window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Canggih dan Harga Terjangkau, Deretan Mobil Listrik Wuling Bikin Penasaran Pengunjung IIMS 2024

Herdi · 23 Feb, 2024 08:01

Canggih dan Harga Terjangkau, Deretan Mobil Listrik Wuling Bikin Penasaran Pengunjung IIMS 2024 01

Mobil listrik Wuling terbaru kini muncul kembali di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang disebut Wuling Cloud EV. 

Namun sosok mobil listrik yang masuk segmen hatchback medium ini belum dijual Wuling Motors Indonesia, karena hanya sekadar di pamerkan. 

Akan tetapi kehadiran Wuling Cloud EV menurut Sales & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani Wuling Motors terus berinovasi untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yang lebih hijau di Indonesia. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Daftar Mobil Listrik Wuling di Indonesia, Wuling Cloud EV Melengkapi Lini A B C

Wuling Cloud EV

Wuling Cloud EV diperkenalkan di ajang IIMS 2024, mobil ini disebut akan menjadi hatchback medium.

"Ini merupakan semangat yang memacu kami untuk menginspirasi perubahan menuju masa depan yang lebih hijau melalui lini kendaraan listrik kami," sebut Dian di IIMS 2024. 

Khususnya di Indonesia, Wuling menjadi pabrikan mobil pertama yang menjual mobil listrik dengan harga sangat kompetitif.

Hal inilah yang mendengar nama Wuling, langsung terpikirkan di benak kebanyakan orang adalah mobil listrik.

Baca juga: Intip Spesifikasi Wuling Cloud EV yang Terinspirasi dari Keindahan Awan

Mobil Listrik Wuling Kata Pengujung 

Booth Wuling Motor di IIMS 2024

Suasana booth Wuling Motor di IIMS 2024 tampak ramai karena ingin melihat mobil listrik Wuling Air ev, Wuling BinguoEV dan Wuling Cloud EV

Di IIMS 2024, booth Wuling yang berada di hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, terus didatangi pengunjung, karena rasa penasaran akan sosok mobilnya yang dianggap ramah di kantong. 

Lihat saja, harga mobil listrik Wuling Motors Februari 2024:

  • Air ev-Lite: Rp 190.000.000
  • Air ev-Standar Range: Rp 224.000.000
  • Air ev-Long Range: Rp 275.000.000
  • Binguo-Long Range AC: Rp 317.000.000
  • Binguo-Long Range AC/DC: Rp 326.000.000
  • Binguo-Premium Range AC/DC: Rp 372.000.000 

Wuling Air di IIMS 2024

Wuling Air masih menjadi pusat perhatian para pengunjung di IIMS 2024

Dengan harga yang terjangkau, hal ini pula membuat para pengunjung IIMS 2024 kepincut. Satu diantaranya adalah seorang ibu asal Jakarta, Nani. 

"Awalnya liat Wuling di pameran tahun lalu, makin kesini suami sering lihat Binguo EV, jadi kebetulan emang lagi pengen ganti mobil yang satu untuk jadi mobil listrik," ungkap Nani kepada Autofun.

Nani pun menyebutkan, saat ini dirinya dan suami sangat antusias, meski tak dipungkiri masih memilih mobil listrik keluaran Wuling atau mobil bensin.

Wuling Binguo ev di IIMS 2024

Wuling Binguo EV banyak dikunjungi sejumlah pengunjung di IIMS 2024

Antusias akan mobil listrik juga diakui oleh Pram, dimana harga mobil listrik besutan Wuling Motors dianggapnya semakin terjangkau dibandingkan merek lain. 

"Karena saya di Jakarta, mobil listrik jadi pilihan tepat, apalagi pemerintah sudah kasih insentif, dan rencananya bakal banyak infrastruktur yang dukung kendaraan listrik," ujarny Pram.

Menurut Pram, selain bisa dicas rumah, punya mobil listrik jadi impiannya saat ini karena mobil tersebut juga bisa digunakan sehari-hari, tak terkecuali ketika melintasi wilayah ganjil genap. 

Mobil Listrik Wuling Air ev

Wuling Air ev di IIMS 2024

Wuling Air ev di IIMS 2024

Kehadiran mobil listrik di Indonesia juga tak lepas dari peran, Wuling Motors yang memboyong Air ev pada tahun 2022. 

Dengan desain mungil, Wuling Air ev cukup menyita perhatian, karena selain jadi kendaraan ramah lingkungan, mobil ini juga dianggap memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Bisa dilihat dari desainnya yang futuristis, wujudnya yang kompak, hingga fiturnya jempolan. Istilah kecil-kecil cabe rawit tampaknya pas untuk menggambarkan keberadaan Air ev. 

Meski kecil, mobil memiliki banyak kemampuan dan keistimewaan. Di Ibu Kota Jakarta, Wuling Air ev bebas malang melintang di jalur ganjil genap lantaran tak mengeluarkan emisi sama sekali.

Jarak tempuhnya juga terbilang jauh. Ada dua opsi baterai jenis Lithium Iron Phosphate (LFP) yang ditawarkan pada Air ev yaitu berkapasitas 18 kWh mampu menempuh jarak hingga 200 km, sementara baterai 26,5 kWh sanggup menjelajah hingga 300 km. 

Baca juga: Bisa Bawa Pulang Wuling New Almaz RS Hybrid di IIMS 2024 Cuma Bayar Segini

Interior Wuling Air ev di IIMS 2024

Interior Wuling Air ev di IIMS 2024

Selain itu, Wuling Air ev juga sudah dilengkapi dengan IoV atau atau Wuling Remote Control App, fitur perintah suara pintar berbahasa Indonesia pertama dan satu-satunya di industri otomotif Indonesia yaitu WIND (Wuling Indonesian Command), serta fitur Easy Home Charging yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan pengisian daya dengan mudah. Desain futuristis Air ev tidak hanya nampak dibagian luar. 

Di dalam mobil, terdapat Rotary Gear Selector sebagai pengoperasi transmisi dengan knop putar yang dihiasi chrome ring membuat mobil ini semakin futuristik dan elegan. 

Konsol tengah kendaraan ini juga turut dilengkapi dengan tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding. 

Fitur penunjang keselamatannya juga terbilang lengkap berkat kehadiran anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution, sistem pemantau tekanan ban (TPMS), serta radar untuk mundur. 

Wuling Air ev di IIMS 2024

Wuling Air ev 

Lebih lagi, mobil yang sudah diproduksi di pabrik Cikarang ini juga memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 40%. Penggunaan banyak komponen lokal tersebut membuat Wuling Air ev mendapatkan insentif PPN 10% dari pemerintah. 

Alhasil harga Wuling Air ev yang sudah terjangkau jadi makin terjangkau buat masyarakat Indonesia kebanyakan. Berkat insentif tersebut, ketiga varian Wuling Air ev masing-masing dijual dengan harga Rp 188,9 juta (Air ev Lite), Rp 222 juta (Standard Range), dan Rp 273 juta (Long Range). 

Mobil Listrik Wuling BinguoEV

Wuling Binguo EV dan Air ev 

Wuling Binguo EV dan Wuling Air ev hadir di IIMS 2024

Komitmen Wuling dalam menyajikan kendaraan ramah lingkungan tidak berhenti sampai Air ev. Akhir tahun 2023, Wuling kembali menggebrak pasar kendaraan listrik Indonesia lewat BinguoEV. 

Peluncuran Wuling BinguoEV sejalan dengan upaya pemerintah dalam menekan angka emisi karbon yang mencemari lingkungan. 

Wuling BinguoEV tampil lebih stylish nan klasik, cocok untuk mobilitas para urban. Ukurannya yang kompak, membuatnya mudah dikendarai terlebih di area sempit. 

Wuling BinguoEV

Wuling BinguoEV 

Teknologi di dalam BinguoEV juga lengkap dan menunjang kenyamanan pengendara sepanjang perjalanan. 

Hal itu bisa dilihat dari keberadaan Cruise Control, Electric Parking Brake, hingga keyless entry yang kian praktis. 

Fitur penunjang keselamatan tak kalah lengkap, Wuling menyematkan ESS, HHC, AVH, ABS, EBD, fitur TPMS untuk mengecek tekanan ban mobil di perjalanan, serta rear parking sensor and camera pada BinguoEV. Tak perlu khawatir soal jarak tempuh.

Test Drive Wuling BinguoEV a

Test Drive Wuling BinguoEV di IIMS 2024 ramai dikendarai para pengunjung maupun calon konsumen

Mengusung baterai berjenis LFP bersertifikasi IP67, Wuling menawarkan dua pilihan baterai dengan kapasitas berbeda. Pertama ada baterai 31,9 kWh yang bisa menempuh jarak 333 km.

Satu varian lainnya mengusung baterai berkapasitas 37,9 kWh dengan jarak tempuh hingga 410 km. 

Seperti halnya Wuling Air ev, BinguoEV sangat mudah untuk melakukan pengecasan. Mobil ini memiliki dua opsi pengecasan yaitu AC dan DC Fast Charging.

Lewat DC Fast Charging, mengisi baterai dari 30% hingga 80% hanya memakan waktu sekitar 30-35 menit. 

BinguoEV juga terbilang hemat energi dengan biaya konsumsi sekitar Rp 160 per km. Tak kalah penting, harga BinguoEV juga sangat kompetitif.

Lagi-lagi Wuling menawarkan harga mobil listrik yang ramah di kantong.

Di dalam Wuling BinguoEV, kandungan TKDN-nya mencapai 47,5 persen.

TKDN pada BinguoEV itu juga membuatnya mendapatkan insentif PPN 10%. 

Test Drive Wuling BinguoEV

Wuling BinguoEV saat pertama kali diluncurkan di Indonesia

Dengan demikian Harga BinguoEV ditawarkan mulai Rp 317 jutaan (333 km Long Range-AC), Rp 326 jutaan (333 km Long Range-AC/DC), dan Rp 372 jutaan (410 km Premium Range-AC/DC). 

Kekhawatiran masyarakat akan baterai mobil listrik juga dijawab Wuling lewat garansi seumur hidup.

Pertama kalinya di Indonesia pabrikan yang memberikan garansi seumur hidup pada mobil listrik adalah Wuling. 

Semula Adapun garansi seumur hidup itu diberikan pada komponen inti seperti power battery, drive motor, dan motor control unit BinguoEV.

Menyusul setelahnya garansi seumur hidup juga berlaku bagi seluruh varian Air ev.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia