Pajak Sedan Bakal Turun, Harga Honda Civic 2022 Kalau Masuk Indonesia Cuma Naik Segini

Prasetyo · 17 Sep, 2021 08:02

Honda Civic 2022

Honda Civic 2022 sudah tiba di Thailand dan juga Singapura. Rasanya tinggal menunggu waktu saja untuk selanjutnya Indonesia yang kebagian jatah. Bukan tidak mungkin, PT Honda Prospect Motor (HMP) akan merilis Civic generasi kesebelas ini di akhir tahun.

Ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pun rasanya akan jadi momentum tepat bagi HPM. Jika jadi digelar 11-21 November mendatang, besar kemungkinan Honda Civic 2022 bakal resmi melantai di hadapan publik Tanah Air.

Honda Civic 2021

Honda Civic yang saat ini dijual di Indonesia

Lalu bagaimana prediksi potensi Honda Civic terbaru jika masuk Indonesia? Sanggupkah model ini mengikuti kesuksesan Honda Civic 10 generasi sebelumnya?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tuai Kesuksesan di Thailand

Sejak muncul pertama kali di Amerika Serikat (AS), Honda Civic 2022 memang memancing pro dan kontra. Ada yang menyebutnya tidak lebih baik dari Civic generasi sebelumnya. Tapi tak sedikit pula yang mengagumi.

Honda Civic RS 2022

Civic RS di Thailand

Kondisi ini pun dibuktikan ketika Civic terbaru diserbu para penggemarnya di Thailand. Honda di Negeri Gajah Putih itu mencatat jumlah pesanan Civic FE telah mencapai lebih dari 3.500 unit. Angka ini digapai hanya dalam wkatu sebulan pasca Honda Thailand mengumumkan kehadiran Civic RS, Civic EL+, dan Civic EL di negara tersebut.

Ya, mereka memang menjual Honda Civic terbaru dalam tiga trim level varian. Namun semuanya menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo berdaya 178 PS dengan torsi 240 Nm. Mesin ini pun cuma hadir dengan satu pilihan transmisi yaitu otomatis CVT.

Baca juga : Honda Civic 2022 Segera Masuk Pasar Indonesia, Tanda-tandanya Makin Kuat Nih!

Honda Civic 2022 -2

Interior Honda Civic 2022

Spesifikasi Honda Civic Terbaru di Indonesia Sama dengan Thailand

Spesifikasi Teknis Honda Civic FE di Thailand
Dimensi
Panjang 4.678 mm
Lebar 1.802 mm
Tinggi 1.415 mm
Mesin
Tipe 1.5L DOHC VTEC Turbo 4 silinder 16 valve
Isi silinder 1.498 cc
Daya maksimum 178 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 240 Nm @1.700-4.500 rpm
Transmisi CVT

Kemungkinan besar HPM akan memboyong Civic terbaru dari Thailand. Mengingat selama ini Honda Civic di Indonesia juga diimpor dari negara tetangga itu. Namun mungkin yang jadi pembeda adalah soal penamaan. Boleh jadi yang diboyong hanya Honda Civic RS 2022 tapi tidak pakai imbuhan "RS" hanya dilabeli All New Honda Civic.

Untuk fiturnya Civic sudah dibekali Honda Sensing. Sehingga perangkat keselamatan seperti Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow, Collision Mitigation Braking System, Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist System (LKAS), Lane Departure Warning (LDW), dan Lead Car Departure Notification (LCDN) juga bakal ada.

Honda Civic 2022 -3

Headunit sudah support Apple CarPlay dan Android Auto

Kemudian ada juga Honda LaneWatch seperti yang sudah diaplikasikan pada Honda Accord di Indonesia. Lantas ada Driver Attention Monitor, Multi-angle Rearview Camera, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, serta Walk Away Auto Lock.

Baca juga : Imbas Skema PPnBM Baru, Harga LCGC Naik Bulan Depan, Tapi Sedan dan Mobil 4x4 Bisa Lebih Murah

Harga Honda Civic 2022 Akan Menarik Berkat PPnBM Baru

Jika benar Honda Civic generasi 11 ini dirilis akhir 2021, maka HPM bisa menikmati kebijakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dengan aturan baru. Sebab mulai 16 Oktober mendatang, penetapan PPnBM bukan lagi dibebankan dari kategori mobil dan kapasitas isi silinder mesin.

Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak sedan bisa turun sampai 15 persen

Semua mobil disamaratakan, hanya dengan mengukur konsumsi bahan bakar (BBM) serta emisi CO2 pada gas buangnya. Untuk segmen sedan pun kini sama-sama masuk ke klasifikasi kendaraan penumpang dengan daya angkut di bawah 10 orang. Kelas yang sama akan diisi pula oleh mobil jenis Low MPV atau Low SUV.

Ini pasti jadi angin segar buat HPM. Sebab dengan aturan PPnBM mobil baru yang akan berjalan itu sedan tak lagi dihadang PPnBM minimal 30%, namun turun menjadi 15 persen. Syaratnya harus memiliki konsumsi BBM paling boros 15,5 km/liter untuk mesin bensin, dan maksimal 17,5 km/liter jika pakai mesin diesel.

Honda Civic 2022 -5

Menunggu civic gen-11 ke Indonesia

Kita asumsikan mengacu pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk Honda Civic 2021 sebesar Rp406.000.000 dan PPnBM 30% HPM membanderol diangka Rp533 juta, maka prediksi kami kenaikan harga Honda Civic 2022 tidak akan lebih dari Rp40 juta.

Kalau harganya bisa bersaing tapi punya fitur lengkap, tentu Honda Civic 2022 punya peluang besar mengikuti kesuksesan di Thailand.

Baca juga : Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Honda Civic International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru