window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beda Gak Sampai Rp2 Juta, Mending Pilih Suzuki XL7 Hybrid Alpha Vs Daihatsu Terios R Custom?

Enda · 16 Jun, 2023 15:30

Suzuki XL7 Hybrid Vs New Daihatsu Terios

Baru-baru ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penyegaran terhadap produknya yang bermain di segmen Low SUV 7-seater, yakni Suzuki XL7 Hybrid dan New Daihatsu Terios.

Sebagai varian flagshipnya, Suzuki XL7 Hybrid Alpha AT dibandrol Rp304.900.000 sedangkan Daihatsu Terios R AT Custom diniagakan Rp303.250.000. Secara hitungan matematika, varian teratas XL7 Hybrid lebih mahal Rp1.650.000 OTR Jakarta dari Terios R AT Custom.  

Memiliki selisih harga baru tidak sampai Rp2 juta, pilih XL7 Hybrid atau New Terios?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Daftar Harga LSUV Penantang Daihatsu Terios 2023, Ada Suzuki XL7 Sampai DFSK Glory 560

Material Interior Suzuki XL7 Hybrid Lebih Nyaman Digunakan

Suzuki XL7 Hybrid Vs New Daihatsu Terios

Jok baris kedua Suzuki XL7 Hybrid

Bila dibandingkan dengan Terios, dari segi berkendara XL7 Hybrid lebih nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan Low SUV berlogo ‘S’ pabrikan Jepang tersebut memiliki bantingan lebih empuk serta material dan kekedapan kabin yang lebih baik.

Tak hanya itu, pada baris pertama dan kedua XL7 Hybrid juga dilengkapi arm rest di tengah. Untuk Terios R Custom, arm restnya hanya tersedia di baris pertama. Namun uniknya di balik arm rest tersebut terdapat wirless charger yang bisa digunakan untuk menambahkan daya pada gawai.

Bicara nuansa interior, XL7 Hybrid mendapat sentuhan aksen Black Wood Panel di area dashboard yang membuatnya terlihat premium. Berbeda dengan pesaingnya, Terios R Custom beberapa bagiannya dibungkus menggunakan meterial soft touch.

Adu Fitur Suzuki XL7 Hybrid Alpha Vs Daihatsu Terios R Custom

Suzuki XL7 Hybrid Vs New Daihatsu Terios

Interior Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Untuk fitur, di bagian eksterior keduanya sama-sama mendapatkan teknologi LED pada lampu utamanya dengan DRL LED serta foglamp. Hanya saja pada XL7 Hybrid untuk sistem pencahayaannya dibekali pengaturan tinggi rendahnya lampu serta fitur Autolight with Guide Me Light.

Seperti diketahui, fitur ini dapat mengotomatisasi headlamp ketika berkendara dalam kondisi gelap, sekaligus memberikan fungsi lain berupa penerangan beberapa saat ketika pengendara akan keluar maupun masuk ke dalam kabin.

Keunggulan lain fitur ini dapat membaca kondisi cahaya sekitar dan secara otomatis mengaktifkan headlight jika sudah diperlukan. Selain itu sinar headlight juga dapat mati secara otomatis ketika kondisi sudah terang atau saat mesin dimatikan.

Selain electric mirror, pengaturan spion keduanya mendapatkan auto retractable mirror. Di bawah spion, Terios R Custom mendapatkan kamera 360 derajat yang dapat menampilkan kondisi sekitar mobil melalui sistem infotaimentnya.

Melihat bagian dalam, XL7 Hybrid Alpha dibekali head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan smartphone connection yang bisa dikendalikan melalui tombol pada setir. Melalui setir, kalian juga bisa melakukan penyetingan atau mengetahui informasi seputar mobil melalui layar yang ditampilkan pada MID.

Terbaru dari XL7 Hybrid Alpha, mobil ini disematkan fitur Smart E-Mirror yang kini telah menganut teknologi touchcreen. Dengan begitu saat melakukan pengaturan fitur yang ada didalamnya terasa lebih mudah.

Smart E-Mirror berfungsi sebagai kaca spion digital yang dibekali dua kamera baik tengah dan di belakang. Spion pintar ini memiliki memori penyimpanan sebesar 16 GB yang bisa di-upgrade hingga 64 GB dengan kemampuan merekam aktivitas mobil baik pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung.

Dengan begitu fitur ini dapat memudahkan pengguna ketika ingin menangkap momen tak terduga dan menjadi bukti rekaman.

Baca juga: Bikin Iri, Suzuki XL7 Hybrid 2023 Indonesia Fiturnya Kalah Lengkap dari Versi India

Suzuki XL7 Hybrid Vs New Daihatsu Terios

Interior New Daihatsu Terios R Custom

Bagaimana dengan Terios R Custom? Tidak kalah menarik, mobil ini juga dibekali head unit layar sentuh yang dapat mendukung fitur smatphone connection. Hanya saja sistem hiburannya dari segi ukuran tipe teratas Terios lebih kecil 1 inci.

Pengaturan sistem hiburannya pun bisa dikendalikan melalui tombol pada lingkar kemudi. Sama seperti XL7, untuk melakukan setingan serta informasi kendaran juga bisa dilakukan melalui tombol pada setir yang diteruskan ke MID.

Oh iya, untuk pengaturan AC keduanya menggunakan tombol dan knob putar meski memiliki tampilan digital. Selain itu juga terdapat AC double blower guna memberikan kenyamana kepada setiap penumpang.

Fitur Keselamatan Daihatsu Terios R Custom Lebih Komplit

Suzuki XL7 Hybrid Vs New Daihatsu Terios

Airbags Daihatsu Terios facelift 2023 pada pilar B

Mengenai fitur keselamatan, Suzuki XL7 Hybrid Alpha AT dilengkapi dengan dual SRS airbag, ABS, EBD, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programe (ESP), sensor mundur, dan cruise control. Untuk keamanannya terdapat keyless entry, immobiliser dan security alarm. 

Daihatsu Terios R Custom untuk fitur keselamatan mendapatkan 6 airbag, ABS, EBD, Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter.

Bukan cuma itu, mobil ini juga dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), serta Eco Idle yang dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar sekaligus menurunkan emisi gas buang.

Fitur keamananya berhasil disematkan keyless entry serta immobilizer dan alarm system yang dapat meminimalisir pengguna dari tindak pencurian.

Mesin Suzuki XL7 Hybrid Dilengkapi Teknolgi SHVS

Suzuki XL7 Hybrid Vs New Daihatsu Terios

Mesin K15B dengan SHVS

Suzuki XL7 Hybrid menggunakan mesin K15B 1.462 cc 4-silinder segaris DOHC VVT yang dapat menghasilkan tenaga 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Untuk transmisinya menggunakan otomatis torque converter 4-percepatan yang selanjutnya diarahkan ke roda depan (FWD).

Sekedar informasi, mesin XL7 kini dipadukan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang lebih ramah lingkungan dan efisien. SHVS meliputi 2 komponen penting yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang akan membantu meringankan kinerja mesin.

Perangkat teknologi tersebut memungkinkan adanya fungsi engine auto start-stop yang bekerja untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar ketika tidak diperlukan, sehingga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar pun dapat dikurangi selama perjalanan. Teknologi SHVS yang praktis dan terbukti minim biaya perawatan karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun.

Terios R Custom AT, mobil ini dibekali mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4-silinder segaris, 16 Valves, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i.

Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 104 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm pada putaran 4.200 rpm yang kemudian diatur menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan sebelum ditranslasi ke penggerak roda belakang (RWD).

Kesimpulan

Setelah melakukan perbandingan antara Suzuki XL7 Hybrid Aplha AT dengan New Daihatsu Terios R Custom AT, secara konklusi XL7 Hybrid lebih nyaman digunakan berkat material, peredam, fitur unggulan, serta penggerak roda depan yang digunakan.

Selain itu juga mobil ini lebih maju dan modern berkat adanya teknologi SHVS yang diklaim sanggup memberikan konsumsi BBM lebih irit dari pesaingnya.

Namun jika bicara keselamatan berkendara, New Daihatsu Terios R Custom AT lebih komplit. Telebih mobil ini mengandalkan sistem penggerak roda belakang sehingga sangat cocok bagi kalian yang tinggal di daerah dengan kontur jalan menanjak dan berbatu.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur New Suzuki XL7 Hybrid di Varian Alpha, Beta dan Zeta

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Terios ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki XL7 Hybrid Beta MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil