window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp1 Miliar!

Enda · 9 Mar, 2021 14:15

New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp1 Miliar! 01

New Mazda CX5 GT dan New Mazda CX-9 AWD

Pabrikan otomotif kendaraan roda empat jenama Jepang, Mazda, melalui PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek mobil Mazda di Tanah Air, secara resmi meluncurkan varian terbarunya, yaitu New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD pada Selasa (9/3).

Dua SUV anyar ini, tetap mempertahankan gaya desain KODO-Soul of Motion sebagai ikoniknya. Sekilas, baik CX-5 GT dan CX-9 AWD terbaru, memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan generasi pra faceliftnya.

“Kami meluncurkan dua SUV andalan terbaru yaitu New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD dengan berberapa ubahan dan tambahan fitur serta teknologi untuk memberikan kenyamanan berkendara bagi pnegguna,” ujar Erik Pascanugraha, selaku General Manager Operations PT Eurokars Motor Indonesia.

Diketahui CX-5 GT terbaru yang bermain di segmen Medium SUV, memiliki pesaing utama, yakni New Honda CR-V. Sedangkan New CX-9 AWD yang masuk dalam kelas Large SUV, berhadapan langsung dengan Hyundai Palisade.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Penasaran dengan ubahan apa aja yang dilakukan Mazda terhadap dua SUV terbarunya ini? Berikut ulasannya.

Baca juga: Tampilan Spyshoot Honda CR-V 2023

New Mazda CX-5 GT Lebih Canggih dengan Teknologi dan Fitur Terbaru

New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp1 Miliar! 01

New Mazda CX-5 GT 2021

Dari beberapa model SUV Mazda dengan konfigurasi 5-Seater, Mazda CX-5 merupakan model yang cukup digemari di Tanah Air. Launching ini berselang dua tahun setelah PT EMI meluncurkan facelift pertama, pihaknya kembali meluncurkan Mazda CX-5 di penghujung 2019 lalu.

Di Tahun 2021, pihaknya kembali memberikan penyegaran terhadap New Mazda CX-5 GT dengan sedikit ubahan pada tampilan, tambahan teknologi, serta fitur terbaru.

“Penyegaran pada SUV terlaris kami ini akan menyuguhkan keunggulan efisiensi yang menguntungkan bagi konsumen New Mazda CX-5. Selain itu, khusus varian GT, kami juga memberikan fitur baru yang akan menyuguhkan kesenangan berkendara lebih sporty” ujar Ricky Thio, Managing Director PT. EMI.

Khusus untuk New Mazda CX-5 GT juga mendapatkan beberapa penyegaran, antara lain penggunaan paddle shift di balik lingkar kemudi untuk meningkatkan sensasi ala balap saat berkendara.

New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp1 Miliar! 02

Interior New Mazda CX-5 GT 2021

Selain itu, terdapat tambahan fitur kekinian smartphone integration seperti Wireless Apple Carplay dan Andoid Auto. Interiornya semakin premium dengan Metal Wood Trim baru, Head Unit 8-inch Mazda Connect, dan terdapat fitur unggulan Active Driving Display (head-up display) yang menyampaikan informasi kecepatan dan lainnya.

Sebagai SUV yang komplit, Mazda CX-5 GT memiliki fitur Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), layar information meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya yang kini menjadi 7 inci dan BOSE dengan 10 speaker premium sound system yang dapat memberikan kualitas suara unggul.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan New Honda CR-V 2021

Oh iya, New Mazda CX-5 GT ini juga mendapat velg roda dengan desain baru premium dan tegas berukuran 19 inci. Tidak hanya itu, SUV medium terbaru Mazda ini juga mendapatkan LED interior lamp, New Key fob design dan font CX-5 terbaru sebagai identitasnya saat ini.

Semua varian Mazda CX-5 yang dijual di Indonesia menggunakan mesin bensin 2.5 Liter SKYACTIV-G 4-silinder yang menghasilkan tenaga maksimum 190 PS dan torsi puncak 251 Nm. Varian terbaru CX-5 GT mendapat penyegaran pada mesin yang mampu meningkatkan tenaga 4 PS lebih tinggi dan juga Torsi 6 Nm lebih tinggi dari mesin sebelumnya.

Berikut data mesin terbaru New Mazda CX-5 GT.

Spesifikasi Mesin New Mazda CX-5 GT
Keterangan New Mazda CX-5 GT
Mesin In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve
Kapasitas 2.488 cc
Tenaga 194 PS @6.000 Rpm
Torsi 258 Nm @4.000 Rpm
Transmisi Otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-Percepatan

Pada penyegaran mesin, New Mazda CX-5 GT kini mendapatkan mode cylinder deactivation. Teknologi canggih ini memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan. Untuk distribusi tenaga, mesin CX-5 GT ini dikawinkan dengan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-Percepatan.

Mode ini bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin, sehingga mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. 

New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp1 Miliar! 03

Mesin New Mazda CX-5 GT 2021 dengan teknologi cylinder deactivation

"Untuk cylinder deactivation, tingkat efisiensi bahan bakarnya mencapai 5-15 persen saat aktif dan tergantung dari karakter berkendara dari pengemudinya. Angka efisiensi tentunya akan lebih baik saat berada dikecepatan lebih rendah," jelas Kenny Wala, Product Planner PT. EMI.

Tidak ketinggalan, terdapat fitur i-Stop yang bertugas untuk menghentikan fungsi kerja mesin pada saat kendaraan berhenti. Dengan begitu, beban kerja mesin akan semakin menambah efisiensi bahan-bakar.

Semakin Nyaman, New Mazda CX-9 AWD Mendapat Fitur dan Tampilan Baru

New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp1 Miliar! 04

New Mazda CX-9 AWD 2021

New Mazda CX-9 di Indonesia saat ini dijual dalam dua pilihan sistem penggerak, yaitu 2WD (front wheel drive) dan All-Wheel Drive (AWD). Pada penyegaran terbaru kali ini, kedua varian New Mazda CX-9 AWD tersebut mendapatkan tambahan fitur berupa paddle shift sebagai fitur standar, wireless smartphone charger dan sistem koneksi nirkabel Apple CarPlay.

Khusus untuk varian New Mazda CX-9 AWD mendapatkan beberapa penyegaran untuk penampilannya. Diantaranya yaitu grill dengan warna dan desain baru, velg berbahan dasar alloy berukuran 20 inci dengan desain dan warna baru yang terlihat lebih cerah. Tidak ketinggalan penggunaan tailpipe yang lebih besar dari sebelumnya di bagian belakang.

Baca juga: Hyundai Palisade, Musuh Terdekat New Mazda CX-9 AWD

Sementara di dalam kabinnya, kini New Mazda CX-9 mendapatkan perubahan desain di bagian samping jok dan beberapa sentuhan baru pada bagian panel interior.

New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp1 Miliar! 05

Interior New Mazda CX-9 AWD 2021

Kenyamanan di dalam kabin New Mazda CX-9 juga diberikan oleh lapisan Nappa Leather berwarna Brown pada keseluruhan bagian jok serta penggunaan Real Wood Panel pada beberapa bagian interior, yang mempertegas sentuhan kemewahan di dalam kabin New Mazda CX-9 AWD.

New Mazda CX-9 AWD maupun 2WD menggunakan mesin bensin 2.5 liter yang dilengkapi turbocharger. Teknologi Mesin SKYACTIV-G 2.5T ini dipadukan dengan transmisi pintar dan canggih SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan. Sebagaimana varian 2WD, dalam kondisi normal, sistem penggerak New Mazda CX-9 AWD akan meneruskan 100% tenaganya pada roda depan. Namun saat terjadi selip, secara otomatis sistem AWD akan membagi tenaga ke roda belakang secara simultan sesuai dengan traksi yang dibutuhkan.

Berikut data mesin terbaru New Mazda CX-9 AWD.

Spesifikasi Mesin New Mazda CX-9 AWD
Keterangan New Mazda CX-9 AWD
Mesin In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve Turbocharged
Kapasitas 2.488 cc
Tenaga 231 PS @5.000 Rpm
Torsi 420 Nm @2.000 Rpm
Transmisi Otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-Percepatan

Soal pengendaliannya, sebagaimana model Mazda lainnya, New Mazda CX-9 ini juga telah mendapatkan fitur G-Vectoring Control Plus atau GVC+ yang menyuguhkan kemampuan terbaiknya untuk membantu pengendaraan di berbagai kondisi jalan. Hal ini juga terkait dengan jaminan keselamatan bagi pengguna New Mazda CX-9 yang sesuai dengan filosofi Mazda Proactive Safety yang terangkum dalam paket teknologi canggih pada i-ACTIVSENSE.

New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp1 Miliar! 06

Fitur i-ACTIVSENSE New Mazda CX-9 2021

Fitur-fitur keselamatan tersebut antara lain mulai dari sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control dan Traction Control, Hill Launch Assist (HLA) dan Emergency Stop Signal (ESS). Termasuk juga fitur keselamatan pasif berupa 6 titik airbag, ISOFIX dan juga struktur rangka kuat SKYACTIV-BODY. Selain itu masih ada pula Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Sport Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS) dan Driver Attention Alert (DAA).

Harga New Mazda CX-5 GT dan New Mazda CX-9 AWD

Harga New Mazda CX-5 GT 2021
New Mazda CX-5 GT 2021 Rp555.800.000 (OTR Jakarta)

 

Harga New Mazda CX-9 AWD 2021
New Mazda CX-9 2WD 2021 Rp869.900.000 (OTR Jakarta)
New Mazda CX-9 AWD 2021 Rp998.800.000 (OTR Jakarta)

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Mazda CX 5 GT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil