Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing?

Yongki Sanjaya · 24 Feb, 2021 07:00

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing? 01

Honda CR-V facelift telah meluncur di Indonesia pada pekan lalu. Sosok SUV medium Honda ini hadir semakin mewah dan canggih dengan dukungan Honda Sensing. Sayangnya, Honda CR-V 2021 dengan fitur terlengkap ini membuat harga semakin mahal. 

Honda CR-V Turbo Prestige sebagai tipe termahal sebelum facelift harganya Rp545,5 juta. Kini, harga Honda CR-V Turbo Prestige 2021 facelift tembus Rp577 juta atau naik hingga Rp31,5 juta. Dengan kenaikan yang cukup tinggi tersebut, apakah cuma untuk tambahan fitur Honda Sensing saja?

Perlu diketahui, fitur Honda SENSING ini hanya terdapat pada varian teratas CR-V, yaitu New Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo. Untuk tipe seperti 1.5L Turbo biasa, sama CR-V 2.0L belum menganut teknologi ini," ujar Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor saat peluncuran.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kehadiran teknologi Honda SENSING merupakan pertama kalinya untuk model Honda CR-V di Indonesia. Sebelumnya, teknologi ini disematkan pada model sedan premium All New Honda Accord. Adanya Honda Sensing pun melengkapi fitur yang sudah ada pada CR-V Prestige sebelumnya. 

Dengan harga yang semakin mahal, Honda CR-V ini sebenarnya jadi SUV medium yang paling komplit dengan harga di bawah Rp600 juta. Hanya di CR-V yang sudah memiliki panoramic sunroof dan power back door. 

Untuk dua SUV lainnya harus memilih salah satu, yaitu Toyota Fortuner cuma ada power back door, dan Mitsubishi Pajero Sport hanya ada panoramic sunroof di rentang harga yang sama. Kalau mau sama lengkapnya dengan CR-V, sudah pasti harganya di atas Rp600 juta. 

Fitur Honda Sensing, Cuma Ada di Honda CR-V Tipe Termahal 

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing? 01

Fitur yang tercakup di Honda SENSING ini cukup banyak walaupun tidak selengkap negara lain, antara lain Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Soal informasi keselamatan, Honda juga menambah fitur Driver Attention Monitor yang bisa memberikan peringatan terhadap pengemudi jika konsentrasi berkendara menurun. Sistemnya bekerja dengan membaca arah setir cenderung miring ke kiri atau ke kanan secara terus menerus. 

Sistem akan mendeteksi sebagai indikasi kelelahan saat mengemudi, maka peringatan di monitor akan muncul untuk meminta pengemudi segera menepikan kendaraannya.

Fitur Mewah di Interior Honda New CR-V Turbo Prestige, Sepadan dengan Harganya?

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing? 02

Dengan harga mencapai Rp577 juta, tentunya bukan uang yang sedikit untuk sebuah mobil. Harga yang naik begitu mahal, tentunya harus sepadan dengan fitur yang ditambahkan pada tipe tertinggi New CR-V ini. 

Masuk ke bagian interior, kita disuguhi desain Silver Panel Garnish pada interior. Karena statusnya sebagai SUV mewah maka dashboard juga dipercantik dengan wood panel. 

Terdapat firur Tilt and Telescopic Steering Wheel berfungsi agar posisi setir dapat diatur menyesuaikan postur tubuh untuk kenyamanan saat mengemudi. Adanya Cruise Control, Paddle Shift dan ECON Mode juga semakin memudahkan pengemudi untuk mengendarai New Honda CR-V.

Sebagai SUV kekinian, maka indikator informasi pengemudi sudah memakai Modern Meter Cluster with Multi Information LCD Display. Didalamnya memberikan informasi yang akurat selama mengemudi mengenai rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan, hingga sisa bahan bakar. 

Untuk menemani perjalanan, fitur infotainment didukung Audio Steering Switch dan New 7” Touchscreen Display Audio yang kompatibel dengan USB Port, AM/FM Radio, Aux-in-port, Smartphone Connection, Bluetooth Connection. 

Aksesibilitas ke Kabin New Honda CR-V Makin Leluasa

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing? 03

Honda berusaha mempertahankan ciri khasnya sebagai brand mobil dengan aksesibilitas kabin yang mudah dan kabin lega. Pada New CR-V kini terdapat New Hand-Free Access Power Tailgate memungkinkan pengendara untuk membuka dan menutup pintu bagasi hanya dengan ayunan kaki. 

Kita dapat memudahkan pengendara untuk memasukan atau mengeluarkan barang-barang yang banyak tanpa sentuhan tangan. Hadir pula fitur New Walk Away Auto Lock, kunci pintu otomatis ketika pengencara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan. 

New Honda CR-V juga dilengkapi dengan New Smart Entry & Push Start Button. Jadi, kita tinggal buka pintu dengan kondisi remote kunci ada di tas atau saku. 

Kelemahan Honda CR-V Baru, Harga Mahal Layak Dibeli? 

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing? 04

Bicara soal kelemahan, tentu perlu ada pembanding supaya tahu poin mana saja yang minus dari Honda CR-V. Satu-satunya rival sepadan CR-V yang masih ada sebenarnya ialah Nissan X-Trail dan Renault Koleos

Untuk head to head, Nissan X-Trail 2021 punya duluan semua fitur yang dimiliki oleh CR-V. Namun, CR-V unggul di nama besar Honda dan mesin turbo yang tenaganya lebih gede. 

Namun secara harga, Honda CR-V Turbo Prestige semakin mahal, atau mungkin kemahalan di angka Rp577 juta. Pasalnya, untuk harga Nissan X-Trail 2021 yaitu Rp549.750.000. 

Untuk New Honda CR-V 1.5L Turbo dengan harga Rp 522.500.000,- bahkan belum dilengkapi sunroof, karena fitur ini spesial untuk tipe tertinggi saja. 

Nissan X-Trail menjadi SUV medium Jepang yang juga canggih soal fitur keselamatan aktif melalui Nissan Intelligent Mobility (NIM). Tidak heran kalau teknologi ini membuat harga Nissan X-Trail termasuk mahal. 

Satu hal yang tidak pernah dilakukan oleh Honda ialah, menyediakan opsi mesin diesel pada CR-V. Padahal jika mesin peminum solar tersedia, bukan tidak mungkin CR-V lebih jadi primadona. 

Kesimpulan

Dengan harga di bawah Rp600 juta, New Honda CR-V bisa jadi SUV dengan paket komplit. Mobil ini punya kapasitas 7-seater, Honda Sensing, power tailgate, hingga panoramic sunroof pada tipe 1.5 Turbo Prestige.

Memang agak disayangkan karena kenaikan tipe tertinggi juga sangat mahal, mencapai Rp35,5 juta. Dengan tambahan fitur yang ada, kenaikannya dirasa agak kemahalan.  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CRV 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru