Nasibnya Belum Pasti, Apakah Baojun 310 Layak Kita Beli Nanti?

Brodin · 22 Agu 2020 07:00

Bicara produk-produk dari Wuling memang selalu saja menarik, karena merek ini senantiasa menawarkan mobil dengan harga terjangkau. Berkaca dari pengalaman, Wuling Confero dan Confero S yang sudah diperkenalkan, harganya bahkan lebih murah dari varian terendah merek sebelah.

Wuling Indonesia melalui PT SGMW Motor Indonesia pada 2018 lalu berencana ingin memperkenalkan versi Indonesia dari Baojun 310. Harga dari Baojun 310 sebagaimana dikutip dari Otosia, pun cukup ramah di kantong, dimana di negara asalnya mobil ini hanya dibanderol harga antara RMB 36.800 (Rp 73 jutaan) hingga RMB 49.800 (Rp 98 jutaan).

Kalaupun ada kenaikan harga, tetap saja Baojun 310 ini masih cukup terjangkau. Segmentasinya bisa bertarung dengan mobil LCGC yang sudah terlebih dahulu ada. Lantas, dengan harganya yang murah, Apakah Baojun 310 layak kita jadikan alternatif pilihan selain LCGC?

Desain Stylish dan Sporty khas Anak Muda

Wuling Baojun 310 Hatchback ini disebut-sebut “menggabungkan styling tradisional ala Wuling yang berpostur besar dengan tampilan muda dan modern”, yang diwakili dengan bagian depan ‘Double-U’ yang didominasi oleh upper grille besar .

Gayanya amat anak-muda sekali. Sayangnya dengan dimensi sedemikian panjang komparasi ban agak kecil, sehingga perbandingan dengan body agak kurang ideal. Secara dimensi, Baojun 310 memiliki wheelbase 2.550 mm, yang digambarkan sebagai “terpanjang di antara mobil hatchback di kelasnya”.

Mesin Kecil nan Irit, Tak Kalah Dari LCGC

Baojun 310 dijual dengan empat trim kemewahan yaitu Value, Comfort, Fashion dan Luxury. Kesemuanya menggendong mesin 1.200cc dengan pilihan transmisi manual lima percepatan.

Sumber tenaga Baojun 310 berasal dari mesin naturally aspirated berkapasitas 1.2-liter yang baru dikembangkan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 82 PS (81 HP) dengan torsi 116 Nm (86-ft.lbs) pada 3.600 rpm, serta konsumsi bahan bakar rata-rata 5.3 liter/100 km.

Interior dengan Fitur Lengkap dan Keren

Di dalam kabin, Baojun 310 tipe tertinggi didukung layar LCD resolusi tinggi 8-inci dengan sistem navigasi GPS dan Bluetooth. Mobil berpenggerak roda depan ini fiturnya sangat menggiurkan. Bahkan, beberapa fiturnya bisa setara dengan Honda HR-V yang harganya tiga kali lipatnya.

Sebut saja Cruise Control, empat airbag, jok keselamatan anak ISOFIX, power sunroof, hingga 18 ruang penyimpanan. Baojun 310 ini juga memiliki kamera spion belakang, serta ABS dengan distribusi brakeforce elektronik.

Kesimpulan

Melihat rentang harga dan spesifikasi yang ditawarkan, Baojun 310 akan menjadi mobil perkotaan dengan fitur terbaik dan harga termurah. Kalaupun nantinya mobil ini dijual dengan harga Rp 200 juta pun masih bisa disebut terjangkau karena fiturnya bisa disejajarkan dengan mobil seharga Rp 300 jutaan di Indonesia.

Sayangnya, rencana PT SGMW Motor untuk memperkenalkan Baojun 310 urung dilakukan. Namun, tidak ada kata terlambat untuk sebuah city car dengan fitur lengkap seperti Baojun 310 karena kebutuhan teknologi pada sebuah kendaraan dirasa semakin penting.

Komentar

Mobil Terbaru