Deretan Medium SUV Terlaris Selama Mei 2021, Wuling Almaz Kembali Mengalahkan Honda CR-V

Enda · 15 Jun, 2021 14:30

Deretan Medium SUV Terlaris Selama Mei 2021, Wuling Almaz Kembali Mengalahkan Honda CR-V 01

Melihat data penjualan Medium SUV di Indonesia selama Mei 2021, secara wholesales (pabrik ke dealer) yang dihimpun dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling Almaz kembali bertengger diurutan pertama dengan total angka penjualan mencapai 1.120 unit.

Sama seperti bulan sebelumnya, di segmen ini penjualan terlaris berikutnya disusul oleh Honda CR-V pada urutan keduanya.

Berikut adalah rangkuman deretan medium SUV terlaris selama Mei 2021.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga: Mobil Terlaris di Indonesia Mei 2021 : Mitsubishi Xpander di Posisi Pertama, Toyota Raize Kalahkan Daihatsu Sigra

1. Wuling Almaz

Deretan Medium SUV Terlaris Selama Mei 2021, Wuling Almaz Kembali Mengalahkan Honda CR-V 01

Wuling Almaz kembali menempati posisi pertama sebagai Medium SUV terlaris selama Mei 2021

Meski mobil China, kenyataannya Wuling Almaz mampu menarik hati masyarakat Indonesia. Hal ini diketahui berdasarkan data penjualan dari pabrik ke dealer, salah satu produk unggulan Wuling ini mampu mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.120 unit selama Mei 2021.

Tentunya angka penjualan yang diraihnya ini meningkat 213 unit dari bulan sebelumnya yang berhasil terjual 907 unit.

Bagi kalian yang belum tahu, Almaz ini ditawarkan dengan fitur menarik seperti smart Voice Command (WIND) yang mana bisa mengoperasikan beragam fitur dengan perintah suara. Mengenai Almaz RS, mobil ini mendapat serangkaian teknologi yang terdepan dikelasnya.

Seperti Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE sendiri terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Bicara jantng pacunya, Wuling Almaz ditanamkan mesin 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger yang dapat menghasilkan tenaga hingga 142 PS @5.200 rpm serta torsi maksimal 250 Nm @1.800-3.600 rpm. Untuk dapat menjalankan mobil, putaran mesin yang dihasilkan tersebut kemudian ditranslasi ke roda depannya menggunakan transmisi CVT 8-percepatan.

2. Honda CR-V

Deretan Medium SUV Terlaris Selama Mei 2021, Wuling Almaz Kembali Mengalahkan Honda CR-V 02

Honda CR-V berada diposisi kedua sebagai Medium SUV terlaris selama Mei 2021

Diposisi kedua setelah Wuling Almaz, penjualan terlaris selama Mei 2021 ditempati oleh Honda CR-V. Tercatat SUV flagship pabrikan berlogokan ‘H’ tegak ini berhasil dikirimkan sebanyak 658 unit.

Angka yang diraihnya ini menurun dari bulan sebelumnya yang mampu terjual 694 unit.

Honda CR-V juga diketahui memiliki fitur unggulan yang tak kalah menarik. Fitur terbaru berupa Honda SENSING yang ada di mobil ini sudah mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Oh iya, CR-V ditawarkan mesin 1.5L turbo dengan tenaga lebih besar dari Almaz. Secara data di atas kertas, mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW mampu melecutkan tenaga hingga 120 PS @6.600 rpm di angka torsi mencapai 145 Nm @4.600 rpm yang dikawinkan dengan transmisi CVT dan manual 6-percepatan.

3. MG HS

Deretan Medium SUV Terlaris Selama Mei 2021, Wuling Almaz Kembali Mengalahkan Honda CR-V 03

MG HS berada diposisi ketiga sebagai Medium SUV terlaris selama Mei 2021

SUV China dengan cita rasa Inggris, MG HS selama Mei 2021 ini mampu meraih angka total penjual secara wholesales sejumlah 70 unit. Angka penjualan yang diraihnya ini lebih sedikit dari bulan April yang terjual sebanyak 73 unit.

Hal tersebut membuat mobil asal China ini mampu memposisikan dirinya pada urutan ketiga sebagai Medium SUV selama periode ini.

Sama seperti Almaz dan CR-V, MG HS telah memakai mesin dengan dorongan turbo untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Secara spesifikasi, mesin 1.5L 4-silinder 16 katup DOHC TGI 1.490 cc dengan turbocharged ini dapat meletupkan tenaga 162 PS @ 5.600 rpm serta torsi maksimal 250 Nm @1.700 dan 4.400 rpm.

Baca juga: Bisa Bahasa Indonesia, Fitur Voice Command WIND di Wuling Almaz RS Tetap Ungguli Smart Command MG HS i-SMART

4. Mitsubishi Outlander

Deretan Medium SUV Terlaris Selama Mei 2021, Wuling Almaz Kembali Mengalahkan Honda CR-V 04

Mitsubishi Outlander berada diposisi keempat sebagai Medium SUV terlaris selama Mei 2021

Jika bulan April kemarin Mitsubishi Outlander mampu menempati posisi keenam sebagai mobil terlaris, dengan angka penjualan 13 unit dari pabrik ke dealer, maka selama bulan pertama dikuartal kedua tahun ini Outlander hanya terjual 11 unit.

Meski total unit yang terjual lebih sedikit, pada periode ini Outlander mampu menempati peringkat keempat penjualan terlaris.

Mitsubishi Outlander sendiri dibenamkan mesin 2.360 cc berkodekan 4B12 2.4L DOHC MIVEC EURO6C yang meraih tenaga hingga 128 PS @4.500 rpm dengan torsi 199 Nm @4.500 rpm.

Outlander PHEV 2.4L hadir dengan dua motor penggerak. Dengan motor penggerak depan model S61, mobil ini dapat menghasilkan putaran 82 PS @5.500–6.000 rpm dan torsi 137 Nm@0 - 4.000 rpm.

Sedangnkan motor penggerak belakangnya mampu mengeluarkan tenaga 95 PS @3.500-4.000 rpm serta torsi 195 Nm @0-3.000 rpm.

5. Mazda CX-5

Deretan Medium SUV Terlaris Selama Mei 2021, Wuling Almaz Kembali Mengalahkan Honda CR-V 05

Mazda CX-5 berada diposisi kelima sebagai Medium SUV terlaris selama Mei 2021

Sebagai Medium SUV yang terlihat begitu atraktif dan sporty, data penjualan Mazda CX-5 selama Mei 2021 berhasil dikirimkan sebanyak 50 unit dari pabrik ke dealer.

Total angka penjualan yang diraihnya ini terbilang kurang memuaskan bila dibandingkan dengan April kemarin yang terjual sebanyak 171 unit.

Mengenai varian teranyarnya yang diluncurkan pada tahun ini, CX-5 GT  disematkan teknologi terbaru pada mesinnya yang kini mendapatkan mode cylinder deactivation. Teknologi canggih ini memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan.

Mode ini bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin, sehingga mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar yang dihasilkan ketika fitur ini aktif mencapai angka 5-15 persen. Tidak ketinggalan fitur i-Stop yang bertugas untuk menghentikan fungsi kerja mesin pada saat kendaraan berhenti.

Sedikit informasi, CX-5 GT memiliki fitur Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), layar information meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya yang kini menjadi 7 inci dan BOSE dengan 10 speaker premium sound system yang dapat memberikan kualitas suara unggul. SUV ini juga mendapatkan model kunci terbaru dari Mazda yang disebut “7-G Models Key-fob”.

6. DFSK Glory I-Auto

Deretan Medium SUV Terlaris Selama Mei 2021, Wuling Almaz Kembali Mengalahkan Honda CR-V 06

DFSK Glory I-Auto berada diposisi keenam sebagai Medium SUV terlaris selama Mei 2021

Jika pada bulan keempat tahun ini DFSK Glory I-Auto mampu mencatatkan angka penjualan mencapai 22 unit, maka pada Mei 2021 mobil ini hanya berhasil terkirimkan 7 unit saja.

Perlu kalian ketahui, DFSK Glory i-Auto mendapat fitur perintah suara (Voice Command) yang diberi nama i-Talk.

Fitur i-Talk dapat menerima 100 perintah suara, dari sebelumnya hanya 59 perintah suara yang tersambung dengan Phone Connection, Voice Navigation, Media Command, Car Feature Voice Control, sampai Connectivity. Perintah-perintah suara ini ditambahkan sesuai dengan kebiasaan dan ucapan-ucapan yang familiar diperintahkan oleh konsumen di Indonesia.

Melihat jantung mekanis yang digunakan, mobil ini dibenamkan mesin 1.5L yang dikawinkan turbocharged dengan performa tinggi mencapai 150 PS @5.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 220 Nm @1.800-4.000 rpm. Putaran mesin yang dihasilkan tersebut dialirkan melalui transmisi CVT yang kemudian digerakan oleh kedua roda didepannya.

Baca juga: Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru