window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Autofun, iCar Asia, dan Wuling Motors Kembali Gelar Coaching Clinic dengan Diikuti Para Content Creator

Enda · 22 Sep, 2023 08:38

Coaching Clinic Content Creator

Kali kedua Autofun dan iCar Asia berkolaborasi dengan Wuling Motors sukses menyelenggarakan Coaching Clinic Content Creator, setelah sebelumnya diadakan pada 30 Agustus 2023.

Masih dengan tajuk yang sama, ‘Shorts is The Future’, Coaching Clinic Content Creator VOL.2 diselenggarakan di Kopi Bangsa, Museum Satria Mandala, Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Kamis (21/9).

Diikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari mahasiswa hingga mikro influencer, acara yang diisi oleh reviewer Autofun yakni Helmi Alfriandi, dan Ahmad Karim, serta reviewer Carmudi, Fransiscus Rosano, banyak membahas secara teknis bagaimana cara pembuatan video, editing, serta menghasilkan judul dengan caption menarik sehingga dapat ditonton pengguna media sosial secara masif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Coaching Clinic Content Creator

Coaching Clinic Content Creator VOL.2

"Dalam pembuatan short video atau video pendek tentu dibutuhkan teknis atau cara membuat video yang bagus. Untuk bikin konten otomotif khususnya mobil yang terpenting pakai wide mode. Nggak harus pakai iPhone, yang penting spesifikasi hp mumpuni untuk pengambilan video,” kata Fransiscus Rosano.

Pria yang akrab disapa Sano tersebut juga menjelaskan, untuk mendapat hasil video pendek atau panjang yang baik juga dibutuhkan beberapa alat pendukung.

"Gimbal, smartphone rig, lighting dan tripod juga dibutuhkan. Selain itu juga footage dalam pengambilan gambar seperti; pan left & right, tilt up & down, rotate, push in - pull out, dan parallax,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga menyampaikan jenis-jenis gerakan rekaman yang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Coaching Clinic Content Creator

Peserta Coaching Clinic Content Creator VOL.2

"Di mobil bisa menggunakan teknik panning shoots dan tracking shoots. Kemudian ada eye level, headlight level, very low angel dan high angle.

Dalam pembuatan video yang baik pun disarankan agar memperhatikan background serta waktu pengambilan gambar.

Usahakan jangan jam 11 sampai dengan jam 2 siang karena terlalu terik sehingga warna yang tertangkap kamera menjadi kurang baik.

Usahakan juga mengambil gambar pas posisi matahari berada di belakang bukan tepat di atas kepala,” jelasnya.

Baca juga: Autofun, iCar Asia, dan Wuling Motors Sukses Gelar Coaching Clinic Bareng Puluhan Content Creator

Membahas Tips Editing dan Cara Membuat Judul Serta Caption

Coaching Clinic Content Creator

Reviewer Helmi Alfriandi menyampaikan tips & trick saat proses editing video

Setelah mendapatkan gambar yang baik, selanjutnya masuk dalam proses editing. Dalam editing juga diperlukan kejelian serta penataan yang pas.

"Ketika sudah membuat video, masuk ke proses editing. Dalam proses editing meliputi keseluruhan, detail, dan peragaan.

Selain itu juga hati-hati dengan adegan yang mungkin dianggap berbahaya atau melanggar aturan platform seperti copyright,” ucap Helmi Alfriandi.

Dikatakan Helmi, cara supaya tidak terkena copyright, gunakan backsound yang sudah disediakan platform. Lainnya bisa menggunakan backsound original yang diperjelas.

"Selanjutnya footage dan informasi dipadatkan supaya terlihat lebih ringkas. Kemudian dikasih finishing lagi, dan pada thumbnail dimasukan judul buat mempertegas konteks," lanjutnya.

Reviewer Autofun lainnya, Ahmad Karim menyampaikan cara bagaimana membuat judul serta caption menarik yang dapat menarik perhatian penonton.

Coaching Clinic Content Creator

Reviewer Ahmad Karim ikut menjelaskan membuat judul dan caption menarik
​​​​​​

"Untuk konten short video baiknya jangan dibuat terlalu serius, ada gimmick didalamnya seperti candaan yang memancing penonton sehingga mendapat engagement baik. Engagement ini sangat pengaruh terhadap konten dan akun kedepannya," seru Karim.

Dalam pembuatan judul serta caption sendiri Karim menyebutkan harus berbeda. Dimana judul pada thumbnail sendiri harus lebih membuat orang penasaran.

"Buat judul agak menarik di dua detik pertama pada short video. Ini hal yang paling krusial untuk membuat penonton penasaran," jabarnya.

Baca juga: Autofun, iCar Asia, dan Wuling Bakal Berbagi Trik Bikin Video yang Apik Buat Para Content Creator

Ajak Contet Creator Serta Mahasiswa Rasakan Berkendara Wuling Air ev

Coaching Clinic Content Creator

Pertama kalinya content creator traveling @mrschinthia mencoba Wuling Air ev

Jika Coaching Clinic Content Creator sebelumnya para peserta hanya ditantang membuat konten lalu diunggah di sosial media masing-masing, pada VOL.2 mereka diajak mencoba langsung bagaimana impresi berkendara menggunakan Wuling Air ev.

Chinthia, salah satu content creator cantik dengan akun sosial media Instagram @mrschinthia menceritakan kesan pertama berkendara menggunakan Wuling Air ev.

Coaching Clinic Content Creator

Peserta dari content creator

"Setelah mencoba secara langsung, yang jadi pembicaraan bisa gak sih nanjak? Tadi yang gw cobain bisa nanjak dengan mudah.

Dan yang kedua, kok kecil banget mobilnya, yang gw rasain pas di dalam mobilnya cukup luas dan juga ternyata nyaman," kata dia.

Tak hanya itu, dirinya pun mengatakan dengan adanya Coaching Clinic Content Creator VOL.2 ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu khususnya bagi para konten kreator dalam berkarya.

"Ini pengalaman pertama saya. Keren banget dengan adanya acara ini, karena bisa mendapatkan informasi, ilmu, dan test drive sehingga bisa tahu bagaimana rasanya mengendarai Wuling Air ev," ucap content creator traveling tersebut.

"Kita dikasih tau ilmu untuk membuat video yang baik. Aku sebagai konten creator yang baru belum tahu nih cara ngambil video yang bagus kayak gimana.

Setelah tadi dapat ilmu, langsung aku cobain praktek nih membuat konten dengan Wuling air ev dari angle, pencahayaannya dan lain-lain. Harapan kedepannya ditambah lagi untuk pembicara lainnya dan acaranya terus berlanjut,” sambungnya.

Coaching Clinic Content Creator

Wahyu Hidayat, Head of Media Ops iCarAsia jelaskan cara mengikuti lomba konten video

Setelah ditantang membuat konten menarik, para peserta juga diajak untuk memposting karya terbaiknya di sosial media masing-masing baik itu di Instagram, TikTok, dan Short Youtube dengan postingan terakhir 1 Oktober 2023 pukul 13.00 WIB.

Bagi peserta dengan likes terbanyak, nantinya berhak mendapatkan Smartphone Rig. Tak hanya itu, peserta dengan meraih angka penilaian tertinggi dari juri juga berhak memenangkan DJI Osmo Mobile 6.  

Setiap karya konten 60 detik yang diperlombakan wajib melakukan tag akun @wulingmotorsid, @mobil123id, @carmudiid & @autofun.Indonesia serta mengisi hashtag #WulingAirev #CoachingClinicWuling #WulingXiCarAsia dan #ThisisMyEVWay.

Baca juga: CARSOME Academy Kolaborasi dengan Pemerintah, Siap Ciptakan SDM Berkompeten di Bidang Otomotif

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil