• Segmen Kompak Eksekutif
  • Tipe bodi SUV
  • Jenis penggerak AT
  • Kapasitas mesin 2.0 L
  • Tenaga 236 PS
  • Tempat Duduk 5
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Overview
  • Kesimpulan
  • Overview

    Land Rover Discovery Sport pertama kali diperkenalkan secara global pada 2014 lalu oleh pabrikan asal Inggris, yakni Jaguar Land Rover. Sejak 2017, mobil ini jadi model yang laris penjualannya.

    Di Indonesia, Land Rover Discovery Sport meluncur sejak pertengahan 2015. Urban Sport Utility Vehicle (SUV) ini jadi salah satu pilihan para pencinta off road atau yang hobi berkendara jarak jauh.

    Dengan banderol mencapai Rp 1,7 miliar (off the road), Land Rover Discovery Sport memiliki beberapa pesaing di Indonesia. Mobil ini masih satu kelas dengan Jeep Cherokee, Land Rover Range Rover Evoque, Jeep Wrangler, BMW X4, dan Mercedes-Benz GLE Class.

    Di bawah kap mesinnya, terdapat mesin Ingenium, 4 silinder, turbocharged, DOHC. Mesin berkapasitas 1.999 cc tersebut dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 9 percepatan yang disalurkan ke semua roda atau All Wheel Drive (AWD).

  • Eksterior

    Desain Land Rover Discovery Sport

    Untuk ukuran SUV, desain eksterior yang dimiliki Land Rover Discovery Sport ini cukup dinamis dan futuristik. Lekuk bodinya lebih halus, tapi tetap terlihat berotot. Land Rover menyebut konsep desain tersebut dengan Discovery Vision Concept.

    Selain itu, desain yang ditampilkan juga lebih menonjolkan nuansa elegan dibandingkan SUV yang tangguh dipakai menjelajah off road. Tak heran jika mobil ini lebih digolongkan sebagai urban SUV.

    Tampak depannya terkesan padat, khususnya pada bagian bumper. Desain grille cukup minimalis dengan sedikit aksen chrome. Desain lampu depan dengan teknologi LED dan terintegrasi dengan Daytime Running Lights (DRL) juga terlihat tajam. Lampu depannya sudah mengandalkan fitur Adaptive Xenon.

    Di bagian tengah bumper, terdapat ventilasi berbentuk trapesium dengan. Sedangkan pada sisi kiri dan kanannya, disematkan lampu sein horizontal yang tipis. Bagian bawahnya lagi juga terdapat skid plate dengan warna silver untuk menegaskan kesan kokoh, tapi juga dapat berfungsi sebagai pelindung saat mobil dibawa ke medan off road.

    Sisi sampingnya terlihat minimalis, hanya dihiasi dengan side vent berukuran kecil dengan aksen silver. Desain pilar C terlihat lebih tebal, sehingga memberikan kesan kokoh. Tapi, kaca belakang jadi terlihat lebih kecil. Jika diperhatikan garis pada pintu di baris kedua terlihat tajam seperti arah panah menambah kesan agresif. Mobil ini dibekali pelek berukuran 20 inci dengan palang lima.

    Bagian belakangnya tampak lebih agresif lagi dengan desain lampu belakang yang bulat saat menyala. Di bagian bumper, terdapat skid plate lagi dengan warna silver yang menegaskan kesan tangguh. Pada sisi kiri dan kanannya, terdapat moncong knalpot dengan desain bulat, senada dengan lampu belakang. Pada bagian atas, sudah disematkan juga spoiler yang membuatnya tampak sporty.

    Land Rover Discovery Sport merupakan penerus dari Freelander. Mobil yang didesain oleh Gerry McGovern dan Phil Simmons ini dibangun dengan platform JLR PTA. Platform yang sama digunakan juga oleh Land Rover Range Rover Evoque dan Jaguar E-Pace.

  • Interior

    Interior Land Rover Discovery Sport

    Dari luar tampak elegan dan tangguh, saat masuk ke dalam kabinnya, terasa mewah dan nyaman. Meski luarnya terlihat cukup agresif dan sporty, tapi agian dalamnya tidak didominasi oleh warna gelap. Interiornya didominasi warna Cirrus (putih) pada jok, door trim, dan dasbor. Selain itu, dipadukan juga dengan warna Ebony (hitam) pada beberapa detail door trim dan bagian atas dasbornya.

    Dasbornya bisa dikatakan cukup minimalis dan lebih mengutamakan fungsional. Letak panel instrumen juga mudah digapai oleh pengemudi. Land Rover Discovery Sport dilengkapi dengan setir yang memiliki desain khas, yakni dengan palang empat. Setirnya cukup nyaman di genggaman tangan. Selain itu, sudah dilengkapi juga dengan beragam tombol multifungsi yang dapat digunakan untuk mengatur audio dan sistem infotainment.

    Land Rover Discovery Sport dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Dua penumpang bisa duduk pada baris ketiga. Namun, memang ruangnya tidak begitu luas. Untuk tempat duduknya sendiri, secara keseluruhan sangat nyaman. Joknya dilapisi dengan kulit perforated dan interiornya dilapisi dengan material soft touch. Jok pengemudi dan penumpang depan dilengkapi dengan pengaturan secara elektrik dan memiliki tiga memori posisi jok. Sedangkan untuk jok di baris kedua, masih menggunakan pengaturan manual.

  • Fitur

    Fitur Land Rover Discovery Sport

    Land Rover Discovery Sport dibekali dengan banyak fitur keselamatan, mulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Cornering Brake Control (CBC), Intelligent Emergency Brake (IEB), hingga Emergency Brake Assist (EBA). Selain itu, ditambah juga dengan Electronic Traction Control (ETC), Dynamic Stability Control, dan Roll Stability Control (RSC), untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan saat di perjalanan.

    Masih ada juga fitur keselamatan lainnya, seperti Rear Camera, Parking Sensors, Crash Sensor, Engine Check Warning, Tyre Pressure Monitor, Front Impact Beams, Side Impact Beams, Door Ajar Warning, dan lainnya.

    Terdapat pula beragam fitur hiburan dan komunikasi, termasuk Touch Screen, FM/AM/Radio, Navigation System, Bluetooth Connectivity, USB & Auxiliary Input, CD Player, DVD Player, Speakers Front, Speakers Rear and Integrated 2DIN Audio.

    Soal keamanan, tentunya sudah dilengkapi dengan Anti Theft Device, Anti Theft Alarm, dan Engine Immobilizer.

  • Overview

    Performa Mesin Land Rover Discovery Sport 

    Land Rover Discovery Sport dibekali dengan mesin Ingenium, 4 silinder, turbocharged, DOHC. Mesin berkapasitas 1.999 cc tersebut dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 9 percepatan yang disalurkan ke semua roda atau All Wheel Drive (AWD).

    Kapasitas mesinnya tidak besar, tapi sudah dilengkapi dengan turbocharger. Maka itu, tenaga maksimum yang dihasilkan dapat mencapai 240 hp pada putaran mesin 5.800 rpm dan torsi maksimum hingga 340 Nm pada putaran mesin 1.750 rpm.

    Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam diklaim dapat ditempuh dalam waktu 8,2 detik. Kecepatan maksimumnya bisa tembus angka 200 km/jam.

    Kenyamanan Berkendara Land Rover Discovery Sport 

    Untuk dapat tetap memberikan kenyamanan meski melewati jalur off road sekalipun, Land Rover Discovery Sport ini dibekali dengan suspensi yang mumpuni. Selain itu, sudah disematkan fitur Terrain Response yang mampu mengatur respons mesin dan distribusi tenaga lewat program khusus pada sistem transmisinya. Kenyamanan di dalam kabin juga ditunjang dengan jok yang dilapisi material kulit premium yang pengaturannya dapat dilakukan secara elektrik.

    Konsumsi Bahan Bakar Land Rover Discovery Sport 

    Dengan kapasitas mesin 2.000 cc yang dipadukan dengan turbocharger, Land Rover Discovery Sport ini menghasilkan tenaga yang cukup besar. Untuk itu, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan juga tidak bisa dikatakan irit. Mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar 8 km/liter untuk penggunaan di dalam kota. Sedangkan untuk di jalan tol, konsumsi bahan bakarnya mencapai 10,2 km/liter.

  • Kesimpulan

    Land Rover Discovery Sport menjadi entry level SUV dari keluarga besar Land Rover. Mobil ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain itu, fitur-fiturnya dapat mendukung mobil ini untuk menjelajah di segala medan. Tak heran jika mobil ini jadi salah satu yang terlaris di antara model-model Land Rover lainnya.

Land Rover Discovery Sport 2022 memiliki total 11 pilihan warna di Indonesia: Grey, Scotia Grey, Firenze Red, Yulong White, Indus Silver, Santorini Black, Byron Blue, Carpathian Grey, Fuji White, Silicon Silver, Namib Orange

Grey

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
  • Apa Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi dari Land Rover Discovery Sport?

    Berikut adalah Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi dan varian Land Rover Discovery Sport:

    VarianLand Rover Discovery Sport 2.0 HSE Petrol
    Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi FungsiY
  • Apa Wiper Lampu dari Land Rover Discovery Sport?

    Berikut adalah Wiper Lampu dan varian Land Rover Discovery Sport:

    VarianLand Rover Discovery Sport 2.0 HSE Petrol
    Wiper LampuY
  • Apa Cruise system dari Land Rover Discovery Sport?

    Berikut adalah Cruise system dan varian Land Rover Discovery Sport:

    VarianLand Rover Discovery Sport 2.0 HSE Petrol
    Cruise systemY
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE Petrol

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mercedes-Benz GLE-Class
Rp 1,71 - 2,40 Milyar
Jeep Wrangler
Rp 919,00 - 1,90 Milyar
BMW X5
Rp 1,56 - 1,77 Milyar
Mercedes-Benz GLC-Class
Rp 1,01 - 1,75 Milyar
VS