window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Spesifikasi Mazda CX-90 Bisa Bungkam Arogansi Fortuner dan Pajero Sport

Prasetyo · 20 Mar, 2024 17:02

spesifikasi mazda cx-90 2024

Spesifikasi Mazda CX-90 sebenarnya sudah diumumkan secara global sejak Februari 2023, namun SUV premium ini belum tiba ke Indonesia.

CX-90 hadir menemani CX-60 sebagai bagian dari strategi Mazda untuk menghadirkan SUV mewah yang berkelas di pasar Amerika dan Eropa.

Datang dengan dimensi yang cukup bongsor serta memiliki konfigurasi jok 3 baris untuk 6-7 penumpang, Mazda CX-90 juga dibekali spesifikasi mesin yang mumpuni.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

CX-90 diposisikan sebagai pengganti dari Mazda CX-9, karena itu beberapa hal yang ada di generasi sebelumnya juga diturunkan ke CX-90.

"CX-90 menawarkan performa bertenaga dan responsif, desain yang menawan, dan teknologi yang intuitif. Ini adalah kendaraan terobosan di segmennya," kata Jeff Guyton, President and CEO Mazda North American Operations saat peluncuran resminya.

Lantas apa yang istimewa dari spesifikasi Mazda CX-90 dibanding pendahulunya? Mari kita ulas lebih detail.

Baca juga: Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V?

Eksterior yang Menawan

spesifikasi mazda cx-90 2024

Bodi bongsor dengan kapasitas 7 penumpang

Kalau melihat sosok mobil ini maka tidak bisa dibilang compact, mengingat panjang tubuhnya saja lebih dari 5 meter (m).

Namun CX-90 tetap mempertahankan bahasa desain KODO Soul of Motion yang menegaskan tema sederhana namun tetap berkarakter dan punya aura kemewahan yang kental.

Fascia depan model ini tampak masih mirip dengan CX-60, antara lain dari bentuk grilnya yang diberi tema warna hitam namun di bagian tepinya pakai aksen chrome.

Namun pada CX-90 terlihat menggunakan lampu utama yang sedikit lebih besar, tetapi lampu ini sama-sama sudah terintegrasi dengan LED Daytime Running Light (DRL) berbentuk L.

Lanjut ke bawah, terlihat lekukan bemper juga dibuat simple, tanpa ada sudut menyiku yang berlebihan.

spesifikasi mazda cx-90 2024

Aura mewahnya begitu menonjol

Sementara di bagian Under Guard juga lagi-lagi diberi ornamen krom.

Untuk bagian sampingnya, mobil ini juga cukup identik dengan garis-garis pinggang CX-60.

Misalnya ada ornamen di atas fender roda depan, lengkungan fender roda yang juga masih mirip, kaca jendela baris ketiga yang didesain lebih kecil, serta keberadaan roof rail yang diberi aksen silver.

Untuk kaki-kaki CX-90 diberi velg ukuran 21 inci dengan desain yang juga menarik, serta menggunakan kombinasi warna hitam dan silver.

Adapun pada bagian belakang, lagi-lagi garis tubuhnya masih mirip dengan CX-60, hanya saja di CX-90 dibuat lebih besar dan lebih kembung.

Baca juga: Dibandingkan dengan All New Toyota Vios, Mazda 2 Sedan Gak Pede dari Segi Spesifikasi

Tawarkan Kabin yang Elegant dan High Tech

spesifikasi mazda cx-90 interior kabin

Material yang digunakan kombinasi kulit, kain, dan kayu premium

Kemiripan dengan CX-60 rupanya terus berlanjut pada bagian kabin mobil ini.

Terlihat dari adanya kombinasi penggunaan material kain, kulit, dan kayu premium yang apik dengan pemakain warna-warna cerah.

Pada bagian tengah dasbor terlihat sudah tersemat head unit layar sentuh ukuran 12,3 inci.

Perangkat ini juga sudah menggunakan sistem Infotainment Mazda CONNECT yang mampu mengaktifkan berbagai fitur mulai dari HD Radio, Bluetooth, dan konektivitas nirkabel dengan ponsel melalui Android Auto dan Apple CarPlay.

Komponen tersebut juga telah tersambung dengan 8 speaker premium yang tersebar secara strategis di seluruh kabin, untuk menghasilkan suara dengan kualitas yang terbaik.

spesifikasi mazda cx-90 interior

Jok baris depan dan kedua sangat memanjakan penumpang

Mobil ini sendiri mampu mengangkut penumpang sampai 6-7 orang dengan konfigurasi jok 2+2+3.

Dan jok pengemudi dan penumpang depan serta penumpang baris kedua, pengaturannya juga sudah elektrik.

Penumpang di belakang menikmati ruang kaki dan kepala yang cukup, berkat desain kabin yang luas. 

AC otomatis dual-zone, kontrol HVAC belakang, dan beberapa kompartemen penyimpanan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi semua penumpang.

Tak ketinggalan, panoramic sunroof serta bagasi belakang yang sudah pakai kick sensor juga menyajikan kenyamanan bagi para pemiliknya.

Baca juga: Pemilik Toyota Fortuner Arogan Salim Dulu, Mazda CX-90 2023 Punya Tenaga Lebih Buas

Spesifikasi Mazda CX-90 Punya Mesin Paling Superior

spesifikasi mazda cx-90 belakang

Tampilan belakangnay dibuat lebih kembung ketimbang CX-60

Kalau soal desain eksterior dan interior masih mirip-mirip model Mazda lainnya, maka tidak dengan mesin yang tersimpan di balik bonet CX-90.

Ini disebabkan Mazda sudah melesakkan satu mesin bensin berkapasitas 3.3-liter 6 silinder segaris yang dapat tambahan teknologi Turbocharged.

Gak cuma itu, mesin tersebut juga dikawinkan dengan teknologi Mild-Hybrid bertegangan 48 volt yang disebut M Hybrid Boost. 

Akibatnya output maksimal yang sanggup dihasilkan mencapai 345 PS pada 5.000 rpm dengan torsi maksimum 500 Nm mulai dari 2.000 rpm.

Ini adalah mesin bensin terbuas yang saat ini dimiliki Mazda.

Tapi menariknya, lantaran berbekal teknologi Mild Hybrid dengan bantuan motor elektrik dan transmisi otomatis 8 percepatan, konsumsi BBM Mazda CX-90 dijanjikan lebih hemat dibanding mesin yang sejenis.

spesifikasi mazda cx-90 phev

Ada juga CX-90 varian PHEV

Tidak hanya itu, Mazda juga punya pilihan mesin lain, yakni PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). 

Khusus CX-90 PHEV, pakai mesin bensin 2.5-liter 4 silinder segaris yang dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai berkapasitas 17,8 kWh serta memiliki tenaga maksimum 325 PS dengan torsi 500 Nm.

Berbekal mesin yang superior ini, Mazda juga menjanjikan kenikmatan berkendara bagi para pengemudi CX-90.

Bukan hanya soal tenaga, namun berkat Kinematic Posture Control manuver dengan SUV ini semakin istimewa.

Kemudian sistem penggerak semua roda (All Wheel Drive/AWD) yang dimilikinya juga menjanjikan fleksibilitas untuk menerjang berbagai kondisi median jalan.

Hal tersebut dirancang sesuai semangat Jinba Ittai yang sudah turun temurun diterapkan oleh Mazda.

Baca juga: Mazda CX-5 AWD Segera Masuk Indonesia, Calon Rival Subaru Forester

Fitur Keselamatan dan Keamanan yang Lengkap

spesifikasi mazda cx-90

Janjikan kenyamanan dan kenikmatan berkendara dengan spirit Jinba Ittai

Keselamatan menjadi prioritas utama di Mazda CX 90, terbukti dari serangkaian fitur keselamatan aktif dan pasif sudah dibekali.

Mulai dari sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) lengkap dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Lalu ada Dynamic Stability Control, Electronic Stability Control (ESC), dan Roll Stability Control (RSC) bekerja sama untuk memberikan stabilitas dan traksi maksimum terutama pada kondisi berkendara yang cukup ekstrim. 

Selain itu keberadaan Driveline Traction Control, Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) juga dipakai untuk mencegah kecelakaan fatal.

Spesifikasi Mazda CX-90
Dimensi
Panjang 5.101 mm
Lebar 1.994 mm
Tinggi 1.731 mm
Jarak sumbu roda 3.121 mm
Jarak ke tanah 203 mm
Ukuran roda 275/45 R21
Kapasitas tangki BBM 74 liter
Mesin
Tipe mesin 3.3L Turbo Intercooler
Kapasitas silinder 3.300 cc
Jumlah silinder 6
Daya maksimum 345 PS @5.000 rpm
Torsi maksimum 500 Nm @2.000 rpm
Transmisi SKYACTIV Drive 8-percepatan
Sistem penggerak roda Penggerak semua roda
Sasis
Suspensi depan Independent with Coil Spring
Suspensi belakang Independent with Coil Spring
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Ventilated disc

Kesimpulan

Spesifikasi Mazda CX-90 menawarkan kombinasi yang menarik antara desain eksterior yang elegan, kabin mewah yang dilengkapi dengan teknologi canggih, dan mesin yang superior.

Dengan dimensi yang besar dan konfigurasi jok 3 baris, CX-90 dapat mengangkut 6-7 penumpang dengan kenyamanan yang optimal.

Mesin bensin berkapasitas 3.3-liter 6 silinder segaris dengan tambahan teknologi Turbocharged dan Mild-Hybrid membuatnya menjadi kendaraan Mazda paling bertenaga saat ini.

Selain itu, CX-90 dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap, hal ini menunjukkan komitmen Mazda dalam memberikan prioritas pada keselamatan penumpang. 

Dengan fitur-fitur ini, CX-90 dapat memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi penggunanya.

Secara keseluruhan, CX-90 menghadirkan kendaraan SUV premium yang memadukan performa, kenyamanan, dan keselamatan dengan baik. 

Dengan spesifikasi yang superior dan teknologi yang canggih, CX-90 dapat menjadi pesaing serius bagi SUV premium lainnya di pasaran, bahkan mampu menyaingi kendaraan sekelas Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport dengan keunggulannya yang menonjol. 

Diharapkan kedatangan CX-90 ke Indonesia akan menjadi opsi yang menarik bagi konsumen yang menginginkan kendaraan mewah dan bertenaga dalam satu paket yang lengkap.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Mazda CX 9 2WD

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil