window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Akibat Mobil Jadi Mudah Dicuri, Hyundai dan KIA di AS Dapat Gugatan

Herdi · 12 Jun, 2023 20:02

Akibat Mobil Jadi Mudah Dicuri, Hyundai dan KIA di AS Dapat Gugatan 01

Raksasa otomotif asal Korea Selatan, Hyundai dan KIA digugat karena melakukan gangguan publik berupa menciptakan mobil yang mudah dicuri.

Malansir CNBC, Senin (12/06/2023) gugatan tersebut diajukan pemerintah kota New York, Amerika Serikat (AS) ke pengadilan Federal Manhattan.

Kedua perusahaan tersebut dinilai telah gagal memasang perangkat keamanan lebih baik, sehingga mobil jadi mudah dibobol maling.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Beli Hyundai Stargazer atau Creta Bisa dapat Ioniq 5 Gratis!

Ilustrasi pencurian mobil

Ilustrasi pencurian mobil (Foto: Istimewa)

"Lebih memilih keuntungan daripada keselamatan dan menyimpang dari norma industri dengan tidak memasukkan immobilizer sebagai fitur standar keamanan,” begitulah salah satu kalimat gugatan tersebut. 

Menurut mereka, sudah seharusnya mobil yang dijual ke pasaran dibuat untuk tidak mudah dicuri, sehingga hal tersebut dapat melindungi hak pemiliknya.

Baca juga: Hyundai Energi Indonesia Bangun Pabrik Baterai di Indonesia, Mobil Listrik Bisa Makin Murah?

Pelaku pencurian mobil Hyundai dan KIA

Pelaku pencurian mobil Hyundai dan KIA tidak menggunakan kunci khusus (Foto: Tiktok)

Sebaliknya, mobil-mobil KIA dan Hyundai ternyata tidak dilengkapi fitur anti maling yang aktif ini telah dijual sejak tahun 2011-2022.

Bahkan, karena tidak ada fitur keamanan tambahan itu, membuat mobil-mobil kedua brand Korea tersebut mudah dicuri.

Mobil Hyundai dan KIA Bisa Nyala Tanpa Kunci

Tingginya pencurian merek mobil Hyundai dan KIA diperburuk dengan adanya video viral berjudul 'KIA Boyz' di media sosial Tiktok.

Dalam video tersebut seorang remaja mencontohkan cara menyalakan mobil Hyundai dan KIA tanpa harus menggunakan kunci bawaan pabrikan.

Sebaliknya, mereka cukup membongkar panel di bawah lingkar kemudi, lalu menggunakan kabel USB sebagai pengganti kunci kontak untuk memutar, dan mesin pun aktif.

Baca juga: KIA Carens 2023 Tambah Varian Baru, Pakai Captain Seat

Pencurian Mobil Hyundai dan KIA Meningkat di AS

Mobil Hyundai dicuri

Pencurian mobil Hyundai dan KIA meningkat di Amerika Serikat (Foto: Tiktok)

Setelah video cara menyalakan mobil Hyundai dan KIA viral, menurut data laporan pemerintah kota New York, setidaknya kedua merek mobil yang dicuri sepanjang tahun 2023 mencapai 977 unit.

Jumlah tersebut ternyata meningkat hingga 660 persen dibandingkan periode sama di tahun 2022, dimana pencurian mobil kedua brand tersebut hanya mencapai 148 kasus pencurian.

Sementara menurut National Highway Traffic Safety Administration, pencurian mobil Hyundai dan KIA paling banyak yang diproduksi antara tahun 2015-2019. 

Sejumlah mobil Hyundai dan KIA

Pabrikan otomotif Hyundai dan KIA dituntut kota New York karena mobilnya mudah dicuri (Foto: Istimewa

Disebutkan juga, rata-rata mobil Hyundai dan KIA di negeri Paman Sam tidak memiliki fitur Immobilizer. 

Adapun beberapa mobil yang tidak berhasil dicuri, namun kondisinya cukup mengenaskan, karena beberapa panel dan lainnya di obrak abrik para pelaku. 

Selain kota New York, Hyundai dan KIA juga akan digugat oleh beberapa kota seperti California, Cleveland, Milwaukee dan yang lainnya. 

Akibat kejadian ini pula, saham Hyundai Motors dan KIA Corp di Amerika Serikat mengalami penurunan, masing-masing 2 persen dan 5 persen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Creta Dynamic Black Edition 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil