window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater?

Yongki Sanjaya · 20 Mar, 2023 14:30

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 01

Nama Wuling sudah sejak lama terkenal sebagai brand mobil yang begitu royal fitur. Kehadirannya dulu menjadi momok bagi berbagai merek Jepang yang modelnya saling bersinggungan. Namun kali ini, kehadiran Suzuki Grand Vitara tipe GX mampu imbangi kelengkapan milik Wuling Almaz 1.5T EX varian 5-seater.

Pada awal 2023 ini Suzuki melalui PT Suzuki Indomobil Sales langsung menggebrak segmen medium SUV dengan merilis Grand Vitara. Bisa dibilang, Suzuki Grand Vitara 2023 ini merupakan lawan Almaz yang nyaris seimbang. SUV ini hadir dengan teknologi mild hybrid dan beberapa fitur unggulan yang mewah. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga Mirip, Pilih Honda HR-V 1.5 SE 2022 atau Honda CR-V 2018 Bekas?

Resmi Dijual, Harga Suzuki Grand Vitara 2023 Mulai Rp 359,4 Juta

Suzuki Grand Vitara 2023 Tawarkan 2 Varian Bermesin Smart Hybrid

Sebelum lebih jauh membandingkan fitur keduanya, kita bandingkan dulu harga terbaru untuk saat ini. Sebagai informasi, Suzuki Vitara varian GX tersedia 4 pilihan warna, yaitu Pearl Splendid Silver + Black, dan Pearl Artic White + Black,  yang ditawarkan dengan harga Rp 387.400.000 , selain itu warna Pearl Celestial Blue dan Pearl Midnight Black ditawarkan dengan harga Rp 384.400.000. 

Lebih lanjut, Wuling Almaz 1.5T EX varian 5-seater dihargai Rp375.100.000. Selisihnya mulai dari Rp9,3 juta lebih murah dengan Grand Vitara single tone. 

Lantas apa saja fitur unggulan milik Wuling Almaz 1.5T EX varian 5-seater ini? Apakah bisa bersaing dengan Suzuki Grand Vitara generasi keempat yang kisaran harganya mirip? Mari kita bandingkan keduanya. 

Wuling Almaz 1.5T EX, SUV 5-Seater Terlengkap Fiturnya

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 01

Bagi kalian yang mencari SUV dengan kabin lega dan fitur lengkap, salah satu opsi paling menarik ialah Almaz 1.5T EX. Pasalnya tipe ini ada varian 5 seater sehingga ruang paling belakang bisa dimanfaatkan untuk bagasi yang besar. 

Pada sisi luar,  pencahayaan didukung lampu senja menggunakan LED, lampu utama LED Projector. Velgnya bermaterial aluminium 17 inci two tone. Fitur menarik di mobil besutan Wuling ini terdapat panoramic sunroof, keyless entry, pada housing kaca spion dilengkapi dengan lampu sein plus kamera.

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 02

Beralih ke interiornya, head unit layar sentuh berukuran sangat besar yang diapit kisi-kisi AC berbingkai silver, tombol lampu hazard dan electronic stability control (ESC), serta di bawahnya ada power outlet.

Di konsol tengah, Almaz EX tampil eksklusif dengan aksen hitam dan material kulit sintetis untuk joknya. Tak cuma itu, pada banyak panel interiornya juga memakai bahan soft touch yang empuk kalau disentuh. 

Fitur menjadi kelebihan utama di Almaz 1.5T EX ini, berbekal telah dilengkapi dengan fitur Smart Multimedia pada layar head unit berukuran 10,4 inci. Di dalamnya telah memiliki teknologi Wuling Indonesian Command (WIND),  Wuling Link, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan full surround view 360 degree camera. 

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 03

Makin spesial, Almaz didukung sistem audio premium infinity by Harman. Fitur lainnya tak kalah mewah seperti hadirnya tombol rem parkir elektrik, terdapat sensor parkir, Automatic Vehicle Holding (AVH), hingga TPMS untuk memantau tekanan angin dan suhu ban di layar head unit.  

Di bagian kokpit terdapat setir yang sudah didukung berbagai tombol pengaturan. Kemudian speedometer pada Almaz memadukan indikator jarum dan digital. Sedangkan pada konsol tengah terdapat tombol mengunci dan membuka pintu. 

Fitur Keselamatan Berlimpah Walau Minus ADAS

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 04

Tidak seperti tipe RS ke atas yang sudah memiliki ADAS, Almaz tipe ini hanya memiliki fitur keselamatan standar. Meskipun demikian, fitur yang dimiliki tentunya tidak bisa dipandang enteng karena cukup lengkap. 

Berikut daftar fitur keselamatan dan keamanan di Wuling Almaz EX:

  • Airbags
  • Seatbelt Reminder
  • Isofix
  • Child-Proof Rear Door Lock
  • Emergency Stop Signal
  • Tire Pressure Monitoring System
  • Front & Rear Disc Brakes
  • ABS & EBD
  • Brake Assist
  • Hill Hold Control
  • Electronic Stability Control
  • Traction Control System
  • Immobilizer
  • Alarm
  • Auto Door Lock.

Suzuki Grand Vitara GX 2023, Pendatang Baru yang Fiturnya Juara

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 05

Sebagai produk flagship, Suzuki tentu tidak setengah-setengah dalam menghadirkan Grand Vitara ke Indonesia. Penampilannya kini begitu elegan yang menggambarkan sebuah city cruiser yang modern dan elegan, tangguh serta sporty.

Grand Vitara tipe teratas memiliki nyaris seluruh kelengkapan khas medium SUV. Pada eksteriornya terdapat panoramic sunroof, LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light. Masuk ke dalam interior, terdapat head unit touchscreen 9 inch yang dapat terkoneksi dengan smartphone, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging. 

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 06

Sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan pada bagian belakang menggunakan Torsion Beam memberikan peredaman perjalanan yang cukup nyaman. 

Sama seperti di Almaz EX, Grand Vitara tipe GX juga belum terdapat teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk fitur keselamatan aktif. Adapun fitur keselamatan di Grand Vitara memiliki 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). 

Selain itu, Grand Vitara juga dilengkapi dengan 360 camera, rear parking camera serta parking sensor untuk memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil. Kehadiran fitur Hill Hold Control juga memberikan rasa aman saat kondisi mobil mulai bergerak di jalanan menanjak.

Adu Mesin Suzuki Grand Vitara 2023 vs Wuling Almaz 1.5T EX

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 07

Suzuki Grand Vitara cukup canggih karena sudah didukung teknologi pintar, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). 
Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery.

Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500cc berkode K15C berteknologi SHVS, yang memproduksi tenaga sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm disalurkan ke roda depan. Distribusi tenaga melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Harga Beda Tipis, Suzuki Grand Vitara GX Mampu Imbangi Wuling Almaz 1.5T EX 5-Seater? 08

Bagaimana dengan sang SUV China? Almaz EX telah dibekali mesin 1,451 cc , DOHC, DVVT, dengan Turbocharger. Tenaga yang dihasilkan sebesar 140 hp pada 5.200 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada rentang 1.800 – 3.600 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT 8 percepatan. Secara tenaga ini Almaz memang unggul, tapi soal efisiensi jelas Grand Vitara bakal lebih hebat.

Kesimpulan

Melihat fakta yang ada bisa kita lihat kalau Almaz yang lebih murah memang unggul dari aspek tenaga. Namun kelengkapan fiturnya bisa diimbangi oleh Grand Vitara karena SUV Jepang rasa India tersebut harganya juga lebih mahal.

Artinya, Suzuki mampu memberikan produk yang tak kalah worth dari merek China. Terlebih, Suzuki juga unggul dari layanan aftersales yang sudah tersebar luas hingga ke pelosok. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Grand Vitara GL 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil