Perbandingan New Honda HR-V 2021 Vs Honda HR-V Lama, Lebih Mirip SUV Terbaru Mazda?

Enda · 22 Feb 2021 15:00

Honda HR-V vs New Honda HR-V 2021

Honda Motor Corporation secara resmi memperkenalkan varian terbaru New Honda HR-V 2021 atau Honda Vezel di negara asalnya pada beberapa waktu lalu. Sebagai SUV kompak, New Honda HR-V 2021 memiliki lekukan dan bentuk yang sama seperti spyhootsnya yang berhasil diunggah di media sosial pada beberapa bulan lalu.

Melihat tampilannya, New Honda HR-V 2021 terlihat mendapat banyak ubahan khususnya di sektor eksterior dan interior.

Lantas, apa saja perbedaan New Honda HR-V 2021 dengan Honda HR-V lama yang masih dijual di Indonesia? Berikut ulasannya.

Desain New Honda HR-V 2021 Mirip SUV Kepunyaan Mazda?

Tampilan depan Honda HR-V vs New Honda HR-V 2021

New Honda HR-V 2021 hadir dengan tampilan yang terlihat lebih tampan dari model sebelumnya. Pada fascia, kalian bisa melihat bahwa SUV kompak terbaru Honda ini terlihat lebih agresif berkat disematkan bentuk yang lebih mengesankan.

Dimana pada grillenya tak lagi menggunakan konsep solid wing sebagai ikoniknya. Melainkan memakai bentuk trapesium dan melebar dengan garis horizontal yang berdekatan. Lampunya utamanya juga didesain ulang yang menghasilkan bentuk lebih pipih dan terlihat begitu atraktif.

Banyak yang menyebut kalau desain baru Honda HR-V jadi mirip Mazda. Tapi sebenarnya jelas tidak mirip kok, hanya lekuk grill dan desain headlamp yang sipit bila dipandang sekilas seperti Mazda CX-5.

Bergeser ke bagian sampingnya, New Honda HR-V 2021 memiliki garis tegas lurus yang membujur dari depan hingga belakangnya. Lekukan garisnya pun kini terlihat lebih sedikit.

Tampilan samping Honda HR-V vs New Honda HR-V 2021

Tidak hanya itu, HR-V terbaru kini terlihat lebih ramping dan lincah berkat tampilan kaca samping yang dibuat lebih mengecil dari depan hingga ke belakang.

Melihat bagian lingkar rodanya, SUV baru Honda ini memakai velg berukuran 18 inci bermodelakan palang lima yang dilabur dengan warna two-tone.

Beranjak ke bagian buritan, New Honda HR-V 2021 tidak terlihat seperti SUV Honda. Tampilannya sekilas mirip dengan beberapa lini SUV Mazda yang menganut gaya bahasa KODO Design – the Soul of Motion.

Pada stop lampnya terlihat lebih pipih dan dibuat seolah menyatu dengan kedua sisinya. Lekukan dan sudutnya kini lebih sedikit dibandingkan Honda HR-V yang masih dijual di Indonesia.

Tak hanya itu, bumpernya pun terkesan lebih kekar ditambah under guard dengan dimensi yang cukup besar. Generasi terbaru HR-V ini juga mendapat fitur power tailgate yang bisa membuka bagasi secara otomatis dengan menggoyangan kaki di bawah bumper belakangnya. 

Berbeda dengan Honda HR-V lama yang masih dijual di Indonesia, yang menganut bahasa desain Stand Out Design. Pada bagian grillenya menggunakan konsep solid wing yang terlihat besar, serta dilengkapi sistem pencahayaan Full LED Headlight With LED DRL, juga LED pada Fog Lamp.

Bagian sampingnya, Honda HR-V generasi ini memiliki lekukan garis tak beraturan yang terlihat begitu ramai sebagai aerodinamikanya.

Tampilan belakang Honda HR-V vs New Honda HR-V 2021

Melihat bagian belakangnya, Honda HR-V lama juga memiliki banyak lekukan garis disertai stop lamp dengan bentuk lebih besar menyerupai boomerang.

Interior New Honda HR-V 2021 Kini Lebih Berkelas

Tampilan dashboard Honda HR-V vs New Honda HR-V 2021

Merangsek ke bagian dalamnya, New Honda HR-V 2021 memiliki interior yang terkesan lebih simpel, eyes catching dan ergonomis. Dimana sistem Infotainmentnya kini berhasil dibekali head unit layar sentuh semi floating yang mendukung koneksi Apple CarPlay dan Android Auto.

Meski memiliki tampilan digital, penyetelan AC Honda HR-V 2021 masih menggunakan model putar sebanyak tiga buah pengaturan.

Sedangkan Honda HR-V generasi lama mendapatkan tampilan dashboard lebih menggemuk, dimana head unitnya dipasangkan model tanam, serta pengaturan AC digital yang lebih condong ke arah pengemudi.

New Honda HR-V 2021 Dibekali Fitur Honda SENSING

Fitur Honda SENSING

Sebagai informasi, Honda Vezel atau yang dikenal dengan Honda HR-V 2021 ini, berhasil ditanamkan fitur keselamatan terbaru, yakni Honda SENSING.

Honda SENSING ini antara lain mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Sedangkan Honda HR-V generasi sebelumnya ini mendapatkan fitur keselamatan berupa G-CON + ACE, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Motion Adaptive EPS, Brake Override System dan Parking Sensor.

New Honda HR-V 2021 Punya Dimensi Sedikit Lebih Besar

Dimensi New Honda HR-V 2021 lebih besar dibandingkan HR-V lama

Menurut data, New Honda HR-V 2021 memiliki panjang 4.330 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1605 mm. Secara ukuran, generasi terbaru Honda Vezel atau Honda HR-V 2021 ini lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dimana generasi lama Honda HR-V mempunyai panjang 4.294mm, lebar 1.772mm dan tinggi 1.580mm. Meski memiliki ukuran lebih proper, atap pada New Honda HR-V 2021 terlihat lebih pendek dibandingkan dengan Honda HR-V yang masih dijual di Tanah Air.

New Honda HR-V 2021 Dihadirkan dengan Pilihan Mesin Hybrid

Mesin 1.5L Hybrid New Honda HR-V 2021

Honda menghadirkan dua pilihan mesin untuk New Honda HR-V 2021. Pertama adalah mesin 1.5 liter DOHC i-VTEC yang dapat menghasilkan tenaga 132 PS berkat dikawinkan dengan transmisi CVT. 

Pada varian mesin hybrid, ditambah dua buah motor listrik "e: HEV" yang dapat menghasilkan tenaga hingga 152 PS. Untuk penggerak roda, pihaknya memberikan dua opsi, yakni 2WD dan 4WD.

Bicara mengenai jantung pacu Honda HR-V lama, di Indonesia dihadirkan dengan dua pilihan mesin. 1.5L SOHC i-VTEC + DBW, dengan tenaga hingga 120 PS dan 1.8L SOHC i-VTEC + DBW yang mampu melecutkan tenaga mencapai 139 PS.

Kesimpulan

New Honda HR-V yang belum lama ini resmi melantai di Jepang, memiliki tampilan lebih proper dibandingkan generasi sebelumnya. Tidak hanya mesin bensin 1.5L, SUV kompak 5-seater ini juga mendapatkan mesin hybrid dengan dua buah motor penggerak.

Kapan akan melantai di Indonesia, kami belum tahu tepatnya kapan generasi terbaru Honda HR-V ini diperkenalkan di Tanah Air. Menurut prediksi, SUV kompak berlogokan ‘H’ tegak ini akan tiba di Indonesia pada 2022 mendatang.

Jika benar dipastikan hadir pada tahun depan, New Honda HR-V 2021 tentunya akan bersaing secara ketat dengan Toyota C-HR, Mazda CX-3, Kia Seltos, Hyundai Kona, Toyota Corolla Cross, dan beberapa SUV kompak lainnya.

Komentar