Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi?

Enda · 16 Sep, 2021 08:30

Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi? 01

Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis

Bicara medium sedan, PT Honda Prospect Motor dikabarkan akan meluncurkan model terbaru Honda Civic 2022 pada tahun ini. Civic secara kategori merupakan pesaing dari Toyota Corolla Altis.

Mengenai tampilannya, bagi kami Honda Civic 2022 mendapatkan banyak ubahan dalam hal desain. Dimana generasi terbarunya ini, bagi kami secara bentuk terlihat lebih kalem dibanding Corolla Altis.

Dimana Civic FE (Model Honda Civic 2022) juga sedikit mengurangi lekukan garis tegas yang bisa kalian temui dari generasi sebelumnya.

Melihat daripada fascianya, Honda Civic 2022 ditanamkan lampu depan LED berbentuk L shape dengan housing lebih ramping. Di bagian sampingnya menurut kami mobil ini terlihat biasa saja, namun pada pinggangnya terdapat garis tegas yang membujur dari depan hingga ke belakang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yang paling menonjol diantara perubahan visual adalah di bagian belakangnya. Pada stoplamp berteknologi LED ini menggunakan model yang terinspirasi dari capitan kepiting.  

Jika secara tampilan depan Honda Civic 2022 terlihat lebih kalem dari Toyota Corolla Altis, bagaimana dengan spesifikasinya? Berikut perbandingan spesifikasi Honda Civic 2022 vs Toyota Corolla Altis.

Baca juga: Honda Integra 2021 Sudah Meluncur di Cina, Tapi Dalam Wujud Civic

1. Dimensi Honda Civic 2022 Lebih Besar dari Toyota Corolla Altis?

Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi? 01

Dimensi Honda Civic 2022 lebih besar dari Toyota Corolla Altis

Mengenai dimensi, Honda Civic 2022 tercatat memiliki panjang 4.678 mm, lebar 1.802 mm dan tinggi 1.415 mm. Sedangkan pesaingnya, Corolla Altis mempunyai panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm serta tinggi 1.435 mm yang mana sudah menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) sehingga membuat performa driving pada mobil ini jauh lebih berkesan. Dengan center of gravity lebih rendah 20 mm jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Corolla Altis kini dianggap jauh lebih stabil.

Bila melihat keduanya dari segi dimensi, secara konklusi generasi ke-11 Civic ini lebih besar secara dimensi keseluruhan dibandingkan sedan milik Toyota.

Adu Dimensi Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis
Keterangan Honda Civic 2022 Toyota Corolla Altis
Panjang 4.678 mm 4.630 mm
Lebar 1.802 mm 1.780 mm
Tinggi 1.415 mm 1.435 mm

2. Adu Fitur Unggulan Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis

Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi? 02

Honda Civic 2022 mendapat layar sentuh 9 inci nirkabel Konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto

Spesifikasi pada Honda Civic 2022 yang lebih dulu diluncurkan di Thailand, kemungkinan akan sama persis dengan yang akan dihadirkan di Indonesa nanti. Seperti yang diketahui, mobil ini berhasil mendapatkan fitur unggulan berupa layar multi-Informasi TFT 10,2 inci (RS), audio layar sentuh 9 inci nirkabel Konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, Wireless Charger, Remote Engine Start, AC otomatis dengan zona ganda, dan Honda CONNECT yang merupakan teknologi untuk menghubungkan mobil yang bekerja melalui aplikasi smartphone untuk mengetahui status dan lokasi kendaraan.

Untuk kemanannya sendiri, mendapatkan Honda Smart Key System dengan Honda Smart Key Card yang merupakan fitur keamanan terbaru berupa kartu untuk dapat memberikan kemudahan kepada setiap penggunanya untuk membuka dan mengunci kendaraan secara aman. Selain memberikan kemanan secara maksimal, Smart Key Card Honda ini memiliki desain elegan yang juga mudah dimasukan ke dalam saku.

Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi? 03

Sistem infotaiment layar sentuh 7 inci pada Toyota Corolla Altis

Bicara Toyota Corolla Altis, mobil ini mendapat fitur Advanced & Integrated Multimedia System sebagai pusat entertainment dengan bermodalkan monitor DVD 7 inci, FM/AM Radio, USB, voice command, hand gesture, AUX AV in, sd card support, i-Pod ready, koneksi internet, dan miracast.

Demi meningkatkan kenyamanan berkendara, Corolla Altis berhasil tersematkan AC climate control dual zone, Attractive 4.2 MID agar pengemudi bisa melihat indikator kecepatan mobil dengan maksimal, hingga kemudahan dalam parkir dengan Electronic Parking Brake.

Baca juga: First Drive Honda Civic RS 2022 di Thailand, Suspensi Lebih Lembut, Toyota Corolla Altis Perlu Waspada

3. Fitur Keselamatan Honda Civic 2022 Lebih Baik?

Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi? 04

Fitur keselamatan Honda Civic 2022

Seperti beberapa produk Honda terbaru yang diluncurkan pada tahun ini, Honda Civic 2022 berhasil disematkan fitur keselamatan pintar berupa Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dinamakan Honda Sensing.

Honda Sensing pada mobil ini meliputi Fitur ini sudah termasuk Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow, Collision Mitigation Braking System, Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist System (LKAS), Lane Departure Warning (LDW), dan yang paling baru adalah Lead Car Departure Notification (LCDN).

Selain itu, mobil ini juga mendapat fitur keselamatan berteknologi canggih seperti Honda LaneWatch, Driver Attention Monitor, Multi-angle Rearview Camera dengan tampilan 130 derajat atau 180 derajat, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Walk Away Auto Lock, Front Passenger dan Rear Seat Belt Reminder, serta Rear Seat Reminder.

Tak tertinggal ABS dengan EBD, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, dan 6 airbags melengkapi fitur keselamatan yang ada.

Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi? 05

Fitur keselamatan Toyota Corolla Altis

Mengenai Toyota Corolla Altis, sedan Toyota ini memperoleh fitur keselamatan berupa rem ABS+EBD+BA, 7 airbags, Hill Start Assist (HSA), Drive Start Control (DSC), Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM).

Untuk varian Hybrid, Corolla Altis mendapatkan tambahan fitur keselamatan berupa Pre-Collision System (PCS) yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil seperti pejalan kaki yang sedang menyeberang jalan. Ada pula Dynamic Radar Cruise Control yang dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman. Fitur berikutnya adalah Lane Departure Alert (LDA) yang akan memberikan peringatan jika mobil menjauh dari posisi seharusnya.

Selain itu, ada juga Automatic High Beam yang akan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan jarak dan daya pandang pengemudi dan mengembalikan ke lampu utama ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.

Semua varian sudah dilengkapi kamera parkir dan sensor parkir, namun tuas paddleshift hanya ada di tipe V.

4. Kapasitas Mesin Lebih Besar, Toyota Corolla Atlis Kalah Tenaga dari Honda Civic 2022

Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi? 06

Mesin 1.5L turbo pada Honda Civic 2022 

Honda Civic 2022 menggunakan mesin 1.5-liter DOHC VTEC TURBO 4-silinder segaris, 16-valve 1.498 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 178 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 240 Nm @1.700 – 4.500 rpm. Meskipun memiliki tenaga yang besar, konsumsi BBM nya tetap terbilang irit. Dalam pengetesan, mobil ini mampu meraih angka 17,2 km/liter.

Untuk dapat menggerakan mobil, mesin 1.5L turbo terbaru pada Honda Civic 2022 tersebut dikawinkan transmisi CVT dengan karakter yang lembut dalam setiap perpindahannya. Agar tetap bisa merasakan gaya berkendara yang dapat menguji adrenalin, transmisi CVT nya tersebut telah dilengkapi fitur paddle shift.

Demi menyesuaikan keinginan gaya berkendara, Civic FE ini dilengkapi dengan Mode ECON, Mode Normal dan Sport Mode.

Sedangkan Toyota Corolla Altis tersematkan dapur pacu Normally-Aspirated 2ZR-FE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 140 PS @6.400 rpm dan torsi 171 Nm @4.000 rpm. Untuk penerus dayanya, digunakan transmisi CVT 7-percepatan yang dikenal memiliki distribusi tenaga halus dan responsif ketika dibutuhkan.

Sama seperti Civic, Toyota Corolla Altis non hybrid juga mendapatkan Mode ECON, Mode Normal dan Sport Mode untuk pilihan gaya berkendaranya.

Adu Mesin Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis
Keterangan Honda Civic 2022 Toyota Corolla Altis
Jenis 1.5-liter DOHC VTEC TURBO 4-silinder segaris, 16-valve 1.8-liter DOHC 4-silinder segaris, 16-valve VVT-i
Kapasitas 1.498 cc 1.798 cc
Tenaga 178 PS @6.000 rpm 140 PS @6.400 rpm
Torsi 240 Nm @1.700 – 4.500 rpm 171 Nm @4.000 rpm
Transmisi CVT CVT 7-speed
Mode ECON, Normal dan Sport ECON, Normal dan Sport

Kesimpulan

Setelah mengetahui spesifikasi yang dimiliki keduanya, dapat ditarik kesimpulan bahwa Honda Civic 2022 ini lebih unggul bila melihat dari segi fitur unggulan, fitur keselamatan, serta tenaga yang diperolehnya. Begitupun dimensi, generasi ke-11 Civic ini juga lebih besar dibandingkan Toyota Corolla Altis.

Meski demikian, bagi kami Toyota Corolla Altis mempunyai tampilan yang jauh lebih atraktif bila dilihat dari fascianya. Namun kembali kami ingatkan, untuk urusan desain setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda.

Setelah melihat ulasan di atas, model mana yang kalian suka?

Baca juga: Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Honda Civic International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru