window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Leaf Disiksa Balapan Reli Lintas Benua, 12.800 Km Tidak Mengalami Kerusakan

Enda · 10 Agu, 2023 09:30

Nissan Leaf

Mobil listrik umumnya digunakan di kota-kota besar dengan kondisi jalan yang mulus. Namun tidak dengan Nissan Leaf (Spesifikasi | Berita) generasi pertama ini.

Dalam kegiatan reli antar benua, Nissan Leaf digunakan berlaga di acara Reli Mongol dengan kategori kendaraan listrik. Ajang olahraga balap reli ini dilakukan mulai dari Eropa Barat hingga Asia Timur.

Nissan Leaf

Kompetisi reli antar benua, Nissan Leaf melewati jalan berlumpur

Nissan Leaf yang digunakan merupakan mobil listrik pertama yang mengikuti kompetisi tersebut. Mulai dari Inggris, mobil melewati semua pos pemeriksaan perbatasan 13 negara sebelum berhenti di Ulan-Ude, Rusia, dengan garis finish dekat perbatasan Mongolia. Tercatat jarak yang ditempuhnya sejauh 12.800 km.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam kompetisi balap reli, tentu jalan yang dilewati sebagian besar tidak mulus. Mobil diharuskan bertemu dengan medan kerikil, pasir dan berlumpur yang tentu saja dapat merusak segala sistem kelistrikan dan baterai.

Baca juga: Naik Rp10 Juta, Ini 4 Ubahan Nissan Leaf 2023

Kondisi Baterai Penuh, Nissan Leaf Bisa Tempuh Jarak 185 Km

Nissan Leaf

Nissan Leaf yang digunakan dalam kompetisi reli kali ini dibekali baterai Lithium-ion (Li-Ion) berkapasitas 30 kWh dengan jarak tempuh maksimum 185 km. Dengan jarak tempuh yang sedikit, maka pengemudi dibutuhkan perencanaan rute yang cermat.

Hal tersebut dilakukan supaya pengemudi dapat menemukan akses titik pengisian daya listrik. Guna membuat perjalanan menjadi lebih singkat, maka sistem pengecasan mobil ini dilakukan modifikasi.

Nissan Leaf

Dengan pengisian cepat, untuk melakukan charging hingga 80% hanya memerlukan 30 menit. Dalam kondisi tersebut mobil dapat menempuh jarak rata-rata 152 km, sebelum kembali melakukan pengisian daya.

Disebutkan dalam setiap radius perjalanan di bawah 152 km, pengemudi melakukan pengecasan dengan meminta bantuan ke rumah-rumah penduduk, hotel, kantor polisi, dll untuk memasang charger darurat.

Baca juga: Trend Mobil Retro Listrik, Pickup Nissan Sunny 1987 Bertampang Hakosuka Ini Berjantung Nissan LEAF

Nissan Leaf

Nissan Leaf reli melakukan pengisian di tiang listrik umum

Bahkan dalam satu kondisi tertentu pengendara mobil meminta bantuan terhadap teknisi listrik untuk melakukan pengisian daya dengan cara menyambungnya ke tiang listrik umum. Hal ini dilakukan saat berada di salah satu pedesaan di Rusia.

Menempuh perjalanan sejauh 12.800 km dengan waktu tempuh kurang dari 2 bulan, tercatat mobil ini melakukan sebanyak 111 kali charging hingga mencapai garis finish. Sesampainya di tujuan akhir, mobil tanpa mengalami kerusakan serius. Hanya saja masalah yang menimpa mobil ini seperti mud guard lepas, pecah ban, dan velg bengkok, seperti yang umumnya dialami pembalap reli.

Nissan Leaf

Dengan Nissan Leaf membuktikan bahwa mobil listrik juga bisa digunakan untuk kompetisi reli dunia. Namun hal yang wajib diperhatikan dalam menggunakan mobil listrik untuk balapan ekstrim selain durabilitas yakni kapasitas baterai yang besar serta pengisian daya lebih cepat.

Baca juga: Calon Digunakan Sebagai Mobil Dinas Pemerintahan, Segini Biaya Service Nissan Leaf di Bengkel Resmi

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Leaf 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia