Lahir untuk pengemudi, Generasi Baru Mazda 6 2022 Bawa Mesin 6-Silinder dan Penggerak Belakang

Bent Aulia · 3 Jan 2021 13:00

desain Mazda 6 2022

Baru saja mendapatkan facelift tahun 2018 lalu, kabar terbaru dari Mazda 6 mengungkapkan pengembangan yang sedang dilakukan Mazda untuk mobil ini. Generasi keempat yang disebut akan meluncur pada tahun 2022 mendapatkan mesin 6-silinder yang lebih bertenaga. Tak ketinggalan platform baru dipersiapkan dengan teknologi hybrid guna bersaing dengan model lain ke era elektrifikasi.

Mazda 6 2022

Mazda 6 baru dilaporkan akan meluncur di pasar Jepang pada Maret 2022 mendatang. Proses pengembangan sedan berukuran besar ini sudah berlangsung. Dilansir dari beberapa sumber, model sedan dan estate Mazda ini akan mengalami renovasi menyeluruh.

Bukan hanya tampilan eksterior dan interior yang mengalami perubahan, bagian teknis dipercaya akan mendapatkan ubahan signifikan. Mulai dari platform, mesin, dan teknologi yang disematkan akan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

konsep Mazda 6 2022

Model sedan akan diperbaharui dari atas ke bawah. Proses pembaruan tercakup dalam ubahan generasi keempat, 10 tahun setelah model generasi ketiga diperkenalkan pada 2012 lalu. Tujuan dari proyek ambisius ini adalah untuk mengubah model ini menjadi sedan andalan pabrikan Jepang tersebut.

Mazda saat ini memberikan berbagai perkembangan paling relevan. Mulai dari generasi terbaru Mazda 3 yang mendapatkan ulasan yang cukup baik, serta model SUV kompak Mazda CX-30 dan kedatangan Mazda MX-30 sebagai mobil listrik Mazda pertama.

Mazda MX-30

Proses desain dan pengembangan Mazda 6 baru ini masih dalam tahap awal. Namun dengan gaya Mazda yang stylish, tampilan luarnya diprediksi masih tetap eksotis layaknya model generasi ketiga yang mendapatkan bahasa desain KODO: Soul of Motion.

Pada jajaran model Mazda 6, elektrifikasi bisa membawa teknologi mild-hybrid 48-volt dengan mesin SkyActiv-X serta varian hybrid plug-in atau PHEV. Mesin jenis ini memungkinkan Mazda mengurangi emisi untuk menyesuaikan tingkat emisi dari negara-negara Eropa maupun Amerika.

SkyActiv Technology dari Mazda

Mazda 6 baru akan bersaing dengan model premium lainnya, semisal Audi, BMW, dan Mercedes-Benz. Mobil ini kemungkinan besar akan mendapatkan platform FR, arsitektur generasi terbaru yang kompatibel dengan sistem pengendaraan bertenaga listrik.

Platform baru Mazda untuk model berteknologi hybrid ini menyebutkan akan bekerja sama dengan Toyota dengan aliansi terbaru. Apalagi model premium ini diprediksi akan berbagi model dan sedikit kemiripan dengan Toyota Crown.

Laporan terbaru juga mengungkapkan bahwa edisi terbaru menggunakan mesin dengan kapasitas yang lebih besar untuk meningkatkan tenaga dan torsi yang diberikan. Kerja sama ini memungkinkan Mazda mengurangi biaya yang sangat besar untuk mengembangkan mesin 6-silinder terbaru.

rendering Mazda 6 2022

Dari beberapa media, generasi terbaru Mazda 6 memiliki panjang sekitar 4.6 meter dengan jarak sumbu roda menjadi sekitar 2.8 meter. Berat kendaraan akan melebihi modal terdahulu dengan bobot mencapai 1.5 ton.

Kapan mobil ini dirilis ke pasar? Jepang tentu saja akan menjadi pasar pertama ubahan baru ini. Mengingat mobil ini diproduksi di Negeri Sakura tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, peluncurannya di dealer akan berlangsung pada Maret 2022.

Sedan premium Mazda

Mobil ini dikenal juga dengan nama Mazda Atenza di Jepang dan China, diambil dari bahasa Italia ‘attenzione’. Mobil berukuran sedang ini diproduksi sejak tahun 2002 menggantikan Mazda Capella/ Mazda 626 yang tak lagi diproduksi tahun 2002.

Mazda Atenza

Mazda 6 dipasarkan pertama kali dengan filosofi desain ‘Stylish, Insightful, dan Spirited” milik Mazda. Selain Mazda 6, pengguna bahasa desain ini termasuk Mazda 2, Mazda 5, Mazda RX-8, dan Mazda CX-7. Mazda 6 2003 pada dasarnya adalah Mazda 626 generasi keenam karena menggunakan platform G.

Mazda 6 Generasi pertama (2002)

Mazda 6 generasi pertama dirilis di Jepang dengan nama Mazda Atenza pada bulan Mei 2002. Line up model terdiri dari sedan 4 pintu, hatchback dan wagon 5 pintu. Kedatangannya di Jepang menandakan pendekatan baru untuk sedan mewah dengan tampilan yang lebih elegan.

Mazda 6 2002

Mazda membedakan tampilan pada model domestik dan pasar lainnya. Mulai dari desain lampu depan dan bumper serta tambahan mesin baru yang lebih bertenaga. Di dalam, tampilannya menawarkan berbagai fitur canggih pada masanya.

dashboard Mazda 6 2002

Kombinasi mesin termasuk Mazda MZR dengan konfigurasi 1.8L, 2.0L, dan mesin berkapasitas 2.3L. Awalnya dengan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 4-percepatan, dikenal juga dengan 4-speed sport AT.

Mazdaspeed 6

Mazdaspeed Atenza 2006 atau dikenal dengan nama Mazdaspeed6 dan Mazda 6 MPS merupakan versi performa tinggi dari Mazda 6. Mesin bertenaga turbo 2.3T MZR 4-silinder menghasilkan 268 hp serta 258 hp untuk versi Eropa.

Mazda 6  Generasi kedua (2007)

Generasi kedua tampil perdana di Frankfurt Auto Show pada bulan September 2007 dengan ubahan yang tak begitu signifikan. Mazda 6 baru dibuat dari platform sasis Mazda GH, versi revisi dari sasis GG yang masih digunakan Ford dengan nama CD3.

Mazda 6 2007

Mazda terus menghadirkan tiga gaya bodi. Mulai dari sedan 4 pintu, hatchback 5 pintu, dan versi wagon yang lebih besar. Model hatchback bahkan memiliki ruang bagasi yang mengalahkan pesaingnya di segmen yang sama.

Ubahan paling terasa pada lampu depan serta bumper yang lebih elegan. Ruang kabin berlapis kulit, mulai dari kursi, dashboard, hingga trim pintu. Head unit 2DIN dengan pemutar CD dan MP3 serta ruang penyimpanan tertutup pada konsol tengah.

dashboard Mazda 6 2007

Pilihan mesin baru termasuk versi 2.5L 4-silinder serta pilihan mesin 3.7T V6 yang juga ditemukan pada Mazda CX-9. Mobil ini bahkan mampu mencatatkan waktu akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,1 detik untuk model Mazda 6 V6.

Mazda 6 Generasi ketiga (2012)

Sedang Mazda 6 generasi ketiga meluncur di Moscow International Automobile Salon pada Agustus 2012. Pada generasi ini, hanya tersedia versi sedan 4 pintu dan estate 5 pintu. Edisi wagon/estate tak lagi dipasarkan di Amerika.

Mazda Atenza 2018

Desainnya yang mengesankan dengan tampilan minimalis memberikan desain baru dari Mazda 6. Menjadikannya finalis World Design of the Year 2013. Pada bulan Juli 2019, papan nama “Atenza” tak lagi digunakan di pasar Jepang.

Interior masih menghadirkan tampilan elegan dan premium dari gabungan material kulit dan aksen silver dari dominasi warna hitam. Head unit bergaya floating serta kursi dengan sandaran yang miring memberikan kenyaman tersendiri ketika berkendara di bagian belakang.

dashboard Mazda 6 2018

Generasi ketiga sudah mendapatkan Smart City Brake Support, ftur sunroof, 11 speaker sistem Bose, peningkatan efisiensi dari mesin SkyActiv-G 2.5L, tambahan transmisi manual 6-percepatan dan 7 opsi warna eksterior.

Penyegaran tengah siklus untuk Mazda 6 2018 meluncur pada November di Los Angeles Auto Show 2017. Perubahan kali ini menghadirkan ubahan fasia depan dan belakang, desain velg alumunium alloy baru, serta teknologi sistem berkendara i-Activsense standar bagi semua varian.

Mazda 6 Indonesia versi terbaru

New Mazda 6 2020 yang dijual di Indonesia saat ini merupakan edisi facelift dari generasi ketiga yang meluncur 2018 lalu. Ini merupakan mobil pertama Mazda yang mendapatkan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto.

Ada dua bodi yang dipasarkan, yaitu Mazda 6 Elite untuk versi sedan dan Mazda 6 Estate untuk model Wagon. Sedangkan untuk tahun 2021, mobil ini diprediksi tanpa ubahan besar.

Eksterior Mazda 6 2021

Kesan menawan khas Mazda langsung terlihat ketika menelusuri tampilan eksterior mobil ini. Grille bergaya trapesium terbalik dengan model honeycomb dilengkapi dengan aksen chrome yang membuatnya terasa lebih mewah.

lampu depan Mazda 6 2021

Bagian samping membawa garis yang mulus, menjadikannya elegan dengan tambahan lis chrome di sekeliling jendela. Pilihan velg 19 inci disandingkan dengan ground clearance 165 mm yang membuatnya semakin rendah, cocok untuk dibawa di jalanan perkotaan.

sisi samping Mazda 6 2021

Di belakang, perbedaan antara New Mazda 6 Elite dan Estate tentu saja terlihat pada jendela belakang. Jike versi sedan memiliki bagasi yang terpisah dari ruang kabin, model Estate mendapatkan jendela yang lebih tinggi sehingga menghasilkan ruang belakang yang lebih lapang.

New Mazda 6 2021

Eksterior Mazda 6 2021

P x L x T

4.800 mm x 1.840 mm x 1.480 mm

Wheelbase

2.750 mm

Ground Clearance

165 mm

Radius Putar

5.5 m

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

255/45 R19

Velg

19 inci

Interior Mazda 6 2021

Pada bagian kabin, ada desain minor dari tata letak konsol tengah dibandingkan model sebelum facelift. Selain head unit berukuran 8.0 inci, ada panel yang lebih kecil untuk tombol pengatur suhu. Menghasilkan tampilan yang lebih rapi.

dashboard Mazda 6 2021

Kenyamanan di dalam kabin terlihat dari perpaduan material soft touch, panel kayu, dan lapisan kulit, menjadikan aura premium semakin terasa. Kursi depan didesain ulang dan lebih menyokong punggung, sekarang diberi ventilasi sehingga dapat menghilangkan keringat ketika berkendara di hari yang panas.

kursi Mazda 6 2021

Kursi berlapis kulit bisa ditemukan pada kedua model mobil ini. Ruang untuk empat orang dewasa terasa cukup di dalam kabin. Meski jok tengah di baris kedua terasa sempit karena terhalang oleh terowongan transmisi.

Mesin Mazda 6 2021

Saat ini, New Mazda 6 2020 mengandalkan mesin SkyActiv-G 2.5L yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 190 hp serta torsi mencapai 258 Nm. Disandingkan dengan transmisi 6-percepatan otomatis yang disalurkan ke roda depan.

mesin Mazda 6 2021

Mazda telah merevisi kemudi dan suspensi pada mobil. Meningkatkan kesenangan berkendara khas Mazda. Kemudi yang tajam memberikan handling ketika menikung lebih menyenangkan. Sedangkan set-up suspensi membuatnya lebih nyaman dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

Mesin Mazda 6 2021

Tipe Mesin

SKYACTIV-G 2.5L 4-ilinder segaris DOHC 16 katup

Kapasitas Mesin

2.488 cc

Tenaga Maksimal

190 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

258 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

SkyActiv-Drive 6-percepatan otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Fitur Mazda 6 2021

Kenyamanan dan fitur yang berlimpah membuat mobil ini menjadi salah satu pilihan sedan premium yang patut dipertimbangkan. Sistem infotainment 8.0 inci menjadi pusat dari semua sistem hiburan di dalam kabin melalui MZD Connect.

MZD Connect

Berbagai fitur lain di dalam mobil termasuk integrasi smartphone, cruise control, kemudi dengan tombol Audio Steering Switch dan AC Full Auto dual zone. Untuk meningkatkan rasa berkendara, Mazda memperkenalkan Active Driving Display dari HUD yang disematkan di belakang kemudi.

Sistem keselamatan yang ditawarkan yaitu pengereman ABS+EBD+BA, Dynamic Stability Control (DSC) dan Traction Control System (TCS), G-Vectoring Control Plus (GVC Plus), serta sistem i-Activsense dengan Blind Spot Monitoring dan Smart City Brake Support.

Harga Mazda 6 2021

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada dua varian yang dipasarkan di Indonesia, yaitu model estate dan sedan. Saat ini, harga Mazda 6 2020 baik dari bodi Estate dan Elite sama-sama dipasarkan mulai dari Rp682 jutaan.

New Mazda 6 2020

Sedangkan Mazda Indonesia memberikan beberapa promo akhir tahun berupa bunga 0% hingga garansi 5 tahun bagi setiap pembelian mobil ini. Promo ini berlangsung mulai dari tanggal 21 Desember hingga 3 Januari 2021.

Dilihat dari segmen yang dituju, mobil ini memang tak begitu masif dalam hal penjualan dibandingkan Mazda CX-3 maupun model sedan seperti Mazda 3 yang lebih kompak. Sedangkan harga Mazda 6 2021 berkemungkinan besar mengalami peningkatan.

Kesimpulan

Disebut sebagai salah satu sedan premium terbaik yang bisa didapatkan saat ini, New Mazda 6 2020 saat ini juga memiliki model wagon yang memberikan kepraktisan lebih besar. Gaya yang stylish serta fun to drive khas Mazda membuatnya enak dibawa berkendara mengelilingi kota. Sayangnya edisi terbaru dipastikan masih lama masuk ke Indonesia dengan rencana generasi keempat baru meluncur di Jepang di awal 2022 mendatang.

Komentar