Perbandingan Land Rover Ranger Rover Baru dan Bekas, Pilih Mana?

Bent Aulia · 22 Agu, 2020 13:00

Land Rover masih dikenal sebagai model legendaris yang eksklusif hingga saat ini. Harga Land Rover Range Rover 2020 yang dipasarkan di Indonesia mulai dari Rp3.7 miliar. Dengan harga yang terbilang tinggi, apakah membeli Range Rover bekas menjadi pilihan terbaik?

New Land Rover Range Rover

Kelebihan

Edisi terbaru yang diperkenalkan pada Mei 2018 menawarkan berbagai peningkatan, termasuk fitur baru yang lebih lengkap. Termasuk diantaranya peningkatan pada sistem infotainment hingga penambahan teknologi pada kursi belakang yang membuatnya lebih nyaman.

Range Rover yang dikenal sebagai mobil utilitas untuk perjalanan off-road mendapatkan berbagai teknologi baru. Mulaid dari konektivitas Apple CarPlay, koneksi USB, HDMI, dan power outlet. Tambahan baru termasuk 4G in-car WiFi yang membantu Range Rover terkoneksi dengan dunia luar.

Ada juga Range Rover Evoque yang memiliki pesona tersendiri. Harga Range Rover Evoque dibanderol dengan biaya sekitar Rp1,7 miliar. Harga Range Rover Evoque 2020 tersebut masih berstatus off the road dan kemungkinan banderolnya akan jauhh lebih mahal tergantung dari aksesori atau fitur tambahan yang ingin konsumen sematkan ke Range Rover Evoque 2020. Ini tida k beda jauh dengan harga Range Rover Evoque 2019. Terlepas dari situ, ada satu hal yang menarik dari harga yaitu kenaikannya tidak terlalu tinggi dibanding Range Rover Evoque model terdahulu.

Kelebihan lainnya dari Range Rover 2018 adalah warisan desain yang masih sama dengan edisi sebelum facelift. Ubahan lampu belakang serta pipa knalpot yang lebih lebar menawarkan tampilan segar tanpa harus mengganti rasa desain yang telah dipertahankan sejak lama.

Kekurangan

Kekurangan terbesar yang dirasakan ketika membeli Range Rover Indonesia adalah harga yang terbilang tinggi dibandingkan SUV lainnya. Begitu pula dealer Land Rover yang masih eksklusif dan tidak tersebar banyak di Indonesia. Perawatan Land Rover bisa dibilang lebih rumit dibandingkan SUV lain keluaran pabrikan Jepang.

Dari segi desain, tak banyak yang berubah dari model facelift Range Rover Indonesia yang meluncur dua tahun lalu. Modelnya masih sama persis dengan edisi sebelumnya tanpa revisi yang signifikan. Karena itu, membeli mobil baru maupun bekas tak jauh berbeda.

Land Rover Range Rover

Kelebihan

Bahkan dengan modelnya yang sudah lebih dari 5 tahun, segala fitur dan kelengkapan Range Rover Indonesia edisi terdahulu tak kalah dibandingkan SUV premium saat ini. Mulai dari audio berkualitas, sistem hiburan dengan layar sentuh 8 inci.

Kenyamanan yang ditawarkan oleh Land Rover tetap menyenangkan bersama ruang kabin yang lapang dan suspensi yang nyaman dibawa ke jalanan off-road.

Land rover Indonesia juga dikenal sebagai model yang tangguh di jalanan. Apalagi ketika mendapatkan perawatan secara berkala. Mobil Land Rover keluaran 80-an dan 90-an pun masih dicari di pasar mobil bekas Tanah Air. Karena itu, mobil dengan umur 7 tahun masih terasa tangguh di jalanan.

Kekurangan

Dari segi harga, Land Rover Range Rover Indonesia merupakan model SUV premium dengan harga beli yang cukup tinggi. Namun harga mobil bekas Range Rover tak begitu jauh berkurang. Kesan mewah yang mash terasa membuat mobil ini masih memiliki harga jual kembali yang tinggi.

Tenaga yang besar sayangnya berbanding lurus dengan kebutuhan bahan bakar. Dengan mesin V6 yang bertenaga, masalah konsumsi bbm Range Rover masih tetap boros untuk ukuran SUV. Apalagi tanpa revisi teknologi yang digunakan pada model terbarunya.

Kesimpulan

Dengan harga mobil baru Land Rover Range Rover 2020 yang masih tinggi, membeli mobil bekasnya merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan. Apalagi mesin dan bodi yang tangguh serta harga yang lebih terjangkau, mobil berumur 5 sampai 7 tahun cukup menarik untuk dimiliki.

Komentar