window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas?

Evan · 26 Agu, 2021 20:00

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 01

Berbicara mengenai mobil di kelas medium sedan, belum ada yang mampu menggeser Honda Civic sebagai juaranya. Tidak lama sejak kehadiran Honda Civic 2022 sebagai generasi terbaru Civic di Thailand, mobil ini telah dipesan oleh banyak orang.

Menandakan positifnya pasar dalam menerima Civic FE. Lantas bagaimana perbandingan dengan Civic FC yang jadi generasi pendahulu?

Sebagai andalan di segmen sedan medium Honda, tentunya akan sangat menarik melihat keduanya dibandingkan. Baik dari segi spesifikasi maupun fitur yang disematkan didalamnya. Apakah lompatan generasi terbaru Civic FE ini membuat Civic FC terlihat kuno? Simak perbandingannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga:GIIAS 2021 Diundur, Peluncuran Honda N7X Pesaing Toyota Rush Bakal Tertunda Lagi?

Dimensi dan Honda Civic FE dan Civic FC, Hampir Mirip

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 01

Dimensi khas sedan medium

Dari segi dimensi, kedua mobil ini memiliki panjang hampir sama. Dengan Civic FC memiliki ukuran (PxLxT) 4.630 mm x 1.799 mm x 1.414 mm, sedangkan Civic FE (PxLxT) 4.678 mm x 1.802 mm x 1.415 mm. Artinya Civic FE lebih panjang 48 mm, lebih lebar 3 mm, dan lebih rendah 1 mm. Perubahan ini hampir tidak bisa terlihat, kecuali Anda membawa alat ukur.

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 02

Cuma bertambah lebar 3mm

Satu hal yang mungkin bisa terlihat dan terasa saat mengemudi adalah jarak sumbu roda yang lebih panjang 35 mm. Hal ini tentu akan membuat pengendalian mobil lebih stabil.

Baca Juga:Ini Senjata Honda City hathchback 2021 Bisa Lebih Sukses dari Jazz

Desain Honda Civic FE 2022 dan Civic FC 2021

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 03

Civic Generasi kesepuluh

Mengenai desain bagian depan, itu sebetulnya merupakan selera masing-masing. Tidak bisa dikatakan satu lebih bagus dari yang lain. Keduanya memang masih menggunakan Solid Wing Face khas Honda, namun dengan perbedaan arah desain.

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 04

Varian Civic RS

Jika Civic FC lebih ke arah sporty berkat desain 100 persen Solid Face yang langsung di tempel ke fascia depan, maka Civic FE memiliki desain yang lebih kalem dengan tidak menggunakan panel model solid wing, tetapi lebih menyatu dengan warna body. Lebih mirip ke Honda Accord.

Baca Juga:Rela Menanti Honda N7X atau Lebih Baik Honda BR-V 2021?

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 05

Tarikan garis samping yang khas

Bagian samping cukup mirip, karena tarikan garis dari depan hingga belakang yang menjadi khas Civic generasi sebelumnya tetap dipertahankan. Kaca pilar C juga masih seperti bentuk sebelumnya dengan sedikit dipanjang mengingat bodi nya juga ikut melar. Di belakang, perbedaan keduanya terletak pada pemakaian lampu.

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 06

Masih mirip generasi sebelumnya

Jika Civic FC menggunakan lampu model seperti huruf C, Civic FE lebih ke arah lampu berdesain tipis, sama seperti desain lampu depan. Secara keseluruhan, bagian belakang memiliki desain masing-masing yang saling melengkapi dan tidak bisa dibilang jelek salah satunya.

Mesin Masih Sama, Civic FE Dibantu Teknologi CVT Baru

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 07

Mesin 1.5, bertenaga

Khusus pasar Thailand, ada perubahan di bagian mesin. Jika sebelumnya menggunakan 2.4 liter seperti milik Odyssey, sekarang menggunakan 1.5 Turbo. Mesin ini juga digunakan pada Honda Accord. Di Indonesia sendiri, Civic FC sebetulnya ditawarkan dengan 1.5 Turbo, sehingga kemungkinan besar di varian Civic FE yang sebentar lagi akan diluncurkan disini akan menggunakan mesin yang sama.

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 08

Tenaganya bertambah 5 PS

Tenaga yang dihasilkan mesin ini sendiri cukup baik, di angka 178 PS dan torsi maksimum 240 Nm. Lebih besar 5 PS sepertinya tidak terlalu terasa ketika digunakan di jalan raya. Disalurkan ke transmisi yang sama pula, yaitu CVT walaupun dengan sedikit perubahan di Civic FE.  

Perbedaan utama keduanya hadir dalam akselerasi. Akibat Honda menambahkan teknologi step shifter pada CVT di Civic FE, mobil ini bisa lebih cepat dari Civic FC. Dengan meminimalisir gejala rubber yang umum pada setiap CVT yang ditemukan di generasi sebelumnya, Honda bisa memperbaiki loss power dari mesin Civic baru. 

Baca Juga:Pertimbangkan Biaya Perawatan Honda HR-V 2021 Sebelum Meminangnya

Bagian Interior Menjadi Penentu

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 09

Interior juara

Ketika masuk dan duduk di Civic FE terbaru, terasa Honda menghabiskan banyak waktu untuk mendesain kabin mobil ini. Penggunaan material sejenis metal dengan bentuk honeycomb yang memanjang dari ventilasi kiri hingga kanan memberikan kesan mewah.

Begitu juga dengan piano black yang ada di sekitar konsol tengah dan pintu turut memberikan atmosfer sporty. Belum lagi head unit model tempel yang mirip dengan mobil Eropa, serta speedometer digital dengan banyak pilihan menu untuk diatur. 

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 10

Masih banyak plastik

Bandingkan dengan Civic FC, interiornya terkesan biasa saja, dengan penggunaan material plastik masih membuat kesan murah. Tidak ada penggunaan piano black, hanya motif seperti karbon yang terlihat sangat palsu.

Head unit juga masih menyatu dengan dashboard, khas mobil jepang pada umumnya. Secara keseluruhan, kesan mewahnya kurang. Speedometer walaupun sudah digital tetapi penggunaannya masih terbatas, tidak seperti di FE.

Fitur dan Keselamatan Civic FE Juara Ketimbang FC 

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 11

Adaptive cruise control

Di sini terasa kalau perbandingan ini agak jomplang, karena fitur di dalam Civic terbaru sangat banyak dan memanjakan pengemudi. Belum lagi soal keselamatan penumpang, Honda tak tanggung-tanggung memberikan sejumlah fitur unggulan yang tergabung dalam Honda Sensing.

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 12

Honda Lane Watch

Baca Juga:Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu!

Berikut perbandingan fitur Civic FC dan FE dilampirkan dalam tabel.

Civic FC Civic FE
- Airbags 6 titik
- Seatbelt Reminder
- ISOFIX
- Antilock Braking System (ABS)
- Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
- Brake Assist (BA)
- Electric Parking Brake (EPB)
- Auto Hold Brake (AHB)
- Brake Override System
- Vehicle Stability Control (VSC)
- Hill Start Assist (HSA)
- Cruise Control
- Paddle Shift
- Emergency Stop Signal
- Rear Parking Camera
- Immobilizer
- Keyless Entry
- Engine Start/ Stop Button
- Remote Engine Start
 
- Airbags 6 titik
- Honda Smartkey
- ISOFIX
- Antilock Braking System (ABS)
- Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
- Brake Assist (BA)
- Electric Parking Brake (EPB)
- Auto Hold Brake (AHB)
- Brake Override System
- Vehicle Stability Control (VSC)
- Hill Start Assist (HSA)
- Wireless Charger
- Paddle Shift
- Emergency Stop Signal
- Honda Connect
- Multi angle Rearview Camera
- Keyless Entry
- Engine Start/ Stop Button
- Remote Engine Start
- Lead Car Departure Notification System
- Adaptive Cruise Control
- Lane Keep Assist
- Collision Mitigation Braking System
- Road Departure Mitigation System
- Lane Departure Warning
- Auto Headlamp
- Honda Lane Watch
- Driver Attention Monitor
- Headunit Apple Carplay Android Auto
 

Kesimpulan

Perbandingan Honda Civic FE 2022 Vs Civic FC 2021, Pantas Naik Kelas? 13

Civic FC masih sangat layak dimiliki

Honda Civic FC secara umum masih layak untuk dimiliki. Mesinnya bertenaga dengan desain eksterior yang sedikit lebih baik dan tidak ikut-ikutan (subjektif) menjadi nilai plus. Namun interior merupakan kelemahan utama mobil ini. Terasa satu generasi lebih tua dengan kelengkapan standar yang cukup, tidak luar biasa.

Civic FE sebaliknya, memiliki kabin yang luar biasa mewah untuk dikelasnya. Juga dimanjakan dengan fitur tercanggih meliputi fitur keselamatan dan kenyamanan. Desain luarnya menjadi kontroversi, karena mengikuti desain Accord yang lebih ‘kalem’ dan kurang sporty.

Baca Juga:Honda Brio 2021 Naik Harga, Apakah Sepadan Dengan Fitur yang Dimilikinya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil