Jatuh Cinta Pada Peugeot 3008 Allure Plus? Simak Ini Dulu Sebelum Meminangnya!

Yusuf · 20 Okt, 2020 16:00

Jatuh Cinta Pada Peugeot 3008 Allure Plus? Simak Ini Dulu Sebelum Meminangnya! 01

Di bawah naungan PT Astra International, Astra Peugeot, sebagai Agen Pemegang Merk (APM) Peugeot di Indonesia terus memberikan sinyal bahwa brand asal Perancis ini masih eksis di Indonesia. Meski beberapa tahun belakangan merk ini kurang mendapat perhatian di masyarakat, namun melalui dua produk barunya yakni Peugeot 3008 Allure Plus dan Peugeot 5008 Allure Plus, Peugeot kembali memulai babak baru pada industry otomotif Indonesia.

Untuk lebih dekat dengan salah satu produk tersebut, kami akan memberikan gambaran seperti apa profil dari Peugeot 3008 Alluer Plus. Di samping itu, bukan hanya mengenai pengenalan model, tetapi kami juga akan membahas apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari mobil tersebut.

Mengenai harga yang dipasarkan untuk Peugeot 3008 Allure Plus, bisa dikatakan sudah semakin kompetitif. Pasalnya, sebelum ada penyesuaian harga mobil ini dipatok dengan harga yang sangat tinggi untuk konsumen Indonesia. Wajar saja, karena memang berdasarkan fungsionalitasnya mobil ini sangat baik.

Peugeot 3008 Allure Plus dibanderol dengan harga Rp 690 jutaan. Sebelumnya, banderol yang dipasang untuk SUV asal Perancis ini adalah Rp 770 jutaan.

Untuk segmen SUV, di Indonesia sendiri pasar tersebut tengah tumbuh dan berkembang. Jika bicara lawannya di segmen SUV yang sudah diminati oleh konsumen Indonesia, Peugeot 3008 Allure Plus ini berhadapan dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Meskipun demikian, kalau dari rentang harga, Peugeot 3008 Allure Plus akan berhadapan dengan MINI Countryman, Jeep Renegade, dan BMW X1 dan VW Tiguan.

Lantas, apa yang bisa dijanjikan oleh Peugeot untuk konsumen mereka di Indonesia? Mari kita beberkan mengenai keunggulan dan kekurangan dari mobil tersebut.

Keunggulan

1. Desain

Jatuh Cinta Pada Peugeot 3008 Allure Plus? Simak Ini Dulu Sebelum Meminangnya! 02

Bicara mengenai desain, mobil lansiran Benua Eropa memang memiliki bahasa yang berbeda. Penggabungan desain modern, sporty serta futuristic menjadi identitas yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Lekukan yang diciptakan pada bagian depan, samping sampai belakang dan atapnya, memang memberikan nuansa yang berbeda dari lawannya.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.670 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.655 mm. Menurut kami, bodi tersebut tidak begitu besar sehingga kapabilitas dalam pengendaraan sangat baik dan esensi berkendara SUV sangat kental.

Selain itu, pada sektor luar Peugeot juga telah membekali mobil ini dengan beberapa komponen tambahan yang membuatnya tampil lebih menarik untuk konsumennya. Sebut saja front diffuser, side body moulding, serta bumper belakang yang tampil modern serta terintegrasi dengan dua lubang knalpot di ujung kanan dan kirinya.

2. Mesin Lebih Ramah

Jatuh Cinta Pada Peugeot 3008 Allure Plus? Simak Ini Dulu Sebelum Meminangnya! 03

Mengenai performanya, Peugeot 3008 Allure Plus dibekali dengan mesin bensin yang mampu menghasilkan tenaga 167 PS dan torsi 240 Nm. Tenaga tersebut diproduksi oleh mesin 1.6 liter THP yang sudah memenangkan banyak penghargaan dunia.

Berkat inovasi yang dilakukan tersebut, Peugeot berhasil memadukan high pressure direct injection dengan teknologi turbocharger yang canggih namun tetap ramah lingkungan. Selain itu, bagi pemilik yang suka dengan hentakan tenaga besarnya, mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimum 206 kpj. Meski tenaga yang dikantongi cukup besar, namun mobil ini diklaim sangat irit bahan bakar.

Berdasarkan klaim mereka, Peugeot 3008 Allure Plus memilik efisiensi bahan bakar 6,5 liter setiap 100 kilometer.

Bukan hanya tentang tenaga, pada mobil ini prinsipal juga sudah melakukan beberapa penyempurnaan, salah satunya adalah isu utama bahwa mesin Peugeot lebih cepat panas. Berkat riset yang dilakukan secara langsung, alhasil kini mesin Peugeot 3008 Allure Plus tidak lagi mengalami overheat lantaran mereka sudah melakukan perbaikan untuk hal tersebut.

3. Teknologi

Jatuh Cinta Pada Peugeot 3008 Allure Plus? Simak Ini Dulu Sebelum Meminangnya! 04

Jika dibanderol dengan harga Rp 690 jutaan, sudah pasti beberapa teknologi mumpuni sudah diaplikasikan pada Peugeot 3008 Allure Plus. Beberapa teknologi yang dijagokan oleh Peugeot untuk memanjakan konsumen Indonesia antara lain adalah 180 Degree Reversing Camera, Line Keeping Assist, i-Cockpit, Speed Limit Recognition, Blind Spot Information System, serta Driver Attention Alert.

Namun, pada poin ini hal yang ingin kami jabarkan adalah kecanggihan i-Cockpit yang diusung oleh Peugeot. Tampilan informasi yang disajikan untuk pengemudi sudah didesain dengan sangat atraktif dan informatif. Desain jarum speedometer serta rpm pun dibuat berbeda. Tidak seperti mobil pada umumnya, kecepatan kilometer per jam (kpj) dan putaran mesin (rpm) dibuat dengan bentuk menyerupai lingkaran 3D sehingga nuansa premium dan hi tech begitu terpancar dari Peugeot 3008 Allure Plus.

Setelah kami paparkan mengenai poin apa saja yang menjadi keunggulan, dalam pembahasan berikut kami juga akan menjabarkan perihal apa saja yang menjadi kekurangan dari Peugeot 3008 Allure Plus. Tentunya, kekurangan ini melihat karakteristik konsumen di Indonesia terhadap brand asal Perancis tersebut.

Kekurangan

1. Harga

Jatuh Cinta Pada Peugeot 3008 Allure Plus? Simak Ini Dulu Sebelum Meminangnya! 05

Bermain di segmen SUV yang sedang digandrungi oleh konsumen Indonesia, harga yang ditawarkan oleh Peugeot memang termasuk di atas rata-rata. Jika dibandingkan dengan brand asal Jepang, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, harga tersebut memiliki selisih yang sangat banyak.

Sedangkan jika dibandingkan dengan brand sesama benua Eropa, Peugeot juga memiliki harga yang mirip-mirip. Namun, bagi beberapa konsumen tentu lebih memilih BMW atau Mercedes-Benz, yang sudah lebih akrab dengan konsumen Indonesia.

2. Ketersediaan Bengkel Langka

Tidak seperti kompetitornya, BMW dan Mercedes-Benz, untuk urusan bengkel resmi, Peugeot saat ini belum memiliki banyak jaringan bengkel resmi. Tentunya hal ini menjadi sebuah isu yang besar bagi konsumen di Indonesia. Bahkan, tidak jarang konsumen membeli mobil berdasarkan banyak atau tidaknya bengkel jaringan resmi.

3. Sparepart Mahal

Ini juga menjadi poin penting bagi konsumen. Pengeluaran biaya untuk penggantian komponen, sering menjadi pertimbangan. Brand Peugeot memang memiliki imej yang dikenal mahal dari segi sparepart. Hal tersebut dikarenakan kualitas serta tingkat usia pakainya yang lebih lama.

Kesimpulan

Jika konsumen dengan uang berlebih dan naksir dengan Peugeot 3008 Allure Plus, ini merupakan pilihan yang cocok. SUV dengan desain dan bentuk yang tidak biasa, tentunya membuat Anda akan lebih dipandang oleh orang lain.

Namun, jika Anda menginginkan mobil ini namun dengan bujet terbatas, kami tidak menyarankannya. Sebab, dengan banderol harga yang dipatok, kami akan lebih menyarankan Anda meminang BMW atau Mercedes-Benz yang sudah memiliki banyak jaringan bengkel resmi untuk perawatan kendaraan.

So, pilihan di tangan Anda!

Spesifikasi Teknis Peugeot 3008 Allure
Dimensi PxLxT 4.670 mm, 1.855 mm dan 1.655 mm
Mesin 1.598 cc, 4 silinder, DOHC, VVT, twin scroll turbo high pressure
Tenaga 167 ps @6.000 rpm dan torsi maksimal 240 Nm @1.400 rpm
Rem Ventilated disc, solid disc
Velg dan ban 18 inci - 225/55
Harga OTR Jakarta Rp690 jutaan

Komentar