window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Canter Mania Indonesia Community Rayakan Jamnas ke-10 Sekaligus dapat Rekor MURI

Prasetyo · 29 Okt, 2023 18:29

canter mania indonesia community

Ratusan unit truk para member Canter Mania Indonesia Community (CMIC) merayakan Jambore Nasional (Jamnas) ke 10 sekaligus merakayakn 1 Dekade berdirinya CMIC.

Diselenggarakan di Lapangan Desa Kandang Mas, Kudus, Jawa Tengah pada 28-29 Oktober 2023, ada sekitar 500 unit truk yang hadir di acara ini dengan total peserta sekitar 3000 member CMIC dari 67 koridor di seluruh Indonesia.

canter mania indonesia community

Ada 3000 peserta hadir dari 67 koridor CMIC

Tentu saja PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso di Indonesia memberikan dukungan penuh untuk 1 Dekade dan Jamnas ke-10 Canter Mania Indonesia Community kali ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Satu dedakde adalah pembuktia kalau para Canter Mania ini adalah komunitas yang solid, bahkan berbeda dengan komunitas mobil penumpang, kebanyakan mereka ini adlaah para driver, dan mereka rela datang ke acara ini ditengah sulitnya mempertemukan mereka karena kesibukannya," kata Sudaryanto, General Manager, Business Communication KTB saat ditemui di Kudus, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023).

canter mania indonesia community

Ada sekitar 500 unit truk yang datang

Ia juga menambahkan, selain penting karena bagian dari keluarga Mitsubishi Motors, para member CMIC ini dianggap pahlawan untuk banyak hal.

"Tanpa mereka distribusi brang, pangan, beras, dan sebagainya mungkin tidak akan terjadi, kemudian mereka ini juga pahlawan untuk menggaungkan semangan keselamatan berekdara di jalan bagi sesama sopir truk," sebut Sudaryanto.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Ingin Kendaraan Komersial Juga Dapat Subsidi Mobil Listrik dari Pemerintah

Bertepatan dengan Hari Jadi Mitsubishi Canter ke-60

canter mania indonesia community

Umumnya truk sudah dimodifikasi

Masih menurut Sudaryanto, perayaan Jamnas CMIC tahun ini menjadi lebih spesial karena bertepatan dengan hari jadi Mitsubishi Canter yang ke-60 secara global.

Truk Kepala Kuning ini tercatat telah diproduksi lebih dari 4,5 juta unit dan dijual secara global di 70 negara, selama 6 dekade guna menjadi kendaraan yang tangguh mendukung operasional bisnis konsumennya. 

canter mania indonesia community

Dihias dengan berbagai tema menarik

Di Indonesia, pada tahun lalu Canter bertranformasi dengan menggunakan teknologi Euro4 yang ramah lingkungan dan mendapatkan respon positif dari konsumen dan telah terjual lebih dari 40.000 unit. 

Mitsubishi Fuso, sebagai market leader di pasar truk di Indonesia, memiliki komunitas menjadi ajang bagi pengguna untuk dapat bertukar informasi, berhubungan antar para pengguna dan juga saling memberikan dukungan satu sama lain. 

Baca juga: Fuso Fighter X Mining Equipment Ver. 2 Resmi Meluncur, Spek Tambang Makin Menantang

Canter Mania Indonesia Community Dapat Rekor MURI

canter mania indonesia community

Ada parade truk keren Canter

Jamnas ke-10 CIMIC dilaksanakan dalam 2 hari dengan berbagai rangkaian acara. 

Di hari pertama para peserta menghadiri Tabligh Akbar dimana sebagai ajang sosialisasi antara para anggota komunitas dengan warga setempat bersama KH. Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah). 

Kemudian di hari kedua sebagai acara puncak, dimulai dengan rangkaian acara karnaval iring-iringin parade 25-unit truk keren Canter mengelilingi jantung kota Kudus.

canter mania indonesia community

Banyak yang diberi lukiasan Gus Miftah

Kegiatan ini dimulai dari dealer Bumen Redja Abadi, Kudus di Jalan Lingkar Luar mengitari alun-alun dan pusat kota menuju lokasi acara puncak Jamnas di Lapangan Desa Kandang Mas.

Kemudian dalam acara ini juga diberikan Piagam Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) kepada Canter Mania Indonesia Community (CMIC) untuk ketagori Lukisan Satu Tokoh di Truk Terbanyak, yaitu lukisan wajah Gus Miftah.

Baca juga: Sssttt... Ternyata Banyak Pengusaha Borong Truk Fuso di GIIAS 2023

canter mania indonesia community

Dapat Rekor MURI

Toni selaku Pengurus Pusat CMIC menjelaskan, pada acara Jamnas kali ini, ada peserta dari pulau di luar Jawa, seperti Bali, Jambi, dan Padang.

"Tujuan mereka datang untuk bersilaturahmi, supaya ketika mereka bertemu di jalan, mereka tetap merasa seperti keluarga," katanya.

Ia juga mengaku sangat antusias menyambut Jamnas kali ini, mengingat hampir 3 tahun belakangan, penyelenggaraan serupa urung dilaksanakan akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

canter mania indonesia community

Ada promo servis dan sales juga

Didukung oleh tiga dealer resmi Mitsubishi Fuso yang berada di kota Kudus yaitu PT. Sun Star Motor, PT. Bumen Redja Abadi, dan PT. Gunung Muria, Mitsubishi juga menyediakan tiga unit Fuso Canter Euro4 yang bisa dijajal pada Canter Mania.

Selaon itu ad ajuga stand service on site, ada tiga unit Mobile Workshop Service yang siap melayani unit Canter para peserta yang membutuhkan perbaikan dan perawatan di lokasi acara. 

Berbagai promo service dan suku cadang resmi dari Mitsubishi Fuso juga dihadirkan dalam acara ini sehingga peserta yang hadir dapat memanfaatkan momen acara Jamnas CMIC ini untuk dapat membeli dengan harga khusus. 

@autofun.indonesia Main-Main ke Jamnas Canter Mania Indonesia Community di Malang #reviewmobil #reviewtruk #cantermania ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi L300 Cab Chasiss 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil