Porsche Taycan Cross Turismo Resmi Masuk Indonesia, Mobil Listrik Rp3 Miliar Buat Off Road

Prasetyo · 25 Okt, 2021 17:08

Porsche Taycan Cross Turismo Resmi Masuk Indonesia, Mobil Listrik Rp3 Miliar Buat Off Road 01

Porsche Indonesia menambah jajaran produk elektriknya melalui Porsche Taycan Cross Turismo. Ini adalah versi lebih tangguh dari Taycan yang wujud konsepnya muncul di Geneva Motor Show 2018.

"Dengan penjualan Taycan yang mengesankan, kami percaya Cross Turismo akan diterima dengan lebih banyak antusiasme di Indonesia," kata Jason Broome, Managing Director Porsche Indonesia, Senin (25/10/2021).

Porsche Taycan Cross Turismo 2021 -1

Versi lebih "off-road" dari Taycan

Sedikit berbeda dengan Taycan model sport saloon, Taycan Cross Tursmo didesain untuk mampu menaklukkan lebih banyak tipe median jalan. Mobil ini pun diklaim sangat cocok untuk mereka yang gemar berpetualang tanpa ada rasa khawatir meskipun menggunakan mobil listrik.

Interior Lapang, Bagasi Muat Lebih Banyak

Porsche Taycan Cross Turismo 2021 -2

Lebih jangkung dari Taycan sedan

Porsche Taycan Cross Turismo mendapat beberapa pembenahan dibanding varian sedan. Antara lain sasis yang dibuat sedikit lebih rigid, serta dipadukan penggerak semua roda (All Wheel Drive) dan sistem suspensi udara adiptif. Jarak bodi mobil ke tanah juga 30 mm lebih tinggi dari versi sedan. Kemudian pengemudi pun disajikan mode berkendara "Gravel Mode".

Baca Juga : The Only One, Dua Varian Porsche Tipe T Pertama kali Mengaspal di Indonesia

Porsche Taycan Cross Turismo 2021 -3

Bagasi belakang super lega

Yang paling terlihat jelas tentu dari struktur bodinya. Sebagai sosok Turismo, Porsche membuat Taycan Cross dengan bodi lebih panjang di bagian belakang. Atapnya lebih rata sehingga memberikan ruang kepala 36 mm lebih tinggi. Kemudian kapasitas bagasi pun kini memungkinkan beberapa tas atau koper berukuran besar bisa tersimpan dengan baik.

Bisa Melaju Sejauh 456 Km dalam Sekali Cas Baterai

Porsche Taycan Cross Turismo 2021 -4

Tipe turbo sudah pakai atap panoramic

Ada empat varian Taycan Cross Turismo yang disediakan Porsche Indonesia yang semuanya menggunakan baterai berkapasitas 93.4 kWh. Pertama ada Taycan 4 Cross Tursimo yang mampu melaju sejauh 389 - 456 km dalam sekali isi daya baterai dalam kondisi penuh hingga benar-benar habis.

Porsche Taycan Cross Turismo 2021 -5

Jakarta - Semarang cukup sekali isi ulang daya baterai

Selanjutnya ada Taycan 4S Cross Turismo yang mampu digunakan sejauh 388 - 452 km tanpa perlu isi ulang daya batera. Berikutnya ada tipe Taycan Turbo Cross Tursimo dan Taycan Turbo S Cross Turismo yang bisa melesat sejauh 395 - 452 km sekali cas.

Akselerasi 0-100 Km/jam Cuma 2,9 Detik

Porsche Taycan Cross Turismo 2021 -6

Daya lesatnya masih setara varian sedan

Untuk Taycan 4 Cross Turismo memiliki tenaga puncak 380 PS yang bisa dipecut hingga 476 PS dengan Launch Control. Pada kemampuan tertinggi, mobil listrik ini mampu melesat 0-100 km/jam dalam 5,1 detik. Sementara kecepatan tertingginya 220 km/jam. Kemudian Taycan 4S Cross Turismo punya kekuatan 490 PS yang bisa naik sampai 571 PS dengan Launch Control. Akselerasi 0-100 kpj dapat digapai hanya 4,1 detik.

Porsche Taycan Cross Turismo 2021 -7

Kabin sporty tapi juga futuristik

Baca juga : Berkenalan Dengan Mobil Listrik Tama, Mbah-nya Nissan Leaf Dari Tahun 1947

Berikutnya Taycan Turbo Cross Turismo memiliki kekatan sampai 680 PS dengan kemampuan akselerasi 3,3 detik dari posisi diam hingga 100 km/jam. Untuk model ini kecepatan tertingginya bisa tembus 250 km/jam. Terakhir Taycan Turbo S Cross Tursimo yang punya daya puncak smapai 761 PS dengan kemampuan akselerasi untuk tugas serupa tapi dapat diselesaikan dalam 2,9 detik.

Gandeng PLN Sediakan Charging Station di Beberapa Kota

Porsche Taycan Cross Turismo 2021 -8

Charging station ala Porsche

Dipasarkan dengan kisaran harga Rp3,7 miliar off the road Jakarta, Porsche Indonesia juga menyediakan aksesoris khusus. Yakni berupa rak sepeda yang dapat mengangkut tiga sepeda jenis berbeda.

Broome juga menjelaskan, Porsche Indonesia saat ini telah bekerja sama dengan PLN (perusahaan Listrik Negara) dan Delta. Tujuannya demi menyediakan jaringan sistem pengisian daya listrik baterai (charging station) yang akan tersebar disejumlah kota besar di Indonesia.

Menurut dia, ini merupakan komitmen masa depan Porsche yang berkelanjutan, seta demi mendukung penggunaan mobil listrik di Indonesia. Mengingat Porsche di sejumlah negara Eropa juga sukses dengan model kendaraan elektriknya.

Baca juga : 5 Mobil Listrik yang Siap Masuk Indonesia Tahun Depan, Pilih yang Mana?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Porsche Taycan Turbo S Plus

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru