window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Aman, Fitur ADAS di Wuling Almaz RS Juga Bikin Berkendara Gak Cepat Capek

Prasetyo · 31 Mei, 2022 18:08

Bukan Cuma Aman, Fitur ADAS di Wuling Almaz RS Juga Bikin Berkendara Gak Cepat Capek 01

  • Wuling Almaz RS memiliki fitur keselamatan ADAS.
  • Teknologi ini berfungsi mencegah terjadinya kecelakaan fatal di jalan.
  • ADAS juga membantu meningkatkan kenyamanan bagi pengemudinya.

Wuling Almaz RS tergolong sebagai kendaraan pintar. Bagaimana tidak, SUV ini dilengkapi sederet fitur-fitur canggih. Satu diantaranya ADAS (Advanced Driver Assistance System). Sebuah paket perangkat keselamatan aktif untuk membuat pengemudinya terhindar dari risiko terlibat kecelakaan di jalan.

Wuling membagi fitur ADAS ini dalam empat kategori. Pertama Adaptive Cruise yang terdiri atas Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Kedua adalah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Ketiga ada Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), serta Collision Mitigation System (CMS). Yang terakhir adalah Automatic Light, berupa Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bukan Cuma Aman, Fitur ADAS di Wuling Almaz RS Juga Bikin Berkendara Gak Cepat Capek 01

Fitur ADAS membantu pengemudi Wuling Almaz RS

Nah deretan fitur-fitur ini tentu saja akan membuat pengemudi Wuling Almaz RS jadi lebih dimudahkan saat berkendara. Sebab ketika terjadi potensi bahaya kecelakaan, maka sistem di kendaraan bakal langsung memberi peringatan, bahkan melakukan reaksi otomatis yang diklaim bisa mendahului reflek manusia.

Nah fitur-fitur ini bukan cuma sangat membantu pada saat berkendara di jalan tol luar kota loh, namun juga memberikan tambahan peringatan dini ketika melaju di perkotaan dengan kondisi traffic yang padat. Sehingga pengemudi jadi tidak cepat lelah.

Baca juga : Diskon Sampai Rp28 Juta, Wuling Almaz RS Bisa Dicicil Cuma Rp6 Jutaan per Bulan

Cara Kerja Fitur ADAS di Wuling Almaz RS

Bukan Cuma Aman, Fitur ADAS di Wuling Almaz RS Juga Bikin Berkendara Gak Cepat Capek 02

Ada senosr dan kamera untuk menunjang kerja sistem ADAS

Seperti halnya perangkat keselamatan aktif lain seperti Honda Sensing atau Toyota Safety Sense (TSS), ADAS pada Almaz RS juga membutuhkan sensor yang juga ditambah kamera. Tujuannya mendeteksi kendaran atau objek lain di sekitar mobil secara real time.

ADAS dikembangkan untuk mengotomatisasi, mengadaptasi, serta meningkatkan teknologi kendaraan demi keselamatan dan aspek berkendara yang lebih baik. Peranan ADAS adalah membantu pengemudi ketika melakukan kesalahan saat berkendara yang sering kali jadi penyebab utama kecelakaan.

Fitur ADAS Buat di Dalam Kota

Bukan Cuma Aman, Fitur ADAS di Wuling Almaz RS Juga Bikin Berkendara Gak Cepat Capek 03

ADAS mambantu pengereman darurat

Dibekali dengan fitur pintar ini, maka sesungguhnya pengemudi seperti selalu didampingi oleh asisten pribadi ketika berkendara. Misalnya pada saat tiba-tiba ada orang atau pesepeda melintas tepat di depan kendaraan Anda, maka fitur Automatic Emergency Braking akan melakukan pengereman darurat otomatis dibantu dengan Intelligent Hydraulic Braking Assist untuk memperbesar gaya pengereman jika pengemudi tak mencukupi saat menginjak pedal rem.

Lalu apabila jarak kendaraan di depan terlalu berbahaya, maka sistem Forward Collision Warning juga akan memberi peringatan untuk menjaga jarak aman. Kalau pun ternyata tabrakan tak terhindarkan, Collision Mitigation System akan langsung mengurangi kecepatan mobil demi mencegah kerusakan lebih parah.

Bukan Cuma Aman, Fitur ADAS di Wuling Almaz RS Juga Bikin Berkendara Gak Cepat Capek 04

Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan

Ketika berkendara di jalan lenggang pun sistem akan bekerja lebih ekstra. Misalnya ada Lane Departure Warning yang akan memberi peringatan ketika kendaraan melewati lajur marka jalan tanpa dikehendaki.

Kemudian juga ada Adaptive Cruise Control dimana kecepatan kendaraan bisa menyesuaikan dengan jarak kendaraan di depannya. Serta pada saat memasuki jalan menikung fitur Bend Cruise Assist akan otomatis mengurangi kecepatan kendaraan.

Tuh kan... mengemudi dengan Wuling Almaz RS gak bikin cepet capek!

Baca juga : Harga Wuling Almaz RS Lebih Mahal Rp6 Jutaan Dari Honda HR-V 1.5 S, Fiturnya Unggul yang Mana?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil