• Segmen Kompak Eksekutif
  • Tipe bodi SUV
  • Jenis penggerak AT
  • Kapasitas mesin 3.0 L
  • Tenaga 340 PS
  • Tempat Duduk 7
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Land Rover Discovery merupakan salah satu mobil SUV pabrikan Land Rover yang cukup ikonik. Mobil SUV yang satu ini terkenal berkat keandalannya melibas medan on road maupun off road.

    Generasi terkini dari Land Rover Discovery dikenal juga sebagai All New Discovery, memiliki desain yang lebih dinamis dan mesin yang lebih tangguh. Land Rover Discovery ini juga dikenal fleksibel karena menawarkan beragam jenis mesin, model, warna, hingga roda dan konfigurasi penumpang.

    Pihak Land Rover sendiri menawarkan empat jenis varian dari Land Rover Discovery. Keempat varian tersebut antara lain Land Rover Discovery S, Land Rover Discovery SE, Land Rover Discovery HSE, dan Land Rover Discovery HSE Luxury. Masing-masing variannya ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tetapi fitur paling lengkap tentu dimiliki oleh varian Land Rover Discovery HSE Luxury sebagai varian tertingginya.

    Di segmen yang sama, Land Rover Discovery ini tentu saja harus bersaing ketat dengan beberapa model mobil lain di pasaran. Beberapa model mobil kompetitor Land Rover Discovery antara lain Volvo XC90, Mercedes-Benz GLS, Audi Q7, BMW X5, dan Jeep Grand Cherokee.

  • Eksterior

    Desain Land Rover Discovery

    Sebagai sebuah mobil SUV, Land Rover Discovery memang memiliki desain yang terkesan gagah, namum tetap memiliki sisi dinamis.  Land Rover Discovery   sendiri ditawarkan dalam beragam pilihan warna, sebut saja Fuji White Solid, Yulong White Metallic, Indus Silver Metallic, Corris Grey Metallic, Kaikoura Stone Metallic, Scotia Grey Metallic, Aintree Green Metallic, Loire Blue Metallic, Santorini Black Metallic, Firenze Red Metallic, Montalcino Red Metallic, Namib Orange Premium Metallic, hingga Silicon Silver Premium Metallic.

    Dimensi Land Rover Discovery

    Mengingat citranya sebagai sebuah mobil SUV, tidak heran jika Land Rover Discovery ini memiliki bodi yang cukup besar. Bodi yang besar ini menjadikan Land Rover Discovery andal digunakan di medan off road sekalipun.

  • Interior

    Interior Land Rover Discovery

    Jika melihat bagian interiornya,Land Rover Discovery  tampak menggunakan bahasa desain yang mengambil inspirasinya dari desain Land Rover Discovery klasik. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya garis horizontal dan vertikal yang saling terhubung.

    Bagian interior Land Rover Discovery ini terlihat mewah dengan kombinasi penggunaan material berkualitas tinggi seperti metal, kayu, serta kulit. Kesan modern juga ditampakkan dari beragam fitur canggih yang dipasang di area dashboard-nya.
    Ruang kabin Land Rover Discovery memiliki kapasitas penumpang sebanyak 7 orang. Khusus untuk varian Discovery HSE dan HSE Luxury, kursi-kursinya ini bisa diatur dengan mudah menggunakan smart remote.
    Bukan hanya memiliki kabin yang leluasa, Land Rover Discovery juga menawarkan kapasitas bagasi yang besar. Para konsumen pun tidak perlu khawatir ketika harus bepergian dengan membawa banyak barang.

  • Fitur

    Fitur Land Rover Discovery

    Land Rover Discovery sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih yang bisa menjamin kenyamanan dan keselamatan para penumpangnya. Sebagai fitur infotainment-nya, Land Rover Discovery dibekali dengan head unit dengan beragam fitur bantuan cerdas. Selain itu, terdapat pula fitur Park Assist, Rearview Camera, Surround Camera System, dan Homelink.

    Fitur konektivitas yang dimiliki oleh mobil ini juga cukup mengesankan. Land Rover Discovery ini memiliki fitur Incontrol Touch untuk varian S dan SE, serta Incontrol Touch Pro untuk varian HSE dan HSE Luxury. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses beragam fungsi mobil dalam satu perangkat, mulai dari mengakses fitur hiburan hingga merencanakan perjalanan.

    Bukan itu saja, Land Rover Discovery ini juga dibekali dengan fitur kenyamanan. Sebut saja Automatic Access Height, Panoramic Roof, Configurable Ambient Interior Lighting, Climate Control, Heated/Cooled Seating, dan Meridian Digital Surround Sound System. Sementara itu, beberapa fitur keselamatan yang dimiliki Land Rover Discovery antara lain Occupant Safety Protection, Driving and Parking Safety Aids, dan Curtain Airbags with Rollover Sensing.

  • Mesin dan Performa

    Performa Berkendara Land Rover Discovery

    Land Rover Discovery menawarkan empat jenis mesin. Keempat jenis mesin tersebut antara lain Td4, Sd4, Td6, dan Si6. Mesin-mesin Land Rover Discovery ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan dan bisa menghasilkan keluaran tenaga yang berbeda-beda.

    Mesin Td4 bisa menghasilkan tenaga sebesar 180 PS, sedangkan mesin Sd4 bisa menghasilkan tenaga sebesar 240 PS. Sementara itu, mesin Td6 dan Si6 masing-masing bisa menghasilkan tenaga sebesar 258 PS dan 340 PS.

    Mesin Td4 dan Sd4 merupakan mesin diesel ingenium dengan kapasitas 1.999 cc atau setara dengan sekitar 2,0 liter. Sedangkan mesin Td6 merupakan mesin diesel generasi terbaru dari Land Rover dengan kapasitas mesin 2.993 cc atau setara dengan sekitar 3,0 liter dan dilengkapi turbocharger. Sementara itu, mesin Si6 merupakan mesin bensin dengan performa paling gahar, yang memiliki kapasitas mesin 2.995 cc.

    Kenyamanan Berkendara Land Rover Discovery

    Untuk menjamin pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan mantap, Land Rover Discovery ini sudah dibekali dengan beragam fitur canggih yang bisa memaksimalkan pengalaman berkendara para konsumennya. Land Rover Discovery menggunakan All Terrain Technology yang terdiri atas Terrain Response dan All Terrain Progress Control. Teknologi yang satu ini diketahui efektif untuk membuat mobil melaju dengan kecepatan stabil meskipun dalam kondisi jalan yang tidak rata.

    Selain itu, Land Rover Discovery tentu tidak lengkap tanpa beberapa teknologi pendukung kemampuan off road-nya. Beberapa fitur off road yang dimiliki Land Rover Discovery adalah Hill Descent Control dan Wade Sensing.

    SUV Land Rover Discovery juga dilengkapi dengan beberapa teknologi 4WD, sebut saja Single Speed Transfer Box, Twin Speed Transfer Box, serta Active Rear Locking Differential. Untuk memberikan handling yang andal dan membantu pengemudi menguasai segala jenis medan,  Land Rover Discovery juga dilengkapi dengan fitur Driving Aids.

    Konsumsi Bahan Bakar Land Rover Discovery

    Untuk penggunaan di dalam kota, Land Rover Discovery bisa menghabiskan sekitar 11,3 liter BBM untuk menempuh jarak sejauh 100 km. Berarti, mobil SUV yang satu ini bisa menempuh jarak sejauh 8,8 km dengan satu liter bahan bakarnya.
    Sementara itu, untuk penggunaan di luar kota,  Land Rover Discovery bisa menghabiskan 9,2 liter BBM untuk menempuh jarak 100 km. Hal ini menunjukkan bahwa ketika digunakan di luar kota,  Land Rover Discovery bisa menempuh jarak sekitar 10,8 km dengan satu liter BBM.

  • Kesimpulan

    Bagi para pecinta SUV dan mobil off road, Land Rover Discovery memang akan selalu menjadi mobil idaman. Bukan hanya memiliki desain yang atraktif, mobil ini juga memiliki fitur yang lengkap dan andal dibawa ke medan off road. Selain itu, untuk ukuran mobil SUV dengan kapasitas mesin yang cukup besar, konsumsi bahan bakarnya bisa dibilang cukup efisien.

Land Rover Discovery 2022 memiliki total 4 pilihan warna di Indonesia: Yulong White, Indus Silver, Corris Gray, Fuji White

Yulong White

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
  • Apakah Land Rover Discovery memiliki Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi?

    Ya, Land Rover Discovery memiliki Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi, yaitu: Land Rover Discovery 3.0 HSE Luxury.

  • Apakah Land Rover Discovery tersedia di Peringkat Euro NCAP?

    Tidak, Land Rover Discovery tidak tersedia di Peringkat Euro NCAP.

  • Apakah Land Rover Discovery tersedia di Airbag kursi penumpang / utama?

    Tidak, Land Rover Discovery tidak tersedia di Airbag kursi penumpang / utama.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });
Toyota Land Cruiser
Rp 2,21 - 2,55 Milyar
Porsche Macan
Rp 2,10 - 2,70 Milyar
BMW X4 M
Rp 2,58 Milyar
BMW X5 M
Rp 2,53 Milyar
BMW X3 M
Rp 2,52 Milyar
VS