Mana Lebih Mantap, Berkendara Dengan Honda Civic Hatchback RS atau Mazda CX-3?

Anissa · 23 Sep, 2020 19:00

Mana Lebih Mantap, Berkendara Dengan Honda Civic Hatchback RS atau Mazda CX-3? 01

Honda Civic Hatchback RS belum lama ini baru saja meluncur di pasar otomotif Tanah Air. Mengisi segmen hatchback di Indonesia, Honda Civic Hatchback RS ini harus bersaing dengan banyak mobil, dan salah satu pesaingnya yang paling utama ialah Mazda CX-3.

Mazda CX-3 memang berada dalam segmen yang sama dengan Honda Civic Hatchback RS. Keduanya juga memiliki dimensi yang hampir sama.
Tetapi kali ini kita akan menyoroti pengalaman berkendara yang diberikan dari kedua model mobil tersebut.

Perbandingan Pengalaman Berkendara

Jika bicara soal pengalaman berkendara, pasti kita tidak bisa melupakan soal mesin dan performa. Honda Civic Hatchback RS sendiri dibekali dengan mesin berkapasitas 1,5 liter. Sementara Mazda CX-3 dibekali dengan mesin berkapasitas 2,0 liter. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat tabel berikut ini.

Keterangan Mesin Honda Civic Hatchback RS Mesin Mazda CX-3
Mesin 4 Silinder Segaris VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW SKYACTIV-G 2.0, In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve
Kapasitas 1,5 Liter (1.498 cc) 2,0 Liter (1.998 cc)
Jumlah Silinder 4 Silinder 4 Silinder
Transmisi Automatic CVT with Earth Dream Technology Otomatis 6 Percepatan
Power Output 170 HP / 5.500 rpm 146 HP / 6.000 rpm
Torsi 220 Nm / 1.700-5.500 rpm 195 Nm / 2.800 rpm
Sistem Penggerak Front Wheel Drive Front Wheel Drive

Dilihat dari tabel tersebut di atas, meskipun kapasitas mesin Mazda CX-3 lebih besar, tetapi tenaga yang dihasilkan oleh Honda Civic Hatchback RS jelas jauh lebih besar. Tidak hanya tenaga, Honda Civic Hatchback RS juga unggul dalam hal torsinya.

Mana Lebih Mantap, Berkendara Dengan Honda Civic Hatchback RS atau Mazda CX-3? 02

Selain itu, Honda Civic Hatchback RS juga sudah menggunakan transmisi CVT. Transmisi ini dikenal bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Berkendara dengan mobil manapun tentu tidak akan terasa lengkap tanpa fitur-fitur yang menambah kenyamanan dan keamanan berkendara.
Honda Civic Hatchback RS dan Mazda CX-3 menggunakan bahasa desain yang driver-oriented. Semua tombol pengaturan berada di tempat yang dapat dengan mudah dijangkau oleh pengemudi, bahkan ketika berkendara.

Mana Lebih Mantap, Berkendara Dengan Honda Civic Hatchback RS atau Mazda CX-3? 03

Setir Honda Civic Hatchback RS maupun Mazda CX-3 sudah menggunakan teknologi Tilt & Telescopic sehingga setirnya bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudinya. Kedua model mobil ini juga sama-sama dilengkapi dengan fitur cruise control, engine start/stop button, dan keyless entry.

Kurang lebih, fitur yang terdapat pada Honda Civic Hatchback RS bisa juga kita temukan pada Mazda CX-3. Tetapi ada salah satu fitur yang hanya dimiliki oleh Honda Civic Hatchback RS, dan fitur tersebut ialah Electric Seat Adjustment. Fitur ini memberikan kenyamanan yang lebih bagi penumpang, karena penumpang akan dapat dengan mudah mengatur posisi kursi mereka saat berkendara.

Mana Lebih Mantap, Berkendara Dengan Honda Civic Hatchback RS atau Mazda CX-3? 04

Sekarang kita beralih pada hal yang paling utama dalam berkendara, yaitu keselamatan. Honda Civic Hatchback RS diketahui memiliki beragam fitur keselamatan yang mumpuni. Untuk fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi dengan Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor Parkir, Rearview Camera, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Control System. Semua fitur ini tentu akan memberikan pengendaraan yang lebih nyaman, aman, fleksibel, serta stabil.

Sementara itu, untuk fitur keselamatan pasifnya, Honda Civic Hatchback RS menggunakan Dual Front i-SRS Airbags, Side Airbags, dan Side curtain airbags. Selain itu, disematkan pula sabuk pengaman 3P ELR untuk penumpang di barisan depan, serta fitur Child Safety Locks dan ISOFIX untuk keamanan penumpang anak-anak.

Mana Lebih Mantap, Berkendara Dengan Honda Civic Hatchback RS atau Mazda CX-3? 05

Sama seperti Honda Civic Hatchback, Mazda CX-3 pun dilengkapi dengan Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor Parkir, Rearview Camera, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Control System berupa Dynamic Stability Control dan Traction Control System.

Tetapi sayangnya, pada bagian fitur keselamatan pasifnya, mobil ini berada di bawah Honda Civic Hatchback RS. Mazda CX-3 hanya memiliki dual front serta curtain and side airbags. Untungnya, mobil ini juga memiliki fitur Child Safety Locks dan ISOFIX.

Kesimpulan

Dengan banderol harga yang mencapai Rp499 jutaan, Honda Civic Hatchback RS memang dituntut untuk memiliki banyak kelebihan, terlebih dari segi pengalaman berkendaranya. Sementara itu, Mazda CX-3 juga tidak mengecewakan, meskipun banderol harganya berada di bawah Honda Civic Hatchback RS, yakni dengan kisaran harga Rp399,9 hingga Rp464,4 jutaan.

Mana Lebih Mantap, Berkendara Dengan Honda Civic Hatchback RS atau Mazda CX-3? 06

Kendati demikian, soal performa dan pengalaman berkendara yang diberikan, Honda Civic Hatchback RS jelas mengungguli pesaingnya tersebut. Dari segi performa, Honda Civic Hatchback RS dijamin bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga, namun tetap halus, berkat penggunaan transmisi CVT.

Selain itu, fitur yang mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara pada Honda Civic Hatchback RS juga sangat mumpuni. Pengendara dijamin dapat merasakan sensasi berkendara yang nyaman dan aman.

Komentar