window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Isuzu Mau Jual Mobil Listrik Berbasis D-Max, Pabriknya di Thailand

Prasetyo · 4 Sep, 2023 10:04

Isuzu D-max EV

Pick up listrik Isuzu sepertinya akan mulai dijual dan merambah ke wilayah Asia Tenggara, Thailand diprediksi akan jadi negara pertama pada kawasan ini yang mulai menikmati pikap tanpa BBM tersebut.

Laporan terbaru dari Nikkei Asia menuliskan jika pangsa pasar pick up termasuk double cabin yang besar di Thailand adalah alasan mengapa Isuzu akan mulai penjual kendaraan komersial elektrik itu di Negeri Gajah Putih.

Baca juga: Isuzu Hadirkan Truk Lawas Pakai Bak Kayu dan Mobil Patroli Polisi di GIIAS 2023

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Isuzu D-Max

Thailand jadi pasar terbesar Isuzu di ASEAN

Saat ini pangsa pasar pick up tercatat menyumbang hampir separuh dari total penjualan Isuzu, dan Thailand adalah wilayah penjualan terbesar untuk ASEAN.

Ditambah lagi Isuzu melihat kalau para pabrikan mobil asal China semakin gencar memperkenalkan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) bukan hanya untuk mobil penumpang tapi juga mobil komersial seperti pick up.

Baca juga: Bukan Cuma Tangguh di Pertambangan, Isuzu MU-X Juga Cocok Jadi Mobil Keluarga

Isuzu Elf EV

Isuzu Elf EV

Sementara untuk pasar EV di Thailand, saat ini sudah menyumbang sekitar 8 persen dari total penjualan mobil baru di negara tersebut, dan sebagian besar berasal dari mobil-mobil China.

Isuzu tak ingin, pasar ini digeser oleh mobil-mobil Tiongkok lantaran menawarkan biaya operasional lebih murah ketimbang mobil mesin pembakaran internal (ICE).

Pick Up Listrik Isuzu Pakai Basis D-Max

Isuzu D-Max D-Cab

Pick up menyumbang hampir 50% penjualan mobil di Thailand

Pada sebuah dokumen Mid-Term Business Plan Progress Report 2024 yang pernah dipublikasikan tahun 2022 lalu, Isuzu mengaku saat ini masih terus melakukan studi mengenai pikap listrik.

Kendaraan tersebut sepertinya akan memakai basis dari Isuzu D-Max yang sangat populer di Thaialnd, dengan harapan bisa langsung diterima pasar domestik.

Apalagi pemerintah negara setempat memang sudah memiliki kebijakan untuk memberi subisidi atas produsen yang bisa dan mau memproduksi kendaraan listrik secara lokal, ditambah lagi saat ini Isuzu memang telah merakit D-Max mesin diesel di Thailand.

Baca juga : Biar Tampil Beda, Ini Alasan Kenapa Peugeot 5008 Bisa Jadi Alternatif SUV Mewah Keluarga

Kemungkinan Ada Varian Hybrid

Isuzu Elf 2023

Isuzu Elf 2023

Masih dari sumber yang sama, Isuzu kabarnya tengah mempertimbangkan untuk meluncurkan pick up listrik dari tipe Light Duty, Medium Duty, dan Heavy Duty.

Tipe Light Duty sepertinya akan diluncurkan lebih awal yang proyeksinya bakal mulai dijual tahun 2030.

Namun ada kabar lain yang juga menyebut, bisa jadi selain BEV, Isuzu mempertimbangkan produksi pick up hybrid (HEV) untuk menjangkau pasar yang belum terlalu siap secara infrastruktur, mengingat pick up ini juga akan diekspor ke beberapa negara lain.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu D MAX Single Cab 2.5 VGS MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia