window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Herdi · 17 Jul, 2023 14:01

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia 01

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. 

Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI).

Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi Raisa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 3 Hal Penting dari Wuling Air Ev yang Tidak Banyak Diketahui Pemiliknya

Wuling Air ev

Sudah setahun jadi mobil listrik Wuling di Indonesia

Menurut Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, mengapresiasi kepercayaan konsumen Indonesia terhadap Air ev, kendaraan listrik pertama Wuling di Tanah Air.

"Kami berharap, semakin banyak masyarakat yang terinspirasi untuk menjadi bagian dalam mendukung mobilitas ramah lingkungan untuk udara yang lebih bersih di masa depan,” ungkap Dian. 

Pencapaian Wuling Air ev

Wuling Air ev

Air ev saat pertama kali diperkenalkan di Jakarta

Meski Wuling masih seumur jagung, namun kehadiran mobil listrik Air ev di enam tahun perjalanan Wuling di Indonesia, sudah banyak pencapaiannya.

Bahkan belum genap setahun Wuling Air ev, mobil ini sudah memiliki banyak cerita menarik yang bisa menjadi catatan penting.

Baca juga: Sah, Wuling Air ev Made in Indonesia Meluncur di Thailand Harganya Jauh Lebih Murah

Apa saja pencapaiannya? Berikut ulasannya.

1. Wuling Air ev Mobil Listrik Termurah

Wuling Air ev

Air ev saat dilakukan test drive  buat konsumen (Foto: Wuling Motors)

Saat pertama kali meluncur pada Agustus 2022 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS),  Air ev jadi mobil listrik termurah di Indonesia. 

Bayangkan, saja kala mobil listrik yang masuk ke Indonesia harganya di atas Rp700 juta, Wuling menawarkan Air ev dengan banderol Rp238 juta untuk tipe Standard Range dan Rp295 juta untuk Longe Range, on the road Jakarta.

2. Sudah Terjual 10 ribu Unit

Wuling air ev membentuk 10 K

Membentuk 10 K (Foto: Wuling Motors)

Meski setahun Air ev jatuh pada 11 Agustus 2023 , namun mobil ini sangat menarik perhatian. 

Bagaimana tidak pada Juli 2023 ini, Air ev sudah terjual lebih dari 10.000 unit kepada konsumen di Indonesia. 

Untuk merayakannya, beberapa waktu lalu sejumlah konsumen dan komunitas Wuling Air berkumpul di Aloha, Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara, dan membentuk formasi 10 K dengan menggunakan mobil tersebut. 

3. Mendapat Perhatian Istimewa

Wuling Air ev

Hadir dengan warna-warna menarik

Karena Air ev merupakan mobil listrik, mobil ini kerap mendapatkan perlakukan istimewa.

Ya, pada April 2023 lalu, Wuling mendapatkan subsidi dari pemerintah, karena mobil ini diproduksi secara lokal di Indonesia.

Dengan begitu, harga Air ev setelah mendapatkan subsidi jadi lebih terjangkau, yaitu Rp222 juta untuk tipe Standard Range dan Rp273,5 juta untuk Longe Range.

Mobil listrik, Wuling Air ev masuk ganjilr genap

Bebas masuk kawasan ganjil genap (foto: Polri)

Selain itu, karena mobil listrik pula, Air EV bisa melewati 26 jalur ganjil-genap yang ada di Jakarta, yaitu Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan. 

Belum sampai disitu, ada juga beberapa jalan lainnya yaitu Jalan Kyai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Jenderal S Parman, Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan DI Panjaitan, Jalan Jenderal A Yani, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya sisi barat, untuk timur dari Simpang Jalan Paseban Raya sampai Diponegoro, Jalan Kramat Raya, Jalan Stasiun Senen, Jalan Gunung Sahari, dan Jalan Balikpapan.

4. Raih Banyak Penghargaan

Wuling Air ev

Andalan Wuling di berbagai pameran

Selama setahun meluncur di Indonesia, Air ev telah menerima banyak penghargaan dari berbagai pihak.

Beberapa penghargaan yang diterima Air ev yaitu Best User Friendly Electric Car dari SBBI Award 2023, Indonesia Automotive Industry Leader 2022 Kategori Electric Vehicle, Rookie of the Year Otomotif Award 2023, serta penghargaan lainnya. 

5. Jadi Saksi Sejarah

Wuling Air ev untuk KTT G20 di Bali

Untuk KTT G20 di Bali (Foto: Wuling Motors)

Sejak kehadiran mobil listrik  Air ev, mobil ini turut menjadi saksi berbagai acara pertemuan bertaraf internasional di Indonesia.

Bahkan Air ev turut menjadi Official Car Partner pada beberapa acara seperti KTT G20 2022 di Bali, dimana 300 mobil listrik ini dipersiapkan untuk menyambut para delegasi anggota G20 serta organisasi internasional. 

Sedangkan dalam gelaran KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat, tercatat sebanyak 50 unit Air ev bertugas mendukung mobilitas yang ramah lingkungan bagi para delegasi yang berlangsung pada 9-11 Mei 2023.

6. Diekspor ke Negara Lain

Wuling Motors

Air ev juga di ekspor ke berbagai negara (Foto: Wuling Motors)

Air ev di produksi di Indonesia, tepatnya di pabrik PT SGMW Motor Indonesia tepatnya di kawasan industri Cikarang, Jawa Barat. 

Air ev yang dibuat di Indonesia tak hanya untuk pasar domestik, tapi juga ekspor.

Seperti dalam catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tujuan ekspor dalam bentuk utuh yaitu negara Nepal, Hongkong, Jepang Fiji, Thailand, Brunei Darussalam, dan Uganda.

@autofun.indonesia Yang Mesti Diperhatikan Sebelum Beli Wuling Air EV. Kalau Udah Oke, Bungkus! #reviewmobil #wulingairev #wuling ♬ Gospel-style and funky soul jazz(1000330) - HIRO

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia