window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual

Evan · 6 Okt, 2021 10:02

Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual 01

Sambil menunggu peluncuran generasi ketujuh Civic Type R yang makin dekat, Honda memberikan bocoran melalui dua gambar teaser resmi berupa sebuah protitipe dengan balutan kamuflase. Meski ditutup stiker, tetapi garis-garis desain pada mobil mulai kelihatan.

Rumor yang beredar mengatakan bahwa Civic Type R ini adalah model bermesin pembakaran (ICE) terakhir Honda yang akan dijual di Eropa. Karena sebelumnya pabrikan asal Jepang ini telah berkomitmen untuk memulai era elektrifikasi.

Alasan Honda sampai rela mengubah format Civic Type R menjadi hybrid sebetulnya selain karena market yang mulai berubah, semenjak generasi ketiga (FK2) diluncurkan, seluruh Honda Civic Type R dibangun pada pabrik yang berada di Swindon, Inggris. Sehingga tak ayal Honda tak bisa lepas dari regulasi yang mengikat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Makanya soal performa di generasi terbaru Type R, besar kemungkinan Honda akan jor-joran dengan memasukkan mesin yang bertenaga mendekati 350 PS atau lebih. Begitu pula soal handling dan braking yang makin mantap.

Baca juga: Bocoran 3 Mobil Baru Honda, Dari City Hatchback hingga HR-V RS 1.5 Turbo!

Pendekatan Honda Civic Type R 2022 Lebih Dewasa

Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual 01

Tetap sporty, tetapi tidak berlebihan

Banyak komplainan soal tampilan Type R generasi keenam yang seakan tidak cocok dengan wibawa Civic. Nah di model prototipe ini bisa kita lihat, Honda mengerti masukan dari pemilik, sehingga merubah total pendekatan dalam mendesain paket-paket aero di bagian eksterior mobil.

Di bagian depan, bukaan gril menjadi lebih besar dari model Hatchback, meskipun model lampu masih sama persis. Ventilasi udara yang ada di kap mesin Type R generasi keenam juga dihapus Honda, diganti dengan bukaan intake lewat gril bawah yang makin lebar.

Overfender tambahan juga memastikan bahwa ban tapak lebar bisa masuk, memberikan grip ekstra di jalan licin atau trek.

Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual 02

Pakai sayap belakang model baru

Berlanjut ke samping, perubahan paling besar dibandingkan model hatchback adalah pengunaan pelek berdiamater besar, kemungkinan 20 atau 21 inci dengan model palang lima.

Dibaliknya bersembunyi rem Brembo dengan kaliper yang dicat merah. Tak lupa tambahan side skirt dan small air vents untuk mengalirkan tekanan udara dari roda depan.

Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual 03

Lubang knalpot tetap tiga, khas Type R

Sisi belakang juga mendapat ubahan yang sama banyaknya seperti di depan. Spoiler belakang berganti  menggunakan model baru yang menempel pada pilar D, tidak lagi pada bibir bagasi.

Bempernya juga model baru, lengkap dengan diffuser dan knalot tiga buah yang sudah jadi ciri khas Type R sejak generasi keenam. Sisanya boleh dibilang sama persis dengan versi Hatchback, yakni lampu belakang model menyatu dan wiper standar.

Baca juga: Dikasih Mesin Turbo, Jadi Segini Harga Honda HR-V 1.5T RS CVT

Masih Pakai Transmisi Manual, Tenaga Meningkat

Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual 04

Hanya menggunakan transmisi manual

Di era dimana hampir semua mobil performa tinggi menggunakan transmisi Dual Clutch yang konon katanya lebih sigap, Honda tetap mempertahankan opsi manual 6 percepatan untuk mendapatkan rasa berkendara yang lebih menggugah dan juga menyenangkan.

Juga tetap menghadirkan penggerak roda depan sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari model Type R.

Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual 05

Mesin 2.000cc Turbo K20C1 

Soal urusan dapurpacu, Honda Civic Type R terbaru masih dilengkapi dengan mesin 2.000cc empat silinder Turbo K20C1 yang bertenaga 320 PS dan torsi maksimum 400 Nm, tetapi ada sedikit upgrade dari Honda sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Tentunya mesin turbo ini akan dikombinasikan dengan pengaturan suspensi dan rem yang lebih baik dari sebelumnya, menghasilkan pengendaraan yang lebih lincah.

Mengincar Rekor Nurburgring untuk Penggerak FWD

Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual 06

Rekor FWD tercepat di Nurburgring 

Sudah pasti Honda mengincar rekor FWD di Nurburgring milik mereka yang diambil oleh Renault Megane Trophy R pada 2019 lalu. Civic Type R generasi keenam sendiri mencatatkan waktu 7 menit 43 detik 8 detik, dan telah menjadi pemegang rekor untuk mobil penggerak depan tercepat selama dua tahun berturut-turut. 

Sedangkan catatan waktu Renault sendiri 7 menit 40 detik, alias lebih cepat tiga detik. Akan sangat menarik melihat Honda Civic Type R 2022 merebut gelar dari Renault Megane.

Baca juga: Sebentar Lagi Honda City Hatchback Bakal Punya Fitur Honda Sensing di Indonesia!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic Type R 6-Speed MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil