window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Baojun Yep, Mobil Listrik Mirip Suzuki Jimny dari Wuling yang Segera Dirilis

Prasetyo · 19 Mei, 2023 11:05

Baojun Yep, Mobil Listrik Mirip Suzuki Jimny dari Wuling yang Segera Dirilis 01

Baojun Yep, begitu nama calon mobil listrik terbaru dari SGMW (SAIC-GM-Wuling) yang rencananya akan diluncurkan 25 Mei 2023.

Namun menjelang rilis globalnya, pihak GM mulai menebar gambar-gambar dari penampilan Baojun Yep yang menggoda.

Bagaimana tidak, foto resmi terbaru yang dirilis pabrikan China ini adalah sosok Yep yang berubah jadi SUV kecil berpenampilan retro.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Sebesar Agya dan Brio, Harga Mobil Listrik BYD Seagull 2023 Lebih Murah dari Wuling Air ev

Baojun Yep Retro

Tampilan retro yang menggoda

Dikutip dari Carnewschina, Jumat (19/05/2023), Yep diperlihatkan memakai styling ala jip retro.

Rodanya pakai velg dengan dop aluminium dan white wall, lantas diatap ada roof rack aluminium juga dengan beberapa koper serta karpet picknik dan skateboard.

Baojun Yep Modification

Retro style

Gambar-gambar ini seakan menegaskan kalau mobil listrik tersebut memang ditujukan buat kaum muda urban.

Apalagi sebelumnya, pihak GM juga sudah mengumumkan kalau menyediakan LCD screen optional yang bisa ditukar pasang untuk bagian belakang mobil.

Baca juga: SUV Listrik Wuling Pesaing Suzuki Jimny Lebih Canggih dari Air ev, Punya Fitur Mirip Apple Watch

Banyak Beredar Modifikasi Digital Baojun Yep

Baojun Yep Pickup

Pihak SGMW sempat rilis gambar versi pickup-nya

Sebelum pihak GM merilis Yep berparas retro tadi, ternyata sebelumnya sudah banyak beredar hasil modifikasi digital untuk mobil ini.

Bahkan yang diterbitkan pihak SGMW sendiri, yaitu ketika pihak perusahaan merilis gambar Yep yang berubah jadi mobil pickup.

Meski tidak ada konfirmasi apakah model ini juga bakal diproduksi, tapi langsung mengundang perhatian publik.

Baojun Yep Modification Offroad

Tampil ala SUV offroad

Kemudian ada juga sejumlah digimod (digital modification) seperti dari akun SugarDesign. Ia membayangkan bagaimana Baojun Yep menjadi sebuah mobil offroad.

Rodanya dibuat besar, bagian depan ditambah bemper, lantas atapnya ada tambahan roof rack untuk menyimpan perahu kayuh, serta tenda awning untuk kebutuhan camping.

Baca juga: Suzuki Jimny Siap Dibungkam oleh Daihatsu, SUV Kecilnya Bakal Dirilis

Spesifikasi Calon SUV Listrik Wuling

Baojun Yep Spesification

Dirilis 25 Mei 2023

Perlu diketahui, Baojun adalah merek tersendiri dibawah payung SGMW. Untuk Yep, pihak GM sudah merilis sedikit bocoran mengenai spesifikasinya.

Mobil ini akan punya panjang tubuh 3.381 mm, lebar 1.685 mm, tinggi 1.721 mm, dan jarak sumbu roda 2.110 mm.

Kalau dibandingkan dengan Jimny, Yep lebih lebar 40 mm dan lebih tinggi 1 mm, namun panjang tubuhnya 244 mm lebih pendek dibanding Jimny.

Yep juga punya dua opsi ukuran ban, yaitu 195/60 R15 dan 205/65/R15 serta akan ada juga varian berpenggerak 4WD.

Untuk sumber tenaganya berasal dari motor electric tunggal berdaya 50 kW (68 PS) dengan torsi puncak 140 Nm. Sedangkan baterainya diklaim punya daya jelajah sampai 303 km sekali cas.

Baojun Yep Retro

Garnish belakang bisa diganti dengan LCD

Satu keunggulan dari Yep adalah fitur  Watch-inspired Car-watch.

Ya, perusahaan memang terinspirasi dari teknologi pada Apple Watch termasuk bagian strap-nya yang bisa diganti-ganti.

Sama seperti Apple Watch, monitor digital berbentuk persegi itu memiliki panjang 300 mm dengan lebar 256 mm. Sementara bagian sampingnya membentang panel sepanjang 1.050 mm.

Nah bagian panel yang terpasang di area belakang ini juga bisa diganti-ganti warna atau temanya, mirip strap pada Apple Watch.

Baca juga: Setelah Debut di China, Wuling Motors Pamerkan City Car Binggo ke Pengunjung PEVS 2023

Baojun Yep Interior

Kabinnya mirip Wuling Binggo

Kelengkapan fitur lain adalah monitor floating 10,25 inci yang fungsinya terbagi dua antara meter cluster dengan headunit infotainment. Perangkat ini sama dengan yang terpasng di Wuling Binggo.

Lantas ada juga Drive Mode model tuas selector lingkaran, Electric Parking Brake, Auto Hold, serta cup holder di konsol tengah. Ya masih tampak tak jauh berbeda dengan Wuling Air ev ataupun Binggo.

Apakah Wuling juga akan membawa Baojun Yep ke Indonesia?

 

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia