Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat?

Evan · 5 Okt, 2021 09:31

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 01

Siapa yang tak kenal dengan ‘Godzilla’ di dunia otomotif, julukan yang diberikan kepada mobil sport dua pintu Nissan Skyline GTR atas keberhasilan mobil ini dalam memenangkan banyak kejuaraan balapan mobil di akhir tahun 80an dan awal 90an.  

Sebetulnya melihat mobil ini dari jauh saja sudah bikin orang terpukau, apalagi jika Anda termasuk yang beruntung memiliki kesempatan memilikinya. Dan ternyata kini ada kesempatan untuk memboyong dua unit Nissan Skyline GTR R33 dan R34 dengan harga dibawah pasaran. 

Seperti dikutip dari website Lelang.go.id, pihak Bea Cukai Kepulauan Batam sedang bersiap untuk melelang dua unit Nissan GTR di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam. Lelang akan dilaksanakan pada Selasa, 12 Oktober 2021 mulai pukul 14:30 WIB.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Berikut rincian data dan juga biaya lelang dua mobil monster ini.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C24, MPV Mewah yang Harganya Terjangkau

Nissan GTR R33 yang Sudah Pakai Bodykit Nismo 

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 01

Nissan GTR R32 Bodykit Nismo

Sedikit informasi mengenai R33, mobil ini merupakan penerus dari Nissan GTR R32 dan juga memiliki mesin legendaris berkode RB26DETT.

Di generasi ini juga GTR pertama kali mendapat julukan sebagai Godzilla, dari majalah Wheels di Australia pada 1989.

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 02

Asli buatan Nissan Motor Co.Japan

Didalam foto yang diterbitkan pihak Bea Cukai, bisa kita lihat bahwa mobil dalam kondisi yang baik, meskipun tidak standar karena menggunakan bodykit besutan Nismo. Informasi dari website, mobil ini berwarna putih mutiara dan dibuat pada tahun 2000.

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 03

Nomor sasis, bukti keaslian

Dua foto selanjutnya merupakan bagian nomor sasis pabrikan, yang tertera E-BCNR-043403. Nomor ini merupakan identitas dari kode bodi R-33, menyatakan mobil ini asli dan buka replika. Dari foto ini juga bisa terlihat bagian interior mobil, yang sudah menggunakan kursi balap BRIDE.

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 04

Mesin legendaris RB26DETT

Lanjut ke foto terakhir, sengaja memperlihatkan mesin RB26DETT yang digendong oleh R33 untuk menarik minat peserta lelang. Secara spek, mesin 2.600cc enam silinder segaris yang dipasangkan dengan teknologi twin turbo ini dalam keadaan standar mampu mengeluarkan tenaga puncak 280 PS dan torsi maksimum 353 Nm.

Tetapi dalam foto, terlihat intake dan radiator kemungkinan besar sudah di modif, sehingga tenaga sepertinya jauh meningkat.

Baca juga: Nissan Kicks 2022 Muncul di China, Pakai Mesin Bensin 1.500 Cc dan Desain Fresh

Nissan GTR R34 Standar Tetap Keren

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 05

Nissan GTR R34

Populasi GTR R34 saja sudah sangat langka di Indonesia, tentunya para kolektor dan petrolhead yang antusias pasti mengincar mobil satu ini. Berbeda dari R33 yang mendapatkan julukan Godzilla dari ajang balap, nama R34 melambung berkat hadirnya mobil ini dalam film Fast and The Furious pada tahun 2003 dan 2005. 

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 06

Lengkap dengan nomor mesin

Di foto pertama menampilkan kondisi mobil eksterior mobil, terlihat standar dan dalam keadaan yang baik. R34 ini berwarna putih mutiara dan dibuat tahun 2000.

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 07

Nomor sasis R34

Foto kedua dan ketiga memberi informasi soal nomor sasis mobil, yang tertulis BNR34-400936. Sama seperti R33, nomor ini adalah nomor kode bodi di generasi R-34.

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 08

Sedikit foto interior, terawat

Berbeda dari unit R33 yang tidak memiliki foto interior, di unit lelang R34 ini terdapat satu foto interior. Memperlihatkan kondisi kabin yang masih standar, dan terlindung karena menggunakan seat cover plastik.

Sayangnya di unit lelang R34, foto mesin tidak ikut dipublikasikan, meskipun sebetulnya sama persis dengan tipe R33, yakni RB26DETT. Bedanya di versi R34 memiliki tenaga maksimum 334 PS.

Baca juga: Pilihan Mobil CBU Bekas Budget Rp100 Jutaan, Dijamin Gak Pasaran di Jalan!

Ada Persyaratan Lelang, Belum Ada Surat

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 09

Biaya jaminan wajib 

Bagi kalian yang ingin mengikuti lelang, wajib untuk menyetorkan uang jaminan. Hal ini diperlukan sebagai tanda masuk peserta lelang. 

Masing-masing sejumlah Rp190 juta untuk unit R33, dan Rp212 juta untuk tipe R34. Besaran ini ditentukan oleh pihak Bea Cukai dan wajib disetorkan satu hari sebelum acara, tepatnya di tanggal 11 Oktober 2021

Selain uang jaminan, peserta juga wajib melakukan bid dengan nilai limit, yakni besaran nilai lelang awal. Unit lelang R33 memiliki nilai limit lelang di angka Rp470 Juta, dan untuk R34 berada di angka Rp529 Juta. Rencananya lelang akan dilakukan secara close bidding.

Bea Cukai Lelang Dua Unit Nissan Skyline GT-R di Bawah Harga Pasaran, Ada yang Minat? 10

Nilai limit juga penting

Perlu dicatat bahwa kedua mobil ini belum memiliki surat-surat, sehingga perlu mengurus ke bagian samsat di daerah pemenang nantinya. Perhitungkan pula proses pengurusan mobil-mobil dari Batam yang hendak dibawa ke daerah atau pulau lain. Sebab ada persyaratan khusus untuk hal ini.

Jika memang tertarik, calon peserta lelang dapat langsung melihat unitnya di Tempat Penimbunan Pabean KPU BC Tipe B Batam. Berlokasi di Dermaga Bea Cukai Batam di Jalan Brigjen Katamso, Km 8, Kelurahan Tanjung Uncang, Kota Batam

Baca juga: Inikah Calon Penerus Nissan Evalia? Siap Dirilis Tahun Depan

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Nissan Z Proto International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru