan roda.

@autofun.indonesia Cara mudah hunting mobil bekas! #mobilbekas #tipsmobilbekas #mobilbekasberkualitas ♬ 60's JB-style R & B instrument(810031) - RUBIK MUSIC

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil