window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX?

Dito · 20 Feb, 2023 15:30

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 01

Suzuki Grand Vitara generasi terbaru akhirnya resmi diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Ada 2 varian yang ditawarkan ke konsumen, lantas apa beda Suzuki Grand Vitara GL dan GX?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali memasarkan SUV legendanya, Grand Vitara setelah berhenti menjualnya pada tahun 2018 silam. Ada banyak ubahan pada generasi keempat Suzuki Grand Vitara 2023 ini, bukan hanya tampilan tapi juga spesifikasi.

Ada dua varian yang ditawarkan kepada konsumen yakni Suzuki Grand Vitara GL dan GX. Untuk mengetahui lebih jelas, kami akan bedah apa perbedaan antara dua varian tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mesin Sama, Eksterior Sedikit Berbeda

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 01

Eksterior antara Suzuki Grand Vitara GL dan GX tidak banyak perbedaan. Seperti lampu utama dimana kedua varian tersebut sama-sama memakai LED Projector dengan fitur Follow Me Home. 

Baik varian GL maupun GX pada bagian grill juga berlapis krom dan warna bodi. Begitu juga untuk leveling dan otomatis menyala untuk lampu utama sama-sama tersedia di kedua varian tersebut.

Baca juga : Suzuki Grand Vitara 2023 Tipe GL Jadi Varian Terendah, Apakah Masih Menarik?

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 02

Dimensi, jenis rem di empat roda, suspensi, hingga bobot kendaraan tidak ada perbedaan baik pada Suzuki Grand Vitara GL maupun GX. Begitu juga ukuran velg sama-sama memakai ring 17 inci dengan ukuran ban 215/60 96H di depan dan belakang. 

Namun khusus untuk tipe GX sudah memakai dual tone, sedanglan GL masih single tone. Perbedaan lainnya dengan tipe GL ialah adanya roof rail berwarna silver yang memudahkan Anda bila ingin memasang roof box.

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 03

Sedangkan mesinnya, sama-sama memakai tipe K15C dengan kapasitas 1,462 cc 4-silinder. Tenaga maksimum mencapai 103 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 136,8 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. 

Baca juga : Suzuki Grand Vitara 2023 Tawarkan 2 Varian Bermesin Smart Hybrid

Fitur Interior Banyak Perbedaan

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 04

Perbedaan Suzuki Grand Vitara GL dan GX paling banyak justru ada di Interior. Varian GX sebagai flagship mempunyai lebih banyak keunggulan pada sisi interior. Seperti lampu kabin dimana varian GX ada di glove box, kolong kaki di baris depan, dan ambient lights. Sedangkan varian GL tidak memiliki semua lampu tersebut sehingga secara nuansa tidak semewah varian GX.

Berbicara kemewahan, varian GX juga sudah dilengkapi head-up display. Sebuah fitur sederhana untuk pengemudi agar mata tetap melihat jalan di depan dan mengetahui kecepatan, rpm serta jam yang tersedia di kaca kecil.

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 05

Bila Anda mempunyai smartphone dengan fitur wireless charger, maka memilih Suzuki Grand Vitara varian GX yang paling tepat. Hanya varian ini yang sudah disematkan fitur wireless charger sehingga tidak perlu ribet karena kabel yang berseliweran di dasbor.

Kenyamanan pengemudi juga didukung dengan adanya pelipat spion otomatis khusus untuk tipe GX. Tidak hanya itu, varian tertinggi tersebut juga sudah dilengkapi kamera parkir 360 yang membuat hati lebih tenang saat parkir mundur atau paralel.

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 06

Berhubungan dengan kamera parkir, head unit layar sentuh yang terpasang di varian GX lebih besar tepatnya 9 inci. Sedangkan pada varian GL lebih kecil 2 inci yakni berukuran 7 inci dengan fitur yang sama.

Pengemudi juga diberi kenyamanan saat mengemudi karena spion tengah di varian GX sudah mempunyai fitur auto dimming yang meredup secara otomatis. Sedangkan varian GL bila lampu kendaraan belakang terlalu silau harus secara manual pengaturannya.

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 07

Terakhir adalah jok kulit yang hanya tersedia pada varian GX. Bila bahan fabric bukan masalah besar untuk Anda, maka varian GL bisa menjadi pilihannya.

Baca juga : Suzuki Grand Vitara 2023 Meluncur Secara Global, Diklaim SUV Paling Irit!

Fitur Keamanan dan Keselamatan Sama Persis

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 08

Bila kenyamanan menjadi perbedaan yang signifikan antara varian GL dan GX, fitur keamanan justru sama persis. Keduanya mempunyai jumlah airbags yang sama di depan, samping atau pilar dan jendela.

Sabuk keselamatan juga mempunyai tiga titik untuk seluruh jok dengan keunggulan fitur Pretensioner dan Force Limiter khusus baris depan. ABS dan EBD menjadi fitur wajib untuk SUV ini di seluruh varian.

Ada Dua Varian, Apa Beda Suzuki Grand Vitara tipe GL dan GX? 09

Fitur lainnya seperti ISOFIX, Hill Hold Control, Brake Assist, Security Alarm hingga Immobilizer tersedia di kedua varian Suzuki Grand Vitara. Soal stabilitas mobil kedua varian tersebut juga sudah dilengkapi fitur ESP (Electronic Stability Program).

Baca juga : 3 Kelebihan Suzuki Grand Vitara, Pernah Jadi Andalan Para Perwira Polri

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Grand Vitara GL 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil