window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Pony Klasik Ternyata Jadi Inspirasi Lahirnya Ioniq 5, Mobil Kebanggan Opa-opa Korea

Prasetyo · 27 Jul, 2023 15:30

Hyundai Pony 1975

Hyundai Pony yang diperkenalkan pada 1974 ternyata memberi arti yang sangat penting bagi perkembangan teknologi otomotif Hyundai.

Pony mencuat sebagai tonggak penting dalam sejarah perusahaan yang melandasi visinya untuk terus menghadirkan produk dan solusi yang game-changing dan human-centered.

Tak heran kalau kini jutaan orang masih mencintai dan merasa memiliki ikatan yang kuat dengan Pony, sehingga Hyundai terus membawa semangat Pony untuk mengubah hidup manusia menjadi lebih baik dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Begini Hebatnya Hyundai Ioniq 5 N, Mobil Listrik Bersuara Supercar

Hyundai Pony Jadi Mobil Korsel Pertama yang Diekspor

Hyundai Pony 1975

Hyundai Pony 1975 (Foto: Wikipedia)

Pony menjadi penting bagi Hyundai karena dua tahun pasca diperkenalkan, mobil ini langsung menguasai 44% pangsa pasar mobil penumpang domestik dan menjadi mobil pertama bagi banyak rumah tangga di Korea Selatan (Korsel).

Tumbuh pesat menjadi mobil paling populer di negara tersebut pada waktu itu, kehadiran Hyundai Pony mampu menghidupkan industri otomotif dalam negeri dan membawa pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

Tak cuma itu, Pony adalah kendaraan Korsel pertama yang diproduksi secara massal dan diekspor ke luar negeri serta mampu menjadi kendaraan pertama yang dikembangkan secara mandiri di negara tersebut.

Hyundai Pony Concept

Hyundai Pony Concept (Foto: Hyundai)

Pony yang hadir pada saat jumlah mobil yang tersedia sangat sedikit, turut membantu memperpanjang jarak tempuh harian bagi banyak orang. 

Pada akhirnya, kualitas hidup masyarakat meningkat serta memberikan lebih banyak kebebasan mereka untuk bergerak dan memungkinkan akses yang lebih luas ke berbagai kegiatan menarik seperti liburan, berbelanja, wisata kuliner, dan aktivitas luar lainnya.

Baca juga: 0-100 Km/Jam Nggak Sampai 4 Detik, MG4 XPower Jadi Mobil Listrik Terbuas MG!

Jadi Inspirasi Lahirnya Hyundai Ioniq 5 Hingga N Vision 74

Hyundai Pony Concept dan N Vision 74

Hyundai Pony Concept dan N Vision 74 (Foto: Hyundai)

Dengan desain yang orisinal dan tak lekang oleh waktu, Pony memberikan pengaruh yang signifikan terhadap arah desain dari lini produk Hyundai. 

Kini, dengan mobil yang bergeser dari alat transportasi yang meningkatkan gaya hidup menjadi platform mobilitas yang ramah lingkungan, Hyundai mengembangkan bisnis mobilitas masa depannya dengan fokus pada keberlanjutan. 

Pony dan Pony Coupe Concept, menjadi inspirasi bagi para penerusnya di masa depan, seperti Hyundai IONIQ 5 dan Hyundai N Vision 74.

Pony Concept

Tampilan belakang Pony Concept (Foto: Hyundai)

IONIQ 5 memberi penghormatan bagi Pony Coupe Concept dengan mengusung bodi bergaya monocoque dan desain yang aerodinamis.

IONIQ 5 mengambil inspirasi dari segi filosofi maupun visual dari Pony Coupe Concept untuk menciptakan desain kendaraan listrik terbaru yang lebih berani dan mampu menghubungkan benang merah desain Hyundai dari masa lalu ke masa kini dan masa depan.

Sedangkan N Vision 74 yang saat debut pada 2022 merupakan kendaraan "Rolling Lab" yang mengusung teknologi hibrid hidrogen dari Hyundai N. 

Baca juga: 5 Hari, Ada Ribuan Orang Indonesia Pesan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5!

Hyundai N Vision 74

Hyundai N Vision 74

Desainnya terinspirasi dari Pony Coupe Concept 1974 dan menjadi bentuk ekspresi dari visi masa depan perusahaan akan mobilitas bersih.

Seiring konsistensi Hyundai dalam membawa semangat keberanian dan DNA dari Pony, seluruh model kendaraan Hyundai sejatinya adalah penerus dari Pony.

Hyundai pun akan terus memaksimalkan warisan yang dimiliki sebagai pembeda dari inovasi perusahaan di masa depan seraya memperkuat posisinya yang khas sebagai penyedia solusi mobilitas cerdas.

@autofun.indonesia Stargazer Varian Bawah Makin Banyak Fitur #reviewmobil #hyundai #stargazer #hyundaistargazer #stargazeressential #reviewmobilbaru #mobilbaru ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia