window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beli Mobil Bekas, Sebaiknya Transmisi Manual atau Otomatis?

Dito · 29 Des, 2023 14:03

mobil transmisi manual

Membeli mobil bekas dapat menjadi pengalaman yang menarik, tetapi salah satu pertimbangan utama yang harus Anda pikirkan adalah jenis transmisi yang ingin dipilih.

Apakah Anda lebih memilih mobil dengan transmisi manual atau otomatis

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan keputusan ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan gaya mengemudi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mari kita eksplorasi lebih lanjut untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Mobil transmisi manual

Mobil transmisi manual

Transmisi Manual: Pengendalian Penuh

Transmisi manual, atau sering disebut transmisi tangan, memberikan pengendalian penuh kepada pengemudi.

Anda dapat secara langsung mengontrol kapan harus mengganti gigi, memberikan pengalaman mengemudi yang lebih aktif dan terlibat dalam menentukan kecepatan. 

Ada beberapa keuntungan transmisi manual. Seperti kendali yang lebih baik.

Pengemudi memiliki kendali langsung atas kendaraan, terutama saat melibatkan situasi kritis seperti melibas tikungan atau mendaki bukit.

Pengemudi juga bisa menentukan sendiri, apakah ingin mengemudi untuk hemat bahan bakar, atau membutuhkan kecepatan tinggi.

Semua itu bisa dikendalikan penuh oleh pengemudi saat berganti gigi.

pedal transmisi manual

Mobil transmisi manual pakai tiga pedal

Selain itu transmisi manual punya kemampuan menyelip yang lebih baik.

Transmisi manual dapat memberikan kemampuan untuk lebih mudah menyelip di antara lalu lintas, yang bisa menjadi keuntungan di kota yang padat.

Meskipun kaki kiri akan lebih aktif untuk memainkan kopling saat ingin menyalip di antara kepadatan lalu lintas.

Keunggulan lain dari pilih mobil bekas transmisi manual ialah biaya perawatan lebih rendah.

Umumnya, biaya perawatan untuk mobil dengan transmisi manual cenderung lebih murah karena kurangnya komponen elektronik yang kompleks.

Baca juga : Transmisi Manual Makin Tersisih, Ini Alasan Mobil Baru Kebanyakan Menggunakan Transmisi Matic

Transmisi Otomatis: Kenyamanan dan Kemudahan

Mobil transmisi matik

Mobil transmisi matik

Di sisi lain, transmisi otomatis menawarkan kenyamanan yang lebih tinggi. Terutama dalam kondisi lalu lintas padat atau saat berkendara dalam kota.

Ada beberapa keuntungan saat pilih mobil bekas transmisi otomatis.

Pertama ialah kemudahan penggunaan. Pengemudi tidak perlu khawatir tentang mengganti gigi secara manual, sehingga mengurangi stres dan kelelahan saat berkendara dalam lalu lintas yang padat.

Baca juga : Jangan Sampai Salah, Berikut Cara Mudah Merawat Transmisi Matic dan Manual

gearbox transmisi cvt

Gearbox transmisi cvt

Saat ini populasi transmisi otomatis di Indonesia semakin banyak bahkan dalam penjualan mobil baru semakin mendominasi.

Namun berbeda dengan manual, pengemudi tidak punya kendali penuh terhadap kecepatan atau perpindahan gigi karena sudah diatur secara elektrik.

Transmisi otomatis biasanya lebih mudah dioperasikan, membuatnya lebih cocok untuk pengemudi pemula atau mereka yang tidak ingin repot-repot dengan penggantian gigi manual.

Pada umumnya bila belajar mengemudi menggunakan transmisi otomatis, akan kesulitan saat mengemudi mobil bertransmisi manual.

Harga dan Konsumsi Bahan Bakar

mobil transmisi manual

Mobil dengan transmisi manual benarkah lebih irit BBM?

Pertimbangan lain yang perlu diperhitungkan adalah harga dan konsumsi bahan bakar.

Secara umum, mobil dengan transmisi manual cenderung lebih murah, baik dalam hal pembelian maupun perawatan. 

Namun, transmisi otomatis dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk efisiensi bahan bakar, terutama dalam kondisi lalu lintas yang sering berhenti dan berjalan.

Terlebih transmisi otomatis saat ini sudah semakin canggih teknologinya.

Jadi, sebelum pilih mobil bekas transmisi manual atau otomatis, sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi.

Pilihan antara mobil transmisi manual dan otomatis sangat tergantung pada preferensi pribadi, gaya mengemudi, dan kebutuhan sehari-hari. 

Baca juga : Perbaikan Transmisi Matic, Mending Beli Segelondong Apa Overhaul?

oli transmisi mobil

Jangan lupa untuk melakukan penggantian oli secara periodik

Jika Anda mencari pengendalian penuh dan pengalaman mengemudi yang aktif, transmisi manual mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Namun, jika kenyamanan dan kemudahan penggunaan lebih diutamakan, transmisi otomatis bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Sebelum memutuskan, lakukanlah uji coba berkendara dengan kedua jenis transmisi untuk merasakan perbedaannya secara langsung.

Selain itu, pertimbangkan juga faktor-faktor lain seperti kondisi lalu lintas di wilayah Anda, kebiasaan parkir, dan preferensi pribadi dalam mengemudi. 

Beli Mobil Bekas Garansi Transmisi

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk memilih mobil bekas dengan transmisi yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup. Sehingga tidak menyesal ketika membeli mobil bekas dengan transmisi pilihan Anda.

Beli Mobil Bekas, Sebaiknya Transmisi Manual atau Otomatis? 07

Saat membeli mobil bekas ada rasa khawatir kerusakan pada bagian transmisi saat pemakaian beberapa bulan.

Namun setiap pembelian mobil CARSOME Certified, konsumen mendapatkan jaminan garansi 1 tahun.

Adapun komponen yang dijamin selama masa garansi adalah mesin, transmisi dan AC, sehingga tidak perlu khawatir bila dalam perjalanan ada hal aneh terjadi pada transmisi baik manual atau bekas, bisa klaim garansi.

Jadi, Tenaaang Ada CARSOME, beli mobil bebas drama. Silakan langsung ajukan test drive sekarang pada mobil impian Anda di website atau aplikasi CARSOME dan rasakan hal berbeda dalam membeli mobil bekas berkualitas.

Baca juga : Ciri Transmisi Matic di Mobil Perlu Perbaikan, Seperti Apa?

@autofun.indonesia Bukan cuma AC-nya yang canggih, urusan bikin adem di Mitsubishi XForce juga didukung sama kaca film bawaan Solar Gard! @solargard.id #reviewmobil #mobilbaru #xforce #solargard #kacafilm #pengenadem ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil