window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Detil Wuling Hongguang Mini EV Macaron 2024 Diungkap, Air ev Facelift Menyusul?

Prasetyo · 1 Nov, 2023 17:02

wuling hongguang miniev macaron 2024

Tepat di 1 November 2022 pihak SAIC-GM-Wuling merilis gambar-gambar resmi Wuling Hongguang Mini EV Macaron terbaru 2024.

Hadirnya generasi anyar mobil listrik Wuling paling laris ini diklaim berdasarkan masukan dari jutaan penggunanya, sehingga Wuling bukan hanya merevisi desain eksterior dan interior, namun juga meningkatkan kepraktisan mobil tersebut.

wuling hongguang miniev

Mini EV saat tampil di GIIAS

Meski tidak dipasarkan di Indonesia, namun Wuling Motors (Wuling) juga sempat memamerkan Mini EV Macaron di beberapa pameran otomotif Tanah Air.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mini EV juga yang kemudian menjadi "pemicu" lahirnya Wuling Air ev yang kini juga sukses di segmen kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) di Indonesia.

Baca juga: Gallery Foto: Wuling Mini EV Macaron yang Siap Dipasarkan di Indonesia

Perubahan Eksterior Wuling Mini EV Macaron Terbaru

wuling hongguang mini ev macaron 2024

Perubahan pada bagian eksterior

Secara garis besar, tampilan fisik MiniEV Macaron terbaru tetap identik dengan model sebelumnya, namun tentu saja ada beberapa revisi yang dilakukan Wuling.

Misalnya lekukan pada area lampu utama dan port pengisian daya baterai mendapat perubahan, serta kini di beri nuansa putih namun dengan aksen garis-garis hitam.

Kemudian lekuk bemper depannya juga mengalami gubahan serta aksen baru di bagian plat nomor membuatnya makin terlihat menggemaskan.

wuling hongguang mini ev macaron 2024

Ada 5 pilihan warna eksterior

Perubahan lainnya juga terlihat dari desain wheel dop yang kini pakai dual tone putih dan hitam.

Lantas ada lagi desain baru pada garnish lampu belakang, serta logo Macaron di pilar belakang yang temanya makin imut.

Untuk pilihan warna eksteriornya kini disediakan lima opsi, yakni Light Yellow, Milk Apricot Coffee, Avocado Green, White Peach Powder, dan Iris Blue.

Baca juga: Wuling Hongguang Mini EV 2024 Dapat Penyegaran, Tenaga dan Baterainya Jadi Makin Kuat

Nuansa Kabin Makin Segar

wuling hongguang mini ev macaron 2024

Layout dasbor terbarunya

Serupa dengan tampilan luar, area kabin mobil mungil ini juga mendapatkan beberapa revisi yang membuatnya terlihat lebih segar.

Wuling Hongguang Mini EV Macaron terbaru tetap mempertahankan estetika SMILEY pada desain interiornya.

Ada dua tema warna interior yang ditawarkan, yakni Tofee Milk dan Brownie Black. 

Pada saat yang sama, wuling juga meningkatkan fleksibilitas ruang, material jok, konfigurasi kokpit, dan aspek lainnya secara komprehensif. 

wuling hongguang mini ev macaron 2024

Ada opsi hitam untuk tema interiornya

Mobil ini masih menggunakan roda kemudi palang ganda seperti sebelumnya yang terintegrasi dengan beberapa tombol fungsi termasuk kontrol audio serta telepon. 

Meter clusternya sekarang pakai LCD ukuran lebih besar, kemudian ada head unit baru berukuran 8 inci dengan menu yang lebih lengkap. 

Yang menarik lainnya adalah di bagian bawah dasbor sisi penumpang depan terlihat keberadaan soket pengisi daya tipe USB dan juga dua buah gantungan barang yang bisa dilipat, serta ada ruang penyimpanan berbentuk kotak disebelahnya.

wuling hongguang mini ev macaron 2024

Desain joknya berubah

Perubahan lain yang terlihat di kabin mobil ini adalah lekuk kursi depan dan belakangnya terutama di area sandaran punggung.

Lantas jok belakang juga kini mendukung pelipatan 50:50 sehingga volume bagasi bisa mencpaai 734 liter saat kondisi jok baris kedua ditekuk.

Dengan demikian satu koper ukuran 32 inci, satu koper 28 inci, dan dua koper ukuran 24 inci bisa masuk sekaligus di mobil tersebut.

wuling hongguang mini ev macaron 2024

Ada laci kecil dan soket USB di bagian bawah dasbor

Dalam hal ruang penyimpanan, Wuling kini menyediakan total 15 ruang penyimpanan di Hongguang MiniEV Macaron terbaru.

Ini termasuk 8 kompartemen penyimpanan, 2 cup holder, 2 pengait barang belanjaan, 2 side pocket, dan satu kantong yang dilengkapi jaring untuk meletakkan abrang-barang kecil.

Baca juga: Wuling Hongguang Mini EV atau Toyota C+ POD yang Paling Cocok Buat di Indonesia?

Spesifikasi Baterai dan Motor Listrik Ikut Berubah

wuling hongguang mini ev macaron 2024

Bodinya lebih panjang 147 mm dari model sebelumnya

Ternyata tak cuma dari segi fisik yang mengalami perubahan, untuk spesifikasi teknis Wuling Hongguang Mini EV Macaron 2024 ini juga mengalami perombakan.

Mulai dari dimensi tubuh, Mini EV terbaru akan memiliki panjang 3.064 mm, lebar 1.493 mm, tinggi 1.614 mm, dan jarak sumbu roda 2.010 mm.

Itu berarti bodinya lebih panjang 147 mm dengan wheelbase lebih panjang 70 mm dari model sebelumnya, namun lebar mobil ini tetap sama dan atapnya lebih rendah 10 mm.

wuling hongguang mini ev macaron

Mini EV Macaron model sebelumnya yang dipamerkan di dealer Wuling Pondok Indah, Jakarta

Sementara untuk kekuatan motor listriknya disebut-sebut kini bisa menghasilkan tenaga 30 kW atau kira-kira 40 PS dengan baterai baru berjenis lithium fosfat, tetapi sayangnya tidak disebut berapa kapasitas baterai baru itu.

Sebagai perbandingan, Mini EV Macaron model sebelumnya memiliki dua pilihan kapasitas baterai yakni 9,3 kWh dan 13,8 kWh yang masing-masing memiliki daya jelajah 120 km serta 170 km.

Sementara motor listriknya sanggup mengeluarkan tenaga puncak 27 PS dengan torsi maksimum 85 Nm.

Kalau Mini EV ada model faceliftnya, apakah Wuling Air ev facelift juga sedang disiapkan?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Wuling Mini EV Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia