window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Fitur Unggulan di Toyota Yaris Cross S, Siap Tarung Lawan Honda HR-V SE

Yongki Sanjaya · 16 Mei, 2023 17:30

Komparasi Fitur Unggulan di Toyota Yaris Cross S, Siap Tarung Lawan Honda HR-V SE 01

Toyota All-New Yaris Cros baru saja meluncur berstatus Global Premiere di Indonesia. Mobil ini hadir dengan konsep Urban SUV Meets Adventure, yang juga memiliki varian elektrifikasi (hybrid). Untuk tipe tertinggi non hybrid tersedia Toyota Yaris Cross S. 

All-New Yaris Cross merupakan salah satu pionir Medium SUV 5-seater Toyota untuk pasar Asia yang terus berkembang. Toyota Yaris Cross merupakan hasil pengembangan dari Daihatsu Motor Corporation dimana nantinya mobil ini bakal diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Resmi Diperkenalkan, Open Booking Toyota Yaris Cross 2023 Mulai dari Rp300 Jutaan

Bukan Buat Gantikan Rush, Toyota Yaris Cross 2023 Malah Bikin Nasib Yaris Hatchback Suram?

Toyota Yaris Cross 2023 Bisa Bikin Honda HR-V dkk Panas Dingin

Mobil terbaru Toyota ini diharapkan memenuhi kebutuhan lifestyle-nya yang sporty dan dinamis setiap hari menggunakan Advanced Urban SUV. Konon kabarnya tipe termahal dari Yaris Cross ini masih kepala Rp400 jutaan, dan tersedia dalam varian hybrid. Melihat range harga tersebut, Yaris Cross akan berhadapan langsung dengan Honda HR-V generasi kedua. 

Kali ini, kita akan membandingkan fitur antara Yaris Cross S non hybrid yang bakal berhadapan dengan Honda HR-V 1.5 SE yang juga mengusung mesin 1.500 cc non turbo/hybrid. 

Toyota Yaris Cross S, Crossover yang Fiturnya Semakin Mewah

Komparasi Fitur Unggulan di Toyota Yaris Cross S, Siap Tarung Lawan Honda HR-V SE 01

Pada sisi interior, ruang kemudi Yaris Cross yang driver-oriented ditunjang panel TFT 7 inch digital yang dapat dikostumisasi. Dashboard crossover ini memakai aksen black piano finish serta bahan lembut dan ornamen berlapis satin. 

Pada jahitan jok, diberikan sulaman benang warna biru yang sporty dengan jok berbahan fabric dan kulit sintetis. Hadirnya Power Back Door with Kick Sensor juga akan semakin mempermudah akses pengemudi terhadap barang bawaan. Agak disayangkan fitur panoramic roof dan electric seat adjuster hanya tersedia di varian hybrid. 

Fitut Keselamatan di Toyota Yaris Cross S Makin Canggih

Komparasi Fitur Unggulan di Toyota Yaris Cross S, Siap Tarung Lawan Honda HR-V SE 02

Bicara fitur keselamatan, All-New Yaris Cross telah mendapatkan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara. 

Teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch ikut melengkapi fitur All-New Yaris Cross agar tak kalah saing dengan rivalnya. Kabarnya TSS di Yaris Cross sama seperti Innova Zenix, yakni Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Alert (LTA), dan Automatic High Beam (AHB). 

Honda HR-V 1.5 SE, Tipe yang Proporsional dari Banyak Aspek

Komparasi Fitur Unggulan di Toyota Yaris Cross S, Siap Tarung Lawan Honda HR-V SE 03

Untuk segmen crossover, Honda HR-V menjadi model yang cukup sukses walau semakin banyak brand lain yang menghadirkan model sejenis. Honda HR-V generasi kedua di generasi kedua crossover Honda ini tampil sangat berbeda dengan mengusung konsep “Exceptionally Impressive”. 

Untuk opsi tipe tertinggi non turbo, tersedia Honda HR-V 1.5 SE seharga Rp416.100.000. Pada eksterior di tipe 1.5 SE dipercantik Sequential LED Turning Signal, Panoramic Glass Roof, LED Fog Light, 18” Sporty Alloy Wheels. 

Memasuki kabin Honda HR-V 1.5 SE, kita akan disuguhi interior hitam, dengan layar 4,2” Interactive TFT Meter di ruang kemudi. MID tersebut  menampilkan berbagai informasi saat berkendara, seperti Honda Sensing, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar. 

Fitur HR-V 1.5 SE, Lengkap dan Mewah

Komparasi Fitur Unggulan di Toyota Yaris Cross S, Siap Tarung Lawan Honda HR-V SE 04

Interior di Honda HR-V menawarkan ruang yang nyaman bagi pengemudi dan penumpang. Mobil ini dilengkapi dengan Front & Driver USB Port, Dual Rear USB Port, Vanity Mirror Lamp, Electrostatic Touch LED Map Light yang berfungsi untuk menyalakan lampu dengan gestur tangan tanpa sentuhan tangan, Rear Armrest with Cupholder, dan Seatback Pocket.

All New Honda HR-V juga memiliki ruang bagasi yang luas dan fleksibel dengan tiga mode yaitu Long Mode, Utility Mode dan Tall Mode.

Fitur multimedia di crossover jagoan Honda ini didukung 8” Capacitive Touchscreen Display Audio, USB Port, Bluetooth, Hands-Free Telephone, AM/FM Radio, MP3/WMA, Smartphone Connection, WebLink. 

Jangan lupa, tipe ini juga telah mendapat fitur sunroof sama seperti tipe RS. Artinya, Honda HR-V 1.5 SE masih lebih istimewa daripada Toyota Yaris Cross yang hanya tersedia di tipe S HEV. 

Honda HR-V Dapat Honda Sensing di Seluruh Tipe

Komparasi Fitur Unggulan di Toyota Yaris Cross S, Siap Tarung Lawan Honda HR-V SE 05

Honda Indonesia semakin serius soal fitur keselamatan di lini produk terbaru mereka. Untuk Honda HR-V generasi kedua telah ditanamkan fitur keselamatan Honda SENSING pada seluruh tipe, termasuk 1.5 SE ini. 

Teknologi tersebut mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Kesimpulan

Agak dini menyimpulkan apakah Toyota Yaris Cross tipe S ini bisa unggul atau kalah menarik dibanding Honda HR-V 1.5 SE. Pasalnya Toyota belum mengumumkan harga jual dari crossover terbaru mereka tersebut.

Bila melihat kelengkapan fitur, memang Honda HR-V 1.5 SE selangkah lebih maju dibandingkan Toyota Yaris Cross karena telah memiliki panoramic roof. Namun demikian, Yaris Cross belum tentu inferior karena kita belum tahu apakah harganya nanti lebih murah atau tidak.

Kita tunggu saja pengumuman harga resmi dari Toyota. Stay tune! 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 Toyota Yaris Cross International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil