window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula?

Yongki Sanjaya · 21 Feb, 2023 13:30

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula? 01

Wuling Motors baru saja memperkenalkan produk terbaru mereka yakni Wuling Alvez di ajang IIMS 2023. Compact SUV ini cukup menggoda karena ditawarkan dengan harga di bawah Rp300 juta. Dengan range harga segitu, Alvez bisa jadi alternatif produk Jepang mulai dari Toyota Raize hingga Honda HR-V.

Wuling Alvez 2023 hadir dalam tiga tipe, antara lain:

  • Alvez SE Rp209.000.000
  • Alvez CE Rp255.000.000
  • Alvez EX Rp295.000.000

Melihat range harga yang ditawarkan tersebut kurang lebih mirip dengan harga Toyota Raize. Namun demikian dari segi dimensi sepadan dengan Honda HR-V. Bisa kita simpulkan kalau Alvez ini seperti HR-V seharga Raize, sehingga cukup ideal buat kamu yang butuh mobil daily dengan harga ekonomis tapi kaya fitur.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula? 01

Baca juga: 

Wuling Motors Luncurkan Compact SUV Wuling Alvez, Hadirkan Pengalaman Istimewa di IIMS 2023

Komunitas Wuling Kaget, Alvez Bisa Tampil Keren

5 Hal Menarik Wuling Alvez 2023, Punya Bekal Pantas Buat Masuki Segmen Panas

Alvez menonjolkan desain sleek dan stylish, dimana compact SUV ini didukung dengan dynamic dual-tone color. Pencahayaan memakai LED DRL serta adjustable LED pada lampu utama, dan LED lampu belakang, bold front grille design, dan cutting-edge 16” wheels. 

Lantas bagaimana dengan sensasi berkendara di mobil terbaru Wuling tersebut? Kami berkesempatan mencobanya di ajang IIMS 2023 pada arena test drive yang tersedia. Simak ulasannya berikut ini. 

Performa Wuling Alvez 2023, Ideal Untuk Aktivitas Komuter Harian 

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula? 02

Bicara soal performa dari Wuling Alvez, jelas tidak sejumawa Honda HR-V yang jadi kompetitor utamanya. Karakter mesin 1.500 cc naturally aspirated ini kami rasa lebih cocok untuk aktivitas harian, bukan untuk cruising di jalan tol yang butuh tenaga istimewa. 

Meskipun sempit, tapi arena test drive di JIExpo Kemayoran cukup untuk mengeksplorasi performa akselerasi, kemampuan manuver, dan bantingan suspensi. Kami pun mencoba kemampuan akselerasi Alvez ini biasa saja, agak lambat untuk akselerasi spontan. 

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula? 03

Untuk pasar Tanah Air, Wuling Alvez dibenamkan mesin berkapasitas 1.485 cc 4-silinder segaris DOHC, DVVT Euro 4. Mesinnya sanggup memproduksi tenaga hingga 107 PS di 5.800 rpm dengan torsi sebesar 143 Nm pada putaran 4.000-4.600 rpm.

Pada varian terendah, Alvez dipadukan menggunakan transmisi manual 6-percepatan. Sedangkan dua tipe diatasnya dikawinkan dengan transmisi CVT yang selanjutnya didistribusikan ke penggerak roda depan.

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula? 04

Karakter CVT di Alvez ini dibuat supaya menghadirkan proporsi tenaga yang halus di setiap rasio puli. Walau tidak 'njengat', tapi tenaganya terus mengisi saat kita kickdown mobil tersebut. Sebagai catatan, tenaga baru begitu melimpah untuk akselerasi spontan saat kita kickdown di kisaran 1.800-2.000 rpm.

Performa pengereman juga cukup mengesankan karena pakem dan halus. Pedal remnya tak perlu diinjak dalam sehingga bisa digunakan untuk pengereman halus dengan cara berkendara santai. 

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula? 05

Unit yang digunakan sebagai test drive di IIMS 2023 ini merupakan tipe EX atau tipe tertinggi. Hal yang perlu kalian ketahui, unit test drive yang disiapkan oleh pihak Wuling Motors di ajang IIMS 2023 merupakan unit pre production sehingga memang fiturnya belum benar-benar lengkap atau masih ada beberapa kekurangan. 

Sebagai contoh, unit display untuk test drive ini belum terdapat fitur ADAS dan Hill Start Assist. Padahal dalam keterangannya, tipe EX sudah memiliki fitur tersebut. Jadi, jangan under estimate setelah kalian melakukan test drive bila banyak ditemukan kekurangan di beberapa aspek. 

Handling Lincah dan Presisi Untuk Manuver, Dibantu Visibilitas yang Bagus

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula? 06

Hal menarik yang kami rasakan saat sesi first drive Wuling Alvez 2023 ialah dari sisi handling mobil yang cukup lincah. Hal ini membuat mobil cukup nyaman dan presisi ketika bermanuver. 

Dengan kemampuannya ini, membuat orang awam atau pemula bisa cukup mudah mendapat feeling berkendara yang baik. Terlebih, ukuran kaca jendela di mobil ini cukup luas dengan kaca spion yang besar sehingga membuat visibilitas ke sisi samping dan belakang bisa terlihat jelas.

Poin minus dari handling Wuling Alvez ialah feedback setir yang terlalu ringan. Bagi pemula mungkin sangat nyaman karena tidak butuh banyak tenaga saat memutarnya. Namun bagi orang yang terbiasa mengemudi, feedback yang terlalu ringan ini terasa kosong pada kecepatan rendah dan menengah.

Untuk kelemahan yang satu ini bisa diatasi dengan menyetel rack steer di bengkel spooring atau mungkin nantinya oleh pihak Wuling akan melakukan improvisasi berdasarkan feedback masyarakat.

Karakter Suspensi Stiff di Wuling Alvez 2023, Keras dan Minim Limbung

First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula? 07

Bicara soal handling dan kenyamanan, tak lengkap bila tak membahas soal karakter suspensi di Alvez. Mobil dengan jenis compact SUV atau crossover ini hadir dengan karakter suspensi stiff. Bantingan terasa keras saat kita duduk di kursi baris kedua.

Soal kenyamanan jelas kalah dari Cortez yang merupakan MPV medium, namun hal positif dari karakter suspensi yang stiff ialah handling yang minim limbung ketika kami gunakan bermanuver. Postur mobil dengan ground clearance tinggi seperti Alvez bisa tetap menjejak aspal ketika bermanuver dalam kecepatan cukup tinggi.

Kesimpulan

Melihat harga dan kemampuan yang ditawarkan, semestinya Wuling Alvez 2023 ini bakal jadi model yang cukup menggoda. Terlebih, brand Wuling punya reputasi yang cukup baik dalam menjual produk berjenis SUV sebagaimana pada Almaz.

Kita perlu nantikan seperti apa unit versi produksi massal dari Wuling Alvez 2023 ini. Semoga saja beberapa poin minus dari unit pre-production ini segera diatasi sehingga Alvez jadi produk paling value for money dikelasnya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Alvez SE 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil