window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia

Prasetyo · 10 Feb, 2023 12:05

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 01

Kemunculan Perodua Axia terbaru di Malaysia yang lebih dulu daripada Toyota Agya 2023 dan Daihatsu Ayla 2023 tentu menarik untuk dicermati. Pasalnya Axia merupakan kembaran Ayla-Agya di negara tetangga yang diproduksi oleh Perodua.

Walaupun selama ini tampilan Axia sedikit berbeda dengan Ayla apalagi Agya versi Indonesia, namun secara garis besar bisa sedikit menggambarkan bakal seperti apa Ayla-Agya generasi kedua. Nah yang menarik lagi, jika sisi luarnya masih tertutup kamuflase, maka tidak pada bagian interior Perodua Axia 2023.

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 02

Eksteriornya masih tertutup stiker kamuflase

Rekan kami di Malaysia melaporkan jika kabin mobil Perodua termurah ini sama sekali tidak tertutup stiker kamuflase. Alhasil, semua detil interiornya bisa terlihat dengan jelas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Wujud Asli New Perodua Axia Terungkap, Perkenalan Daihatsu Ayla 2023 di Indonesia Tinggal Menghitung Hari

Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky

Kalau melihat dasbor Perodua Axia 2023, sepintas memang mirip dengan Daihatsu Rocky di Indonesia. Tapi apa benar demikian? Kita coba teliti lebih detil ya.

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 01

Dasbor Perodua Axia 2023

Di Axia terbaru jelas pada lingkar kemudinya tak pakai logo Daihatsu, namun Perodua. Tapi keseluruhan desainnya terlihat sama dengan Rocky. Termasuk aksen silver dibagian tepi sisi tengahnya, serta bentuk dan posisi tombol-tombol steering switch.

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 02

Dasbor Daihatsu Rocky

Masih di sisi pengemudi, terlihat juga ada perbedaan di area meter cluster kedua mobil ini. Pada Axia tampak ada lipatan yang lebih tajam, sementara di Rocky lebih landai. Perbedaan lipatan dasbor ini juga terlihat pada bagian penumpang depan. Termasuk bentuk kisi-kisi AC utamanya yang ada di sudut dasbor, terlihat berbeda.

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 03

Meter cluster Daihatsu Rocky

Lalu kalau diperhatikan, dasbor Axia terbaru juga punya garis lengkung, sementara di Rocky garisnya lebih lurus. Namun untuk headunit model floating, dan tombol AC, serta model tuas transmisinya masih sama.

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 04

Tuas transmisi Daihatsu Rocky

Bedanya karena Axia pakai transmisi D-CVT, maka pilihan gear selectornya ada R, N, D, S, dan B. Sedangkan di Rocky ada opsi shift tronic.

Baca juga: First Drive Daihatsu Ayla 2023 Versi Malaysia, LCGC yang Naik Kelas

Dasbor Daihatsu Xenia Lebih Banyak Perbedaannya

Kini kita bandingkan antara dasbor Daihatsu Ayla 2023 versi Malaysia dengan Xenia versi Indonesia. Ternyata perbedaannya jauh lebih banyak ketimbang milik Rocky.

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 05

Dasbor Daihatsu Xenia

Mulai dari setir misalnya, sepintas terlihat sama, padahal desain tombol klakson dibagian tengah pada Xenia bukan bulat seperti Axia. Kemudian bagian bawah setir yang berwarna silver, pada Xenia juga terlihat lebih tebal.

Yang beda lagi adalah dari meter cluster, karena pada Xenia masih berbentuk analog namun dilengkapi MID dibagian tengahnya. Sementara Axia mirip Rocky sudah full digital. Lantas desain kisi-kisi AC Xenia juga beda dengan Axia maupun Rocky.

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 06

Pada Xenia masih analog ditambah MID

Lipatan dasbor di bagian penumpang Xenia juag terlihat tak sama dengan kedua saudaranya. Bahkan ada tambahan aksen di Xenia, beda dengan Axia atau Rocky yang polos serta hanya ditambah warna silver.

Perbedaan lain terlihat ada pada konsol posisi tuas transmisi. Desain transmisinya memang sama dengan Rocky tapi Daihatsu mendesain kompartemen ini seakan menyatu dengan panel AC.

Baca juga: Review All-New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT A.S.A: Pilihan LMPV Paling Masuk Akal

Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia 07

Model transmisi Daihatsu Xenia

Kemudian tombol Start/Stop Engine di Xenia juga pakai warna merah, bed dengan Rocky atau Axia yang hitam. Terakhir, di Xenia ada slot kecil untuk meletakkan kartu. Ini tidak ada di Axia maupun Rocky.

Jadi, masih sebut dasbor Daihatsu Ayla 2023 bakal sama dengan Rocky dan Xenia?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil