Review Kinerja Desain Daihatsu Terios

Kurnia Soemarno · 11 Mar 2020 09:30

Daihatsu berencana untuk membantu penanganan Terios 4WD-nya yang baru. Mengusung corak depan dan belakang yang pendek, jarak sumbu roda yang panjang serta jalur lebar, sepertinya mobil ini sanggup menjajal medan yang keras, namun tanpa semangat seperti dulu. 

Jelas sudah tidak ada untuk orang yang mengidamkan ciri khas 4x4 dengan posisi tempat duduk yang tinggi, pijakan kaki untuk iklim yang buruk dan fleksibilitas yang didukung biaya operasional yang lebih rendah serta mobilitasnya. Model ini lebih panjang dan luas dibanding yang sebelumnya.

Bagian interior mobil Terios tampak berukuran sama dengan hatchback yang berukuran sedang, dengan kursi belakang yang bisa dilipat sehingga ruang bagasinya cukup luas untuk membawa sepeda gunung. 

Lantai depan, bunker, bagian samping, B-kolom dan rel sisi atap semuanya diperbarui guna menambah kenyamanan. Kalau kursi belakang digunakan, kapasitas maksimalnya 380 liter.

Desain Daihatsu Terios

Berbagai perombakan diterapkan pada Terios, baik eksterior maupun interior. Tampak jelas produsen memilih gaya yang lebih berani dengan sabuk depan yang lebih mantap, pelindung yang terlihat lebih kokoh, lampu LED siang hari, dan gril krom. Bagian belakangnya mengalami modifikasi sederhana dengan lampu LED, serta pelindung yang lebih baik dan roda tambahan.

Sedangkan interiornya tidak banyak berubah, hanya perlu ditambah hiasan kain kasa gelap, HDMI layar sentuh dan kontrol suara pada konfigurasi haggle pemandu dibuat lebih hidup. Sementara gadget lainnya di dalam masih sama dengan model lama, masih dilengkapi airbag ganda, dengan power windows, kaca spion elektrik dan perangkat keras standar di mobil SUV lain.

Tersedia dua model Daihatsu Terios - SVP dan SX. SVP dilengkapi pemandu kuat, jendela kuat, penguncian fokus jarak jauh, petunjuk A/C, kursi berbahan kain, kontrol suara, framework suara AM/FM yang mendukung CD/MP3/AUX dan roda baja 16 inci dengan dop roda. Evaluasi SX ditambah dengan A/C yang diprogram, catu daya 12V, pegangan pintu krom, spion samping berpenutup krom, rel atap serta roda kombinasi 16 inci.

Performa Daihatsu Terios

Daihatsu Terios mengusung dapur pacu VVT empat chamber berkapasitas 1,5 liter yang menyemburkan tenaga 109 PS (107,4 bhp) pada 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.400 rpm. SUV kecil itu tersedia dengan pilihan transmisi manual 4 atau 5 kecepatan.

Terios/Rush zaman kini itu dicoba di India belum lama ini. Namun, ada sumber yang mengungkap bahwa mobil ini sedang digunakan oleh produsen pesaing untuk kepentingan perbandingan.

Komentar

Mobil Terbaru