window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Enda · 1 Feb, 2024 09:01

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime bukan cuma sekedar di fitur, namun juga tampilan.

Masuk dalam kategori SUV kompak B-Segment pesaing Honda HR-V, Suzuki Grand Vitara dan juga Mitsubishi XForce, dengan mengusung tema "Spotlight in Motion", Creta dihadirkan secara khusus untuk masyarakat Tanah Air.

Sebagai mobil pertama PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang diproduksi di pabriknya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Creta memiliki tampilan yang futuristik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Salah satu yang membuat Creta tampil futuristik dibanding pesaing sekelasnya yakni lampu utamanya yang mengusung konsep Parametric Jewel.

Sekedar informasi, Creta tipe Style per Januari 2024 ini dibandrol Rp383,8 juta, sedangkan varian Prime diniagakan Rp416,8 juta OTR Jakarta.

Selisih harga baru mencapai Rp33 juta, berikut perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime.

Baca juga: Intip Perubahan di Hyundai Creta 2024, Makin Berkelas Buat Lawan Honda HR-V

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Eksterior

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Eksterior Hyundai Creta Prime 

Sekilas Creta varian Style dan Prime terlihat sama, namun jika dilihat secara detail, tipe teratasnya, Prime, varian ini mendapatkan spesial body kit dengan list merah yang mengelilingi seluruh body bagian bawah.

Perbedaan lainnya tipe ini dilengkapi dengan panoramic sunroof yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara, selain itu Creta Prime juga mendapat opsi warna two-tone.

Persamaan keduanya, untuk grill baik tipe Style dan Prime memperoleh aksen dark chrome, lampu utama LED dan DRL, serta LED stop light.

Ada pula shark fin antenna dan high mount stoplamp LED.

Interior

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Interior Hyundai Creta Prime 

Melihat tampilan interior daripada keduanya, untuk meter cluster baik Style maupun Prime tersematkan Full TFT LCD Meter Cluster 10,25 inci dengan tampilan digital. 

Menariknya meter cluster yang digunakan, untuk warnanya dapat berubah saat menyesuaikan mode berkendara.

Mengenai jok, keduanya sama-sama dibalut menggunakan bahan kulit premium dengan warna kontras.

Persamaan lainnya terletak pada sistem hiburan, dimana keduanya dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 8 Inci dengan berbagai fitur modern yang dapat terhubung ke smartphone.

Memiliki suara jernih, kedua varian ini menggunakan delapan speaker BOSE Premium Sound System.

Sebagai pembeda, untuk interiornya tipe teratas memiliki lampu baca dengan teknologi LED.

Perbedaan Fitur Unggulan Hyundai Creta Style dan Prime

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Hyundai Creta buatan Indonesia

Menyoal fitur unggulan, kedua tipe ini berhasil disematkan ambient lighting serta cooling glove box yang bisa dimanfaatkan untuk mendinginkan minuman.

Setirnya dibekali tilt&telescopic, kemudian ada automatic temperature control, wireless smartphone charger, push start button with illumination, remote start engine, console armrest, ventilasi AC di baris kedua, dan electric tailgate.

Disisi lain, kedua varian mendapatkan ventilated seat yang dapat mengalirkan udara sejuk ke melalui sandaran jok.

Saat kondisi cuaca panas, kursi berventilasi ini akan berkerja secara otomatis memberikan udara sejuk untuk dihembuskan.

Namun saat cuaca dingin, ventilated seat mengembuskan udara hangat dengan otomatis melalui kisi-kisi pada jok.

Creta Style dan Prime mendapatkan teknologi inovatif Hyundai Bluelink.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan mobil melalui smartphone.

Hyundai Bluelink memberikan akses penuh kepada pemilik dengan fitur penting yang berfungsi untuk mengetahui kondisi kendaraan saat ini, seperti: menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci dan membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, dan mengetahui dimana letak kendaraan terparkir.

Untuk perbedaanya tipe Prime memperoleh AC dengan air purifier yang berfungsi untuk selalu menghasilkan udara bersih dan sehat di dalam kabin.

Fitur ADAS Varian Prime Lebih Lengkap

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Hyundai SmartSense Creta

Dari segi keselamatan berkendara Creta Style dan Prime sama-sama dibekali 6 airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Brake Assistant System (BAS), Vehicle Stability Management (VSM), dan Hill-Start Assist Control (HAC).

Ada pula Emergency Stop Signal (ESS), Speed Sensing Auto Door Lock, Impact Sensing Auto Door Unlock, Child Protector Rear Door Lock, Rear View Camera with Adaptive Guides, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), serta Rear Occupant Alert (ROA) - without Sensor.

Untuk keamanan berkendara mengandalkan Immobilizer dengan Keyless entry dan Alarm.

Oh iya, kedua varian ini sudah dilengkapi fitur keselamatan ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang dinamakan Hyundai SmartSense.

Hanya saja fitur Hyundai SmartSense yang ada pada tipe Prime jauh lebih lengkap.

Sebagai informasi, fitur keselamatan Hyundai SmartSense pada varian Style meliputi; Manual Speed Limit Assist (MSLA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Safe Exit Warning (SEW), Driver Rear View Monitor (DRVM), serta Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Pada varian Prime fitur Hyundai SmartSense yang dimiliki sama seperti di tipe Style, namun ditambahkan High Beam Assist (HBA), Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA),dan Driver Attention Warning (DAW).

Varian Style dan Prime Gunakan Mesin 1.500 Cc

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Mesin Smartstream G1.5L MPI

Soal jantung pacu, Hyundai Creta Style dan Prime dibekali mesin bensin Smartstream G1.5L MPI 4-silinder segaris berkapasitas 1.497 cc.

Di atas kertas mesin yang digunakan sanggup memeras tenaga hingga 115 PS di 6.300 rpm dengan torsi puncak sebesar 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Untuk menyesuaikan mood pengemudi dalam bekendara, Creta hadir dengan empat jenis mode berkendara, yakni: Eco, Comfort, Smart, dan Sport.

Creta Prime Mendapatkan Fitur Paddle Shift

Perbedaan Hyundai Creta Style dan Prime

Transmisi IVT

Mesin bensin 1.500 cc yang digunakan Hyundai Creta menggunakan struktur melintang (transverse).

Dengan begitu untuk membuatnya dapat berjalan, mobil ini mengandalkan penggerak roda depan (FWD).

Varian Style maupun Prime, keduanya dipadukan transmisi otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT).

Transmisi IVT yang digunakan memungkinkan mobil memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan secara bersamaan menyuguhkan rasa berkendara yang lebih halus sekaligus responsif.

Secara data kecepatan 0-100 km/jam untuk transmisi IVT yang digunakan hanya memerlukan waktu 11,8 detik, dengan kecepatan maksimum yang diraihnya mencapai 170 km/jam.

Dapat menaikan ataupun menurunkan tingkat percepatan secara manual, tipe Prime sudah dilengkapi fitur paddle shift di balik lingkar kemudi.

Kesimpulan

Selisih harga baru mencapai Rp33 juta, tipe Prime dilengkapi body kit dengan aksen berwarna merah yang memberikan kesan sporty pada mobil ini.

Selain itu, tipe teratasnya ini juga berhasil disematkan panoramic sunroof serta mendapat opsi warna two-tone.

Sebagai pembeda, untuk interiornya tipe teratas memiliki lampu baca dengan teknologi LED.

Beralih ke interior, tipe Prime sudah menggunakan teknologi LED pada lampu kabin atau bacanya.

Selain itu untuk sistem pendingin udara atau AC-nya sudah mendapatkan air purifier yang dapat menjaga sekaligus menghasilkan udara bersih di dalam kabin.

Seperti yang juga dituliskan di atas, untuk fitur keselamatan berupa Hyundai SmartSense tipe Prime lebih lengkap.

Meski begitu fitur keselamatan standar yang diperoleh kedua tipe masih sama.

Untuk perbedaan lainnya pada sistem perpindahan giginya.

Dimana varian teratasnya mendapatkan paddle shift di balik lingkar kemudi, yang mana pengemudi dapat menaikan atau menurunkan gigi secara manual sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Baca juga: 5 Fitur Pintar pada Hyundai Creta dan Stargazer Buat Kaum Mageran

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Creta Dynamic Black Edition 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil