window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bisa Self Healing, Segini Biaya Cat Ulang Mercedes-Benz di Bengkel Resmi

Dito · 23 Des, 2022 17:00

Bisa Self Healing, Segini Biaya Cat Ulang Mercedes-Benz di Bengkel Resmi 01

Mempunyai mobil Mercedes-Benz tentu akan terbayang biaya perawatan yang mahal. Apalagi tinggal di kota padat membuat mobil lebih mudah baret tersenggol kendaraan lain. Lantas berapa biaya cat ulang Mercedes-Benz di bengkel resmi?

Sebagai produk premium, tentu kualitas Mercedes-Benz bukan kaleng-kaleng. Mulai dari mesin, kaki-kaki, fitur keselamatan dan kenyamanan, hingga cat yang digunakan. Termasuk saat ingin melakukan cat ulang, bengkel resmi punya prosedur yang ketat.

Harga Cat Ulang di Bengkel Resmi Mercedes-Benz

Bisa Self Healing, Segini Biaya Cat Ulang Mercedes-Benz di Bengkel Resmi 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });


Harga yang dibanderol untuk cat ulang tidak ada  hitungan pasti. Menurut Presiden Direktur PT. Suri Motor Indonesia (SMI), Maryanti, sebagai bengkel resmi Mercedes-Benz di Indonesia, perkiraan harganya sekitar Rp 2,5 jutaan per-panel. 

“Kalau untuk cat ulang biaya per-panel itu sekitar Rp 2,5 juta. Tapi pengecatan itu kan ada hitung-hitungannya, kalau kerusakannya parah masih bisa lebih mahal,” ujarnya dalam acara peresmian Body Repair and Paint SMI di Jakarta, Rabu (21/12) lalu.

Maryanti menambahkan bahwa setiap kerusakan baik cat maupun struktur bodi mobil Mercedes-Benz harus dilihat case by case. Ini melihat dari tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Baca juga : Mercedes-Benz Resmikan Bengkel Body and Paint Keenam Berstandar Internasional, Bisa Buat Perbaikan Berat

Bisa Self Healing, Segini Biaya Cat Ulang Mercedes-Benz di Bengkel Resmi 01

Cat Ulang Mercedes-Benz Bisa Self Healing 

Adapun untuk cat yang digunakan pada bengkel resmi di SMI bernama Sikkens dari AkzoNobel. Menurut Strategic Account Manager AkzoNobel Indonesia, Irfan Saresa, cat ini sudah digunakan oleh pabrikan Mercedes-Benz juga bengkel resmi di Indonesia.

Irfan memaparkan bahwa dalam proses pengecatan di bengkel resmi melalui 6 lapisan yang tidak boleh satupun terlewatkan. Mulai dari lapisan pertama bar metal, lalu primer, putty, surfacer, base coat dan diakhiri dengan clear coat.

Baca juga : Kemenperin Perintahkan Mercedes-Benz Produksi dan Ekspor Mobil Listrik Buatan Indonesia

Bisa Self Healing, Segini Biaya Cat Ulang Mercedes-Benz di Bengkel Resmi 02

“Kalau di bengkel umum biasanya tahapan primer sering dilewatkan untuk menekan cost. Padahal ini lapisan paling penting dalam pengecatan. Kami boleh katakan cat yang digunakan punya durabilitas dan ketahanan gores,” ungkap Irfan.

Irfan pun mempraktekan sebuah pintu yang sudah dicat ulang dan digores cutter seolah ada baret halus. Lalu dipanaskan yang seolah dari sinar matahari, dalam beberapa menit baret halus tersebut hilang.

Baca juga : Polisi Punya Mobil Komando Berbasis Mercedes-Benz Sprinter, untuk Apa Ya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Mercedes-Benz C-Class C 200 AMG Final Edition

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil