window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengupas Honda Jazz yang Kental Aura Sporty

Alex · 14 Mei, 2020 17:00

Mengupas Honda Jazz yang Kental Aura Sporty 01

Honda Jazz merupakan sebuah medium hatchback yang terbilang sukses di Indonesia. Bermain di kelas medium hatchback, ia punya musuh bebuyutan bernama Toyota Yaris.

All New Jazz dan Yaris selalu saja berebutan posisi nomor satu dalam urutan medium hatchback terlaris. Namun nama Jazz yang cukup harum di pasaran selalu saja jadi pilihan utama konsumen.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga mobil Honda Jazz berkisar dari Rp 253 juta hingga Rp 295 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Jazz di tahun 2020, tidak beda jauh dengan harga mobil All New Honda Jazz 2019. Honda Jazz 2020 memiliki total 4 varian dengan Honda Jazz RS CVT menjadi varian tertinggi New Honda Jazz 2020.

Honda Jazz sering juga disandingkan dengan mobil keluaran Toyota, yakni Toyota Yaris. Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Untuk ukuran sebuah medium hatchback, produk Honda satu ini memang cukup menggoda. Mulai dari desainnya yang sangat segar dan sporty, fitur di kabinnya banyak yang oke, hingga performa mesinnya yang cukup impresif jadi alasan kuat untuk meminang mobil New Honda Jazz 2020 ini.

Berkat desainnya yang keren plus bekal mesin 1.500 cc-nya, All New Jazz identik dengan mobilnya anak muda. Namun di samping itu, fleksibilitas kabinnya juga mampu memikat konsumen dari kalangan keluarga muda.

Tak cuma sukses di pasaran untuk penggunaan harian, All New Jazz 2020 juga tergolong sukses di kancah balap mobil nasional. PT Honda Prospect Motor selaku produsen Honda Jazz 2020 bahkan rajin memanfaatkan ranah motorsport sebagai sarana promosi medium hatchback-nya ini. Tak heran, ini karena Honda berambisi menonjolkan keunggulan dapur pacu Honda Jezz yang disebut-sebut sangat memuaskan para penikmat kecepatan.

Bicara sekilas sejarahnya, eksistensi All New Jazz sudah sangat lama di tanah air. Model ini juga dijual di Jepang, namun di negara tersebut tidak bernama Jazz melainkan Honda Fit, sejak generasi pertama hingga sekarang. Namun sejak generasi pertamanya debut di Indonesia, Jazz tidak diimpor dari Jepang, melainkan Thailand.

Namun Jazz Completely Built Up alias CBU Thailand sudah tak lagi masuk tanah air. Saat ini All New Jazz di Indonesia merupakan generasi ketiga dan sudah dibuat, atau lebih tepatnya dirakit di pabrik Honda yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Sebenarnya pada 2019 lalu Honda Jazz generasi keempat sudah resmi muncul dan kini sudah dipasarkan di Jepang dan beberapa negara di Eropa. Sayangnya karena desainnya yang mendapat banyak kritik, All New Jazz generasi terbaru itu digosipkan tak akan masuk pasar domestik Indonesia. Namun sampai detik ini belum ada tanda-tanda PT Honda Prospect Motor menghentikan penjualan All New Jazz.

Lantas bagaimana review mengenai New Honda Jazz ini? Langsung saja kita bahas satu per satu.

Eksterior

Seperti yang sudah kami sebut tadi, kata "sporty" memainkan peran besar dalam bahasa desain Honda Jazz 2020.Ini tidak berbeda jauh dengan desain All New Honda Jazz 2019. Tidak ada aura elegan yang ditonjolkan di sekujur bodi Honda Jazz New. Mulai dari bumper depan, guratan bodi samping dan area buntut yang dinamis sangat mengentalkan nafas sporty namun dalam batasan yang sangat proporsional.

Varian tertinggi yakni New Honda Jazz RS sangat menarik untuk dikulik. Sebab Honda tak tanggung-tanggung dalam memberi kelengkapan eksterior hingga tak berlebihan jika varian ini disebut yang paling tampan.

Mulai dari bumper depan dengan aksen spoiler lips hitam, tambahan side skirt di bawah pintu dan bumper belakang yang dilengkapi diffuser menjadi pendongkrak tampilan All New Jazz RS. Seolah kelengkapan body kit tersebut jadi otot tambahan di sekucur bodi Jazz 2020. Sebagai pembeda juga dan penanda identitas, Honda menyematkan emblem "RS" bukan cuma di pintu bagasi, tapi juga di bagian grill.

Untuk pelek, Jazz 2020 tak pakai pelek yang seragam. Maksudnya adalah, varian RS menggunakan pelek lingkar 16 inci sedangkan New Honda Jazz standar alias di bawah RS, menggunakan pelek lingkar 15 inci. Namun varian bawah tersebut sudah menganut jenis alloy wheel.

Urusan penerangan juga jadi salah satu hal menarik di eksterior Honda Jazz ini. Sebab lampu depan sudah pakai full LED yang dilengkapi Day Running Light (DRL) yang pakai teknologi LED juga. Lampu kabut, lampu sein di spion elektrik juga jadi kelengkapan standar Jazz RS ini.

Sayang kelengkapan tersebut tak ditemui pada Honda Jazz New varian standar yang masih mengandalkan bohlam halogen pada lampu-lampunya. Namun menariknya untuk menunjang keamanan, keduanya sudah pakai keyless dan sistem immobilizer. Spion yang dapat terlipat secara otomatis juga jadi standar keduanya.

Interior

Saat masuk ke kabin, Honda berhasil mempertahankan citra sporty, meski pada All New Jazz varian standar. Maka tentu nuansa kabin di All New Jazz varian RS sangat kuat aroma racing-nya. Dominasi warna gelap berpadu dengan beberapa aksen jahitan warna terang sangat sedap dipandang mata.

Untuk Honda Jazz RS maupun standar sama-sama masih menggunakan pembungkus jok berbahan fabric. Untuk mengatur atau menyesuaikan posisi mengemudi pun keduanya masih pakai sistem mekanis alias manual.

Mengupas Honda Jazz yang Kental Aura Sporty 01

Pada Jazz RS juga dilengkapi berbagai fitur di bagian kokpit yang cukup memukau. Mulai dari Engine Start-Stop Button, Auto AC with Smart Touch, audio steering switch, paddle shift hingga cruise control jadi menu utama di kokpit All New Jazz RS.

Dan yang tak boleh dilupakan jika membahas interior Jazz 2020 tentu adalah kemampuan baris keduanya yang mampu dilipat hingga rata lantai. Fitur yang dinamai Honda sebagai Ultra Seat ini tersedia baik di Jazz RS maupun standar.

Dengan dilipatnya bangku kedua, kabin All New Jazz langsung berubah jadi area angkung barang yang sangat lega. Tentu dengan ratanya lantai jadi keunggulan karena tak ada halangan saat harus mengangkut benda seperti sepeda tanpa dibongkar, koper besar atau bahkan papan surfing.

Mesin

Ruang di balik kap mesin Jazz dihuni oleh sebongkah dapur pacu berkapasitas bersih 1.497 cc. Mesin yang berteknologi i-VTEC yang masih SOHC ini mampu merilis daya mencapai 120 PS dalam putaran 6.600 Rpm. Sedangkan torsi puncaknya bisa sampai 145 Nm dengan teriakan mesin di 4.600 Rpm.

Mengupas Honda Jazz yang Kental Aura Sporty 02

Tenaga yang dihasilkan dapur pacu Jazz disalurkan secara paripurna oleh transmisi berteknologi CVT (continuously variable transmission) yang menjanjikan kenikmatan berkendara yang presisi.

Sedangkan untuk Jazz tipe bertransmisi manual, Honda menganut percepatan 5 speed. Untuk mesin dan transmisi tak ada perbedaan baik untuk Jazz RS maupun standar.

Kesimpulan

All New Honda Jazz generasi ketiga yang dijual di Indonesia memang masih menarik untuk dimiliki. Apalagi jika Anda merupakan seorang yang senang akan mobil yang kencang dan presisi dalam mengemudi. Hal itu berkat jaminan mesin i-VTEC dan transmisi berteknologi CVT yang disodorkan Honda.

Kabin yang punya fleksibilitas sangat baik di kelasnya, juga menjadi semacam bonus. Walau sebenarnya kabin yang sangat luas daya angkut barangnya mungkin akan jadi mubazir jika dipakai oleh konsumen Jazz yang rata-rata anak muda penuh dengan mobilitas harian.

Spesifikasi dan harga
Mesin i-VTEC 1.500 cc SOHC
Konfigurasi 4 silinder
Transmisi Manual 5 percepatan / CVT
Tenaga 120 PS / 6.600 Rpm
Torsi 145 Nm / 4.600 Rpm
Lingkar Roda 15 inci (RS), 16 inci (RS)
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol
Honda New Jazz
New Jazz MT Rp 250,2 juta
New Jazz CVT Rp 260,5 juta
New Jazz RS MT Rp 282,3 juta
New Jazz RS CVT Rp 292,5 juta

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil