window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bus ALS Siap Jadi Raja Paket, Tambah Armada Pakai Mercedes Benz OH 1626 dengan Bagasi Loss

Enda · 22 Jan, 2022 09:00

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626 dengan body Jetbus 3+ MHD sedang tahap penyelesaian di bengkel karoserie Adiputro - Malang

Perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi angkutan penumpang darat dan barang, PO Antar Lintas Sumatera (ALS) hingga kini masih setia menggunakan produk jenama Negeri Bavaria, yakni Mercedes Benz untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Kali ini, ALS menambah armada dengan sasis bus Mercedes-Benz OH 1626 yang bodinya digarap oleh Karoseri Adi Putro, Malang. 

Perlu kalian ketahui, di Tanah Air nama ALS sendiri sudah sangat melegenda. Bagaimana tidak, perusahaan yang didirikan pertama kali pada tahun 1966 di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatra Utara tersebut, hingga kini masih tercatat sebagai PO yang memiliki trayek terpanjang di Indonesia.

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

ALS satu-satunya bus dengan trayek terpanjang di Indonesia, Medan - Jember PP

Tercatat, trayek terjauh yang dilakoni bus ini adalah Medan – Jember PP dimana jika dilihat melalui peta dalam melakukan satu kali perjalanan menempuh jarak sekitar 2.500 km dengan waktu tempuh 4 – 5 hari.

Bicara PO ALS, baru-baru ini terlihat melalui grup Facebook Karoserie Adiputro Lovers, salah satu armada terbarunya dipastikan akan rilis dalam waktu dekat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

Armada terbaru ALS dengan nomor pintu 388 sedang dalam tahap penyelesaian

Ditopang menggunakan sasis anyar dari pabrikan berlogokan bintang bersegi tiga bermodelkan space frame, yakni Mercedes Benz OH 1626, di dalam frame terlihat armada terbarunya dibalut menggunakan body jenis Jetbus 3+ MHD (Medium High Deck) garapan Adiputro – Malang. Terlihat juga bus ALS dengan nomor pintu 388 tersebut saat ini dalam tahap perapihan seperti pemasangan kaca dan kelengkapan interior.

Baca juga: Bus Listrik di Indonesia Bisa Ramai, Tapi Nasibnya Jangan Seperti Bus CNG

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

Bus ALS sering membawa barang diatasnya ditutupi dengan terpal

Seperti yang kita tahu, bus ALS dalam kegiatan bisnisnya tidak hanya fokus membawa penumpang saja. Di jalan, bus ini juga seringkali terlihat dimuati barang berupa paketan baik di bagasi, kabin penumpang, serta atap yang ditutupi terpal berwarna biru.

Dengan tambahan armada baru Mercedes Benz OH 1626 yang memiliki bagasi loss, ALS lebih siap menjadi raja paket untuk wilayah Pulau Sumatera dan Jawa khususnya.

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

Perancangan bus ALS terbaru dengan sasis Mercy OH 1626 oleh body builder Adiputro, Malang 

Seperti yang ditulis akun Facebook bernama Rafly Rusady, dirinya berkomentar, “Gak perlu lagi naruh paket di atap bus…...”

“Bagasi full tembus,” balas Tegar Dwi Gunawan di dalam forum.

“bagasi bawah bisa muat motor,” timpal akun Bernama Hardy Utama.

“Bagasinya luas jadi gk ada tenga biru di atas lagi,” sambung Viky Ardian.

“Asyik kayanya motor yang biasanya di angkut di atas Mesin AC sekarang dah punya bagasi motor sendiri” tulis Andre Agustino.

Baca juga: Mengenal Sosok Mercedes-Benz OH 1525, Bus Elektrik Mercy yang Sulit Menyamai Keandalan Si Kuler Jahat

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

Bus Mercedes Benz OH 1626 memiliki bagasi tembus di kedua sisinya

Selain nyaman berkat disematkan suspensi udara, sasis bus Mercedes Benz OH 1626 tentunya memiliki keunggulan pada bagasinya yang luas. Tak hanya ALS, beberapa PO bus ternama yang juga menggunakan sasis ini bukan cuma dapat membawa paket serta barang bawaan penumpang dengan mudah.

Seperti yang sering dijumpai, bus ini juga bisa dimanfaatkan untuk membawa sepeda motor dalam kondisi tegak tanpa harus mencopot roda. Dengan begitu sesampainya ditujuan penumpang hanya cukup menurunkan motor dari bagasi lalu kembali melanjutkan perjalanan sesuai dengan tujuan.

Mercedes Benz OH 1626 Bermodalkan Mesin Diesel 6.3L dengan Tingkat Durabilitas Tinggi

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

Mesin OM 906 LA pada Mercedes Benz OH 1626

Mercedes Benz OH 1626 sendiri dibekali mesin berstruktur RR (Rear Engine Rear Drive), yakni kendaraan dengan mesin yang terletak pada bagian belakang dengan roda belakang sebagai penggerak.

Menurut spesifikasinya, Mercedes Benz OH 1626 dibekali mesin OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Cylinder in-line, direct injection with a turbo charger and intercooler, common-rail berkubikasi 6.374 cc dengan menghasilkan tenaga sebesar 262 PS @ 2.200 rpm serta torsi puncak 950 Nm @1200-1600 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, mesin yang digunakan tersebut dikawinkan dengan transmisi G 85 – 6 Manual, 6-speed forward.

Selain dengan transmisi manual, Mercedes Benz OH 1626 juga ditawarkan pilihan sistem percepatan otomatis 6-speed tipe Allison T280 yang mana untuk pengoperasiannya hanya dengan menekan tombol atau tuas dengan dilengkapi opsi retarder hidraulik untuk mendukung sistem pengeremannya.

Torsi mesinnya yang relatif tinggi dapat diperoleh pada putaran rendah membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Bicara kecepatan maksimal, jarum pada speedometernya diketahui mencapai 120 km/jam.

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

Kapasitas oli yang lebih banyak dibanding pesaingnya, membuat mesin tidak mudah aus dan jebol

Sebagai kelebihannya, Mercedes Benz OH 1626 memiliki kapasitas oli sebanyak 29 liter plus intercooler. Dengan begitu mesin tidak mudah aus maupun jebol meskipun sering digunakan jarak jauh. Kelebihan lain, ketika dipacu secara konstan dalam kecepatan tinggi, mesin bus tidak akan mudah overheat karena secara volume oli cukup untuk melumasi dan mendinginkan mesin.

Semakin Nyaman, Mercedes Benz OH 1626 Dilengkapi Suspensi Udara

Bus ALS Mercedes Benz OH 1626

Mercedes Benz OH 1626 bulit-in air suspension

Keistimewaan daripada Mercedes Benz OH 1626 adalah ada pada kaki-kakinya. Seperti yang diketahui, bus ini sudah mengadopsi suspensi udara dan sudah built-in dari pabrikan.

Sebagai ganti per daun,  di bagian depan telah diaplikasikan 2 balon udara dan 4 balon udara di belakang. Sebagai informasi, suspensi udara tadi didukung dengan udara bertekanan yang dihasilkan oleh kompresor dan disalurkan melalui katup solenoid.

Dengan begitu, guncangan di dalam bus dapat diminimalisir sehingga ayunannya terasa lebih lembut ketika melewati jalan yang berkontur.

Baca juga: Mercedes-Benz OH 1626 Kini Makin Laris, Apa Rahasianya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil