5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada

Enda · 24 Mar, 2021 19:00

5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada 01

Wuling Almaz RS 2021

Belum lama ini PT SGMW Motor Indonesia memberikan kesempatan kepada rekan media untuk merasakan langsung gaya berkendara pada varian terbaru Medium SUV nya yang dinamai Wuling Almaz RS. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang diperkenalkan pada 2019, Almaz RS terlihat jauh lebih sporty.

Selain tampilannya yang terlihat lebih sporty berkat adanya update pada lips bumper depannya, serta tambahan aksen karbon pada bumper belakangnya, SUV ini juga mendapat desain velg terbaru yang juga terdapat tambahan warna two-tone berkelir hitam pada bagian atapnya.   

Tidak hanya tampilannya saja yang berubah, fitur unggulan terbaru juga disematkan pada SUV pesaing Honda CR-V ini guna memberikan kenyaman dan keamanan berkendara yang sekaligus menjadi poin plus dari mobil ini.

Meski belum secara resmi diluncurkan, namun harga baru Almaz RS telah dipublikasikan oleh pihak diler. Menurut informasi yang diberikan salah satu tenaga penjual kepada kami, Wuling Wuling Almaz RS diniagakan mulai dari Rp369.800.000 sampai dengan Rp399.800.000 on the road Jakarta. Dijual dengan harga yang hampir menyentuh angka Rp400 juta, harusnya bisa membuat mobil ini semakin istimewa.

Pada ulasan kali ini, kami ingin memberikan informasi beberapa poin keistimewaan pada Wuling Almaz yang patut kalian simak sebelum membelinya.

Baca juga: Perang Fitur Wuling Almaz RS Vs Honda CR-V

1. Bisa Menyalakan Mesin dan Mengecek Posisi Mobil Dari Jauh Via Smartphone

5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada 02

Wuling Almaz RS bisa dikoneksikan dengan smartphone melalui aplikasi My WULING+

Wuling Almaz RS ini dijejali dengan teknologi modern terbaru yang dinamai Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Di dalam fitur WISE ini terdapat internet car yang dinamai Internet of Vehicle (IoV).

Fitur IoV ini berguna untuk mengetahui posisi kendaraan dan menyalakan kendaraan. Bahkan, kita bisa menyalakan AC mobil dengan kendali jarak jauh menggunakan smartphone, yang dikoneksikan melalui jaringan internet terhadap mobil melalui aplikasi My WULING+.

Pada fitur ini sudah mencakup Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security yang dapat melacak keberadaan kendaraan serta membatasi pergerakan mobil ini apabila dikenderai oleh orang yang tidak dikenal.

Tidak hanya itu, fitur IoV ini dapat diakses melalui head unit 10,4 inci dengan menampilkan Online Music, Internet Messaging App dan Online Navigation yang dioperasikan melalui fitur Wuling Indonesian Command (WIND).

2. Wuling Almaz RS Bisa Menyesuaikan Kecepatan Secara Otomatis

5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada 03

Rekan media melakukan test drive Wuling Almaz RS beberapa waktu lalu

Wuling Almaz RS mendapat fitur terbaru yang dinamai Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terdapat pada WISE untuk memberikan bantuan keamanan dalam berbagai skenario berkendara. ADAS sendiri terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Bicara mengenai fitur Adaptive Cruise Control (ACC), fitur ini dapat memacu kecepatan kendaraan secara otomatis jika sudah melaju di atas 30 km/jam dan dapat menyesuaikan laju mobil dengan kendaraan di depannya. Fitur ACC ini paling tepat dikombinasikan dengan Bend Cruise Control (BCC) yang mana dapat mengurangi kecepatan kendaraan secara otomatis ketika memasuki tikungan sesuai dengan radius tikungan dan kecepatan saat itu.

3. Almaz RS Bisa Berjalan Secara Otomatis Mengikuti Marka

5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada 04

Dengan menekan tombol yang paling kanan, fitur Lane Keeping Assist (LKA) dapat langsung berkerja

Fitur berupa Lane Keeping Assist (LKA) diketahui dapat membantu mengarahkan kemudi secara otomatis kembali pada jalur antar marka jalan ketika pengendara kehilangan konsentrasi mengemudinya. Selama marka jalan terbaca jelas oleh sensor kamera yang ada pada mobil, tentunya akan membuat pengendara semakin aman ketika berkendara.

Sebelum sistem ini bekerja secara otomatis memposisikan laju mobil pada jalurnya, terdapat Lane Departure Warning (LDW) yang memberi informasi terhadap pengemudi berupa peringatan visual pada kaca depan untuk kembali memposisikan lajunya dengan aman di antara marka jalan.

LDW dan LKA ini berfungsi secara berurutan, dengan memberi peringatan lebih dahulu. Apabila pengemudi menghiraukan peringatan tersebut, maka secara otomatis LKA berfungsi untuk mengkoreksi arah mobil agar tetap pada jalurnya.

Baca juga: Wuling Almaz RS Vs Haval H6

4. Ketika Macet, Mobil Bisa Menjaga Jarak Secara Otomatis

5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada 05

Fitur Traffic Jam Assistance (TJA) dan Intelligent Cruise Assistance (ICA)

Dengan adanya fitur Traffic Jam Assistance (TJA) dan Intelligent Cruise Assistance (ICA), dalam kondisi macet sistem secara otomatis akan menyesuaikan kecepatan dan jarak aman dengan kendaraan di depannya.  Tidak hanya itu, sistem ini juga memposisikan mobil selalu berada dalam jalurnya.

Prinsip TJA dan ICA ini sama seperti ACC. Ketika sensor dan kamera ACC mendeteksi adanya kemacetan, sistem ACC akan mengurangi kecepatan mobil hingga mengikuti kecepatan mobil. Pada saat momen seperti ini TJA aktif dan memonitor jarak dan kecepatan lalu lintas dengan kendaraan di depannya.

5. Fitur Wuling Almaz RS Makin Lengkap, Harga Lebih Murah Dari Kompetitor 

5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada 06

Interior Wuling Almaz RS

Mengenai fitur unggulan serta keselmatan lainnya, Wuling Almaz RS dilengkapi dengan panoramic sunroof, start-stop button, kamera 360 derajat, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH) dan Traction Control System (TCS).

Tidak ketinggalan juga seperti Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS) untuk menambah kenyamanan berkendara.

Pada Almaz terbaru juga terdapat Safe Distance & Braking Assistance yang didalamnya sudah mencakup Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Bracking Assistance dan Collision Mitigation system.

Mengenai update pada sistem pencahayaan, mobil ini mendapat fitur Intelligent High Beam Assistance (IHMA) yang secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesudai dengan kondisi lalu lintas dan lingkungan sekitar.

Bila membandingkan dengan rivalnya seperti Honda CR-V ataupun Nissan X-Trail, maka Almaz RS jadi SUV medium 'termurah'. Sebab dengan harga termahal Rp400 juta, Almaz bisa punya fitur yang tak kalah keren daripada CR-V yang sudah di atas Rp500 jutaan. 

Kesimpulan

Sebagai pesaing Honda CR-V, Wuling Almaz RS mempunyai keistimewaan yang tidak hanya terlihat pada tampilan terbarunya. Mobil ini juga diketahui mendapat beberapa update khususnya pada fitur guna menunjang keamanan, kenyamanan, dan keselamatan berkendara.

Ditawarkan dengan harga di bawah Rp400 juta, rasanya Wuling Almaz RS ini sangat pantas untuk kalian yang melek akan teknologi.

Baca juga: Review Singkat Wuling Almaz RS

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru