window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hanya Mesinnya yang Baru, Daihatsu Anggap Konsumen Gran Max Cuma Butuh 3 Hal Ini

Prasetyo · 30 Agu, 2022 20:08

Hanya Mesinnya yang Baru, Daihatsu Anggap Konsumen Gran Max Cuma Butuh 3 Hal Ini 01

  • Daihatsu Gran Max 2022 alami perubahan pada bagian mesin.
  • Khusus Daihatsu Gran Max tipe 1.5L, kini menggunakan mesin berkode 2NR-VE.
  • Interiornya juga terdapat perubahan pada bagian dashboard.

Daihatsu Gran Max 2022 sudah rilis di Indonesia. Namun sayangnya, beberapa pihak mengharapkan sosoknya mirip dengan kembarannya, Toyota Town Ace yang dijual di Jepang atau beberapa negara lain seperti Taiwan dan Filipina.

Sebab di Negeri Sakura itu, Gran Max hadir dengan fitur cukup lengkap. Padahal Town Ace maupun Lite Ace di Jepang diimpor dari Daihatsu Indonesia.

Hanya Mesinnya yang Baru, Daihatsu Anggap Konsumen Gran Max Cuma Butuh 3 Hal Ini 02

Untuk pasar ekspor, Daihatsu Gran Max berubah jadi Toyota Town Ace atau Lite Ace

Coba kita sedikit bandingkan, di Jepang, Town Ace atau Lite Ace hadir dengan segudang fitur. Mulai dari Electric Power Steering, Electric Power Windows, headunit layar sentuh, opsi transmisi otomatis, sampai lampu depannya pun sudah pakai model LED.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sementara di Indonesia, rasanya sejak pertama kali keluar di tahun 2007 hingga 15 tahun kemudian, tampilannya masih saja tak berubah. Baru di tahun 2022 ini saja Gran Max mendapatkan mesin anyar, itu pun varian mesin 1.3L lawasnya tetap dijual.

Baca juga: Intip Kembaran Daihatsu Gran Max di Taiwan, Fiturnya Sama Persis Toyota Raize

Konsumen Daihatsu Gran Max Gak Butuh yang Aneh-Aneh

Hanya Mesinnya yang Baru, Daihatsu Anggap Konsumen Gran Max Cuma Butuh 3 Hal Ini 01

Eksterior cuma berubah di bagian velg

Menanggapi perbedaan spesifikasi cukup signifikan antara Daihatsu Grand Max versi Jepang atau negara lain dengan yang beredar di Indonesia, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) pun buka suara.

"Kami sudah lakukan studi dan survei terhadap konsumen kami, hasilnya adalah mereka membutuhkan yang mesinnya berperforma kuat, irit bahan bakar, dan harganya terjangkau dengan mereka, Jadi semua itu yang kita prioritaskan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh mereka," jelas Hendrayadi ketika ditemui di Jakarta, Selasa (30/08/2022).

Hanya Mesinnya yang Baru, Daihatsu Anggap Konsumen Gran Max Cuma Butuh 3 Hal Ini 02

Mesin baru 1.5L 2NR-VE

Ia menambahkan, penggunaan mesin baru ini juga telah mengalami riset dan survei di internal Daihatsu Indonesia. Sebab dari hasil pengujian, selain tenaganya bertambah, mesin 2NR-VE yang digunakan pada Daihatsu Gran Max 2022 juga jadi lebih irit bahan bakar.

"Konsumen maunya yang performa lebih baik tapi juga lebih irit. Dan mesin ini kita sudah uji secara internal hasilnya 5% lebih irit dari mesin sebelumnya. Konsumen kita gak mau yang aneh-aneh kok," kata dia.

Baca juga: Kembaran Daihatsu Gran Max Hadir di Filipina, Fiturnya Mirip Xenia

Gak Mikir Biaya Servis, Cukup Isi Bensin

Hanya Mesinnya yang Baru, Daihatsu Anggap Konsumen Gran Max Cuma Butuh 3 Hal Ini 03

Desain dasboard berubah

Selain menggunakan mesin baru yang sudah sesuai permintaan konsumennya, lebih lanjut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menuturkan ada paket servis yang bisa dinikmati para pembeli Daihatsu Gran Max 2022.

"Khusus Gran Max baru ini kita kasih program buat konsumen berupa free jasa servis dan sparepart untuk perawatan di bengkel resmi Daihatsu hingga 30.000 Km atau 2 tahun. Jadi mereka cukup isi bensin saja dan silahkan berbisnis," tukasnya.

Baca juga: Daihatsu Gran Max di Malaysia Pakai Power Window dan Head Unit 7 Inci, Indonesia Kapan?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Gran Max PU 1.3 STD

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil