window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Hilux Berbahan Bakar Hidrogen Meluncur, Bye-bye Asap Hitam!

Enda · 20 Sep, 2023 13:00

Toyota Hilux Hidrogen

Caption

Toyota Hilux (Spesifikasi | Berita) hidrogen baru-baru ini diluncurkan di Inggris. Kendaraan ramah lingkungan yang disebut hydrogen fuel cells tersebut bagian dari Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Sekedar informasi, teknologi FCEV sebelumnya telah diaplikasikan pada Toyota Mirai.

FCEV sendiri menggunakan sel bahan bakar dimana hidrogen bereaksi secara kimia dengan oksigen di udara untuk menghasilkan listrik. Selanjutnya sumber daya yang dihasilkan dimanfaatkan untuk menggerakkan motor listrik di belakang.

Toyota Hilux Hidrogen

Kembali ke Hilux Hidrogen, mobil yang dibuat di pabrik Toyota Motor Manufacturing UK (TMUK) di Burnaston, Derbyshire, Inggris, ini merupakan bagian dari dukungan Toyota terhadap pemerintah Inggris. Dimana mobil ini digunakan sebagai kendaraan niaga muat angkut barang yang ramah lingkungan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Tak Lagi Tenggak Solar, Toyota Kembangkan Hilux EV Berbahan Bakar Hidrogen

Hilux Hidrogen Sanggup Menempuh Jarak Hingga 587 Km

Toyota Hilux Hidrogen

Jantung pacu Hilux hidrogen (foto: Toyota Inggris)

Di balik bonnet, kalian tidak lagi dapat menemukan mesin diesel turbocharger pada mobil ini. Menggunakan komponen yang berasal dari sistem sel bahan bakar generasi kedua yang juga dipakai Toyota Mirai, dipastikan mobil ini tidak akan menghasilkan emisi.

Toyota Hilux Hidrogen

Bagian tengah sasis digunakan sebagai tangki penyimpanan hidrogen (foto: Toyota Inggris)

Pada bagian tengah sasis, Hilux hidrogen disematkan tiga tangki penyimpanan dari komposit plastik serat karbon yang dapat menampung hingga 141 liter hidrogen. Oh iya, mobil ini juga memiliki tumpukan sel bahan bakar elektrolit polimer padat 330 sel di bawah kap yang kemudian menggabungkan hidrogen dengan oksigen untuk menghasilkan listrik.

Selanjutnya, daya listrik yang dihasilkan disimpan di dalam baterai lithium-ion berkapasitas 1,2 kW, kemudian diarahkan ke motor listrik 134 kW dan 300 Nm untuk membuatnya berjalan. Dengan spesifikasi yang dimiliki, dalam kondisi tangki terisi penuh hidrogen, mobil ini dapat melaju sejauh 587 km.

Baca juga: Ringkasan Berita Spesifikasi Gambar Toyota Persiapkan Pickup Listrik Berbasis Hilux dengan Daya Jelajah Jauh

Toyota Hilux Hidrogen

Beredar informasi bahwa Toyota saat ini sedang melakukan uji coba terhadap Hilux berbahan bakar hidrogen di seluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah teknologi ini nantinya cocok diaplikasikan di negara lain atau tidak. 

Baca juga: Peugeot Landtrek 2023 Segera Dirilis, Sanggup Lebih Tangguh dari Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Hilux 2.0 L M/T Bensin

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia