window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beda Harga Cuma Rp3,9 Juta, Ini Fitur Unggulan di Toyota Agya E dan Daihatsu Ayla R 2023

Enda · 12 Apr, 2023 15:00

Toyota Agya 2023

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya menjadi mobil pilihan first buyer di Tanah Air. Tidak seperti Ayla yang fokus di segmen LCGC, untuk Agya kini bermain di dua kelas, yakni LCGC dan city car entry-level. Pada kisaran harga yang mirip, kita dihadapkan pada pilihan antara Toyota Agya E MT atau Daihatsu Ayla R MT

Sebagai tipe terendah, Toyota Agya E MT yang hanya bisa dipesan secara spot order untuk harga barunya dibandrol Rp167,9 juta. Harga yang ditawarkan tersebut lebih mahal Rp3,9 juta dari Daihatsu Ayla R MT yang notabennya merupakan varian atas. Memiliki selisih harga baru yang tidak terpaut jauh, berikut perbedaan antara keduanya.

Toyota Agya E 2023 Menggunakan Velg Kaleng

Toyota Agya 2023

Toyota Agya E menggunakan velg kaleng

Melihat bagian fasad, keduanya memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Dimana pada Agya, mobil ini menggunakan grill lebih besar berbentuk tapezoidal. Untuk sistem pencahayaan, baik Agya E maupun Ayla R sama-sama dibekali teknologi LED. Jika Ayla mendapatkan DRL LED yang menyatu pada lampu utamanya, untuk Agya fitur ini diletakan di bumper.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Melihat bagian samping, untuk lingkar roda Agya E masih mengandalkan velg besi yang ditutupi dop. Sedangkan Ayla R, mobil ini dipadukan velg alloy yang dilabur dengan warna gun metal. Pada spion, keduanya sudah dibekali fitur electric mirror yang mana untuk pengaturannya bisa dilakukan dari dalam.

Beranjak ke buritan, keduanya sama-sama memperoleh rear wiper serta E-latch Backdoor yang memudahkan penggunanya ketika hendak membuka dan menutup bagasi.

Baca juga: Ini Beda Toyota Agya GR Sport 2023 dengan Versi Sebelumnya, Gak Ada Lagi Kesan LCGC

Harga Lebih Murah, Fitur Daihatsu Ayla E 2023 Lebih Komplit

Daihatsu Ayla 2023

Interior Daihatsu Ayla 2023

Melihat interior daripada keduanya, Agya E dan Ayla R 2023 sama-sama disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektivitas smartphone. Untuk pengaturan AC, Ayla R sudah menggunakan model digital, beberda dengan Agya E yang memakai knob putar sama seperti Ayla varian X dan M. Oh iya, tepat di samping pengaturan AC Ayla R sudah mendapatkan tombol start/stop engine yang dengan mudah untuk menyalakan atau mematikan mesin hanya dengan menekan tombol.

Terlihat begitu informatif, panel instrumentnya keduanya dibekali MID yang memudahkan pengemudi untuk mendapatkan informasi seputar kendaraan. Guna memberikan posisi berkendara yang nyaman, setir Agya E dan Ayla R turut dilengkapi fitur tilt steering.

Toyota Agya 2023

Jok Toyota Agya E dilengkapi headrest dengan pengaturan height adjuster

Mengenai jok, untuk headrest Daihatsu Ayla dibuat menyatu dengan tempat duduknya. Sedangkan pada Toyota Agya, sandaran kepalanya bisa diatur baik tinggi maupun rendahnya menyesuaikan keinginan pengguna.

Baca juga: Selisih Cuma Rp17 Jutaan, Segini Banyaknya Perbedaan Daihatsu Ayla 2023 Tipe X dan R

Fitur Keselamatan Keduanya Apakah Sama?

Daihatsu Ayla 2023

Toyota Agya E memperoleh VSC dan HSA

Generasi kedua Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya dibekali fitur lebih lengkap dibanding model sebelumnya. Seperti yang bisa dilihat khusunya Agya E dan Ayla R berhasil disematkan ABS dan EBD pada sistem pengeremannya. Terdapat pula dual SRS airbags, rear parking sensor, speed sensor lock, isofix, serta seat belt warning. Khusus Agya, mobil ini mendapat tambahan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA). 

Dari segi keamanan, keduanya memperoleh alarm dan immobilizer. Hanya saja untuk Ayla lebih canggih berkat adanya fitur keyless entry.

Toyota Agya E dan Daihatsu Ayla R Menggunakan Mesin 1.200 cc

Toyota Agya 2023

Toyota Agya E dan Daihatsu Ayla E menggunakan mesin WA-VE berkapasitas 1.198 cc

Bicara jantung pacu, keduanya dibenamkan mesin WA-VE berkapasitas 1.198 cc 3-silinder segaris DOHC 12 valve dual VVT-i. Menurut spesifikasi, mesin tersebut dapat memeras tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada putaran 4.500 rpm yang dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga baru hanya Rp3,9 juta, dari segi penampilan dan fitur unggulan Daihatsu Ayla E MT lebih komplit dibandingkan Toyota Agya E MT. Namun untuk keselamatan berkendara, Agya lebih nyaman berkat adanya VSC dan HSA.

Baca juga: Ini Alasan Daihatsu Ayla 2023 Lebih Pantas Dibeli Ketimbang Toyota Agya 2023

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil