Kurang Laku, Mazda CX-3 dan Mazda 6 Disuntik Mati Tahun Depan

Prasetyo · 25 Mei, 2021 15:00

Mazda CX-3 2021

Kabar mengejutkan baru saja datang dari Mazda yang telah memutuskan akan menyuntik mati dua produk andalannya, Mazda CX-3 dan Mazda 6. Informasi ini diumumkan langsung oleh Mazda divisi Amerika Serikat (AS) tentang akan hilangnya Mazda CX-3 dan Mazda 6 sedan untuk tahun 2022.

"Selama lebih dari 100 tahun, Mazda telah berhasil menemani kebutuhan konsumen yang terus berubah serta industri yang selalu berubah demi menghadirkan kendaraan berdesain indah yang menyenangkan untuk dikendarai. Namun seiring berkembangnya minat konsumen, Mazda akan menghentikan CX-3 dan Mazda 6 untuk model 2022," tulis keterangan resmi Mazda yang dikutip dari Carbuzz, Selasa (25/05/2021).

Mazda 6 2021

Mazda 6 2021

"Meskipun kedua model kendaraan ini akan meninggalkan lineup produk kami, tapi kami bangga akan kinerja, desain, kualitas, dan fitur keselamatan yang telah diberikan keduanya untuk mendukung merek kami," tambah keterangan resmi dari pihak Mazda AS.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Makin Murah, Mazda CX-3 SPORT Kini Dapatkan Mesin 1.5 Liter, Harga Rp339,9 Juta!

Mazda CX-3 Pamit Padahal Baru Seumur Jagung

Mazda CX-3 tercatat pertama kali diperkenalkan tahun 2016. Platformnya mengambil dari Mazda 2 namun dibuat sedikit lebih besar dan lebih tinggi. Sehingga CX-3 memiliki fleksibilitas yang lebih baik.

Mazda CX-3 2020

Sedikit lebih tinggi dari Mazda 2

Menggunakan mesin Skyactiv-G 2.0L yang mampu mengembangkan tenaga 146 hp dengan torsi 195 Nm, CX-3 sempat mencatat penjualan lebih dari 18.000 unit di AS pada tahun pertamanya. Namun sejak model CX-30 bergabung di tahun 2019, pamor CX-3 di AS malah jadi meredup.

Mazda 6 Meninggalkan Historis Panjang

Jika Mazda CX-3 hanya hadir dalam satu generasi, berbeda dengan Mazda 6. Sejarah midsize sedan ini sudah dimulai sejak Mazda Amerika memperkenalkan 626 sedan di tahun 2003. Saat itu mesinnya menggunakan Duratec 3.0L yang mampu memproduksi daya 220 Hp.

Mazda 6 2014

Mazda 6 sedan generasi kedua

Mazda 6 sedan pun muncul generasi keduanya di tahun 2009. Kala itu pilihan mesinnya 2.5L empat silinder atau 3.7L V6. Kemudian generasi ketiganya pun muncul di tahun 2014.

Namun situasi buruk menerpa Mazda. Penjualan Mazda 6 sedan dari 2014 hingga 2020 selalu ambruk. Dari awalnya bisa 50.000 unit per tahun, menjadi cuma 20.000 unit di sepanjang tahun lalu.

Mazda 6 2014

Mazda 6 generasi ketiga

Kemungkinan besar, sosok Mazda 6 sedan ini akan digantikan oleh Vision concept yang pernah ditampilkan Mazda. Unit tersebut kabarnya akan menggunakan mesin enam silinder baru, berpenggerak roda belakang, serta mampu menghasilkan tenaga setidaknya 350 hp.

Baca juga : Ini Dua Fitur Canggih Baru, Andalan All New Mazda6 di Indonesia

Mazda CX-3 dan Mazda 6 di Indonesia Masih Bertahan

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, pihak Mazda Indonesia masih menjual CX-3. Bahkan pada akhir Maret 2021 lalu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor resmi mazda di Tanah Air, juga telah memperkenalkan Mazda CX-3 Sport 1.5L.

Mazda CX-3 2021

Mazda CX-3 1.5L di Indonesia

Demikian pula dengan Mazda 6 yang masih tetap ada di lini produk EMI. Baik itu Mazda 6 Elite sedan, maupun Mazda 6 Estate.

Baca juga : Lahir untuk pengemudi, Generasi Baru Mazda 6 2022 Bawa Mesin 6-Silinder dan Penggerak Belakang

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru